August 31, 2020

Apa itu company profile digital?

Dalam membuat company profile perusahaan digital harus menarik dan informatif agar bisa memikat pelanggan dan calon investor.
Creative Media

Jika diibaratkan sebuah rumah, maka profil perusahaan berkedudukan sebagai halaman rumah. Ia berperan penting untuk menyambut tamu yang hadir dan tugasnya yaitu membuat orang tertarik untuk masuk ke dalam dan. Oleh karena itu, perlu pembuatan company profile yang keatif dan menarik. Profil perusahaan jenis digital kini banyak digunakan untuk merepresentasikan kualitas dari perusahaan tersebut. Apa itu profil perusahaan digital? Bagaimana cara mmebuatnya menjadi menarik? Berikut jawabannya untuk Anda dari Hanindo.

Pengertian Profil Perusahaan Digital

Merupakan jenis profil perusahaan yang disajikan dalam bentuk digital sehingga lebih mudah dalam penggunaannya. Biasanya company profile perusahaan digital dibuat ketika ingin mengajukan suatu penawaran atau melakukan kerjasama dengan investor sebagai mitra usaha. Tentunya penyajiaannya dilakukan menggunakan teknologi digital.

Apa itu company profile digital?

Cara Membuat Company Profile Digital yang Baik

Setelah tahu mengenai pengertian apa itu profil perusahaan digital? Lalu bagaimana sih cara membuat profil perusahaan yang menarik? Berikut kami rangkum langkah-langkahnya untuk Anda,

1. Mempresentasikan perusahaan

Langkah awal dalam membuat profil perusahaan yaitu mempresentasikan mengenai perusahaan secara tepat. Sebaiknya melakukan proses riset mengenai nilai-nilai perusahaan terlebih dahulu, sehingga menghasilkan profil perusahaan yang bernyawa. Dengan melakukan riset, maka poin-poin penting bisa tersampaikan dengan baik dan membuat audience lebih percaya dengan perusahaan Anda. Biasanya poin-pin penting tersebut meliputi beberapa aspek, diantaranya yaitu visi misi perusahaan, keunggulan, jenis produk atau jasa yang ditawarkan, perbedaan dengan kompetitor dan hal-hal lain yang mampu menarik konsumen.

2. Menentukan sasaran

Langkah kedua yaitu menentukan siapa saja yang menjadi sasaran dari usaha yang dijalankan. Hal ini terdiri dari latar belakang pendidikan, hobi dan kesukaan, pekerjaan serta status ekonomi. Setiap perusahaan harus mampu menentukan target sesuai kebutuhan dan jenis produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan langkah ini, maka akan lebih mudah dalam memilih media yang tepat untuk digunakan. Selain itu juga membuat konten yang tepat untuk disajikan. Kesalahan dalam menentukan target pasar bisa berakibat fatal.  

3. Mencari referensi profil perusahaan terbaru

Langkah selanjutnya yaitu mencari referensi profil perusahaan terkini. Tujuannya yaitu untuk mengulas tren yang sedang berkembang. Hal ini tentunya sangat penting untuk melihat kondisi pasar yang sedang berjalan. Biasanya riset ini dilakukan dengan melakukan survey untuk mencari bentuk profil perusahaan yang sedang hits. Anda bisa melihat contoh dari profil perusahaan kompetitor atau prusahaan yang bergerak dalam bidang berbeda. Sehingga bisa dijadikan sebagai referensi dalam membuat desain tema dan konten profil perusahaan Anda. Akan tetapi, buatlah profil perusahaan versi Anda sendiri. Profil lain hanya dijadikan sebagai acuan, perusahaan Anda tetap perlu punya nilai tersendiri.

4. Buatlah konten sederhana

Langkah yang terakhir dalam membuat profil perusahaan yaitu buatlah konten yang sederhana mungkin dan mudah dipahami audiens. Kebanyakan orang menganggap bahwa profil perusahaan harus dibuat wah, heboh, dan rumit. Padahal hal-hal seperti itu justru harus diminimalisir. Karena profil perusahaan yang baik akan menyajikan poin-poin penting menjadi beberapa bagian saja. Oleh karena itu profil perusahaan harus dibuat dalam bentuk sederhana dan mudah dipahami audience. Bisa dibayangkan, jika Anda menyajikan informasi yang bertele-tele, rumit dan susah dipahami. Bisa jadi audience bukannya memahami namun malah menjadi semakin bingung. Maka dari itu, buatlah pesan yang sederhana namun mudah dicerna, sehingga bisa menarik minat pengunjung.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda jadikan acuan ketika membuat company profile digital yang menarik. Dalam membuat profil perusahaan jangan lupa selalu mengedepankan kebutuhan audiens, agar lebih mudah untuk diproyeksikan. Dengan menyajikan profil perusahaan yang menarik dan informatif maka sudah bisa dipastikan akan banyak pelanggan atau investor yang tertarik untuk menjadi mitra Anda. Hal ini pun nantinya akan meningkatkan profit perusahaan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!