May 11, 2020

Apa Itu Annual Report? Mengapa Penting bagi Perusahaan?

Anda sedang merintis perusahaan? Yuk, kKenali dulu pengertian dan alasan mengapa annual report penting bagi perusahaan.
Creative Media

Setiap tahunnya semua perusahaan dipastikan akan menyusun annual report  atau laporan tahunan yang berisi detail informasi mengenai perkembangan perusahaan. Penyusunan laporan ini merupakan kewajiban, terlebih bagi perusahaan yang terdaftar di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga tidak ada perusahaan legal yang akan melewatkan atau melupakannya. Jika Anda baru saja merintis perusahaan dan masih belum familiar dengan laporan tahunan, Anda bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Annual Report?

Sebelum membahas mengenai pentingnya penyusunan laporan ini, kenali dulu yuk apa definisinya. Definisi laporan tahunan adalah laporan mengenai segala aktivitas dan juga perkembangan sebuah perusahaan ataupun sebuah organisasi dalam kurun waktu satu tahun. Adapun jenis data atau informasi yang dicantumkan di dalam laporan tahunan ini diharuskan akurat dan sesuai kondisi riil perusahaan. Jenis data yang dimuat di dalamnya antara lain:

● Laporan keuangan.

● Kinerja perusahaan.

● Prestasi yang diraih perusahaan.

● dan lain sebagainya.

Umumnya membuat annual report perusahaan akan dipublikasikan, sehingga bisa menjadi media bagi perusahaan yang bersangkutan untuk mempromosikan diri. Metode publikasi dari laporan ini bisa secara konvensional bisa pula secara digital. Umumnya, perusahaan saat ini memilih melakukan kedua media publikasi tersebut untuk mendapatkan hasil lebih efektif.

Apa Itu Annual Report? Mengapa Penting bagi Perusahaan?

Mengapa Laporan Tahunan Penting bagi Perusahaan?

Laporan tahunan sangat penting bagi perusahaan. Sebab, laporan ini memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

1. Penilaian Terhadap Performa Penjualan

Penyusunan laporan satu ini yang kemudian dipublikasikan memiliki fungsi sebagai media penilaian perusahaan oleh perusahaan itu sendiri maupun publik. Sehingga dengan menyusunnya, pihak internal bisa mengetahui hasil dari kerja keras selama setahun. Sedangkan untuk publik bisa menilai seberapa menguntungkannya berinvestasi atau membeli produk dan layanan yang disediakan perusahaan tersebut.

2. Menjadi Sarana Mendapatkan Kepercayaan Publik

Penyusunan laporan tahunan secara baik dan benar sekaligus kreatif dan menarik. Tentunya akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan publik, apalagi jika laporan tersebut memang membuktikan kondisi perusahaan benar-benar bagus.

3. Media untuk Menjelaskan Deskripsi Perusahaan

Perlu diakui pula bahwa laporan satu ini juga bisa menjadi media  bagi perusahaan untuk melakukan promosi. Baik itu untuk memperkenalkan perusahaan kepada publik maupun apa yang disediakan kepada publik. Baik berupa barang maupun jasa, sehingga isi didalamnya benar-benar mendeskripsikan perusahaan secara detail.

4. Memberi Informasi kepada Publik Tentang Prestasi Perusahaan

Semua perusahaan dijamin ingin memamerkan semua prestasi yang telah diraih kepada publik. Misalnya penghargaan dari organisasi tertentu mengenai kualitas layanan, performa kerja, dan lain sebagainya. Informasi ini akan dicantumkan di dalam laporan tersebut, yang menjadikannya sebagai media untuk memberitahu publik tentang prestasi perusahaan sehingga bisa mendapat kepercayaan.

Agar laporan tahunan dapat tersusun dengan baik dan rapi, serta berdesain lebih menarik dengan kesan profesional, maka dalam menyusunnya Anda bisa memakai jasa profesional. Ada banyak sekali creative agency jakarta profesional yang sudah terbiasa menyusun laporan ini. Sehingga perusahaan tidak perlu pusing memikirkan susunan dan desainnya seperti apa, tinggal percayakan saja pengerjaannya kepada ahlinya. Namun, berhubung penyedia jasa layanan bdang kreatif semacam ini sudah cukup banyak, maka agar tidak kecewa sebaiknya pilih yang sudah berpengalaman. Jika sudah terbiasa melayani pembuatan laporan tersebut tentunya hasil kerjanya akan lebih memuaskan dibanding yang terbilang masih amatir. Untuk mengetahui sudah pengalaman atau tidak, Anda bisa mengecek portfolio hasil laporan tahunan yang sudah pernah dikerjakan oleh pihak penyedia layanan. Lihat pula, nama-nama perusahaan yang telah menjadi klien mereka. Bila sebagian besar merupakan perusahaan ternama, maka Anda tidak perlu ragu memilih mereka untuk membuat laporan tahunan perusahaan Anda. Anda bisa mempercayakan Hanindo untuk membuat Annual Report karena pastinya Hanindo telah dipercaya banyak perusahaan untuk membuat annual report.