January 31, 2021

5 Tips Selenggarakan Launching Produk Secara Online

Sukses launching produk secara online membutuhkan jasa event organizer terbaik dan 5 tips pintar berikut ini.
Event Organizer

Dunia bisnis memang akan terus berkembang mengikuti kemajuan teknologi masa kini. Saat ini teknologi berbasis digital menjadi pilihan utama, dan setiap pebisnis mula melakukan invasi ke ranah online. Termasuk untuk keperluan launching produk. Lalu, apakah memang lebih menguntungkan jika melakukan launching secara online? Simak penjelasannya di bawah ini.

Keuntungan Launching Produk Secara Online

Dulunya kegiatan launching untuk produk dan jasa dilakukan secara konvensional. Perusahaan besar akan menggelar acara soft opening maupun grand opening dengan menyewa tempat yang berkapasitas besar. Kemudian acara tersebut akan diliput berbagai media dan kemudian dibagikan kepada publik.

Namun, lain dulu lain pula dengan sekarang. Dimana kegiatan bisnis lebih condong ke arah online dengan mengandalkan kekuatan internet dalam pemasaran. Sehingga kegiatan launching produk secara online pun semakin jamak dilakukan. Langkah ini banyak dipilih karena memberi keuntungan yang beragam, seperti:

● Masyarakat cenderung lebih aktif di internet, sehingga launching secara online akan lebih mudah sampai ke target pasar.

● Internet membantu menghemat biaya launching, beberapa kebanyakan gratis dan ada pula yang berbayar. Seperti ketika launching menggunakan jasa event organizer profesional.

● Tersedia ruang iklan yang lebih banyak, mulai dari website, sosial media, marketplace, dan lain-lain.

● Akses informasi lebih cepat, sehingga produk dan jasa yang baru saja dilaunching akan segera diketahui oleh publik.

● Mendukung launching dalam skala besar maupun kecil.

Tips Sukses Launching Produk Melalui Internet

Melakukan launching produk secara online memang lebih menguntungkan, sesuai penjelasan di atas. Hanya saja agar hasilnya efektif dan sesuai dengan harapan, simak tips berikut saat melakukan launching secara online:

1. Memilih Platform Terbaik

Melakukan launching terhadap produk baru di internet memang lebih mudah, sebab disini pilihan platform lebih variatif. Mulai dari mengandalkan website, marketplace, sampai akun media sosial populer. Lalu, mana yang lebih baik?

Pada dasarnya, penentuan platform bisa disesuaikan dengan karakter target pasar. Jika kebanyakan target pasar dari kalangan anak muda maka launching bisa dilakukan di media sosial.

2. Disesuaikan dengan Tren

Melakukan launching produk secara online akan lebih sukses ketika menyajikan konten yang mengusung tren terkini. Misalnya saja di masyarakat sedang tren warna pastel, maka konten promosi untuk kebutuhan launching bisa memakai tema pastel tersebut.

Jadi, sebelum launching dilakukan bersama event organizer profesional sebaiknya mengenal tren yang sedang berkembang.

3. Menggunakan Media Sosial

Launching secara online sebaiknya selalu melibatkan media sosial, karena semua kalangan akrab dengan platform satu ini. Tidak mengherankan memang, karena semua pengguna internet selalu mengecek aktivitas dan kabar terbaru di akun media sosialnya. Sehingga melakukan launching disini akan lebih efektif.

4. Menyampaikan Informasi Produk dengan Baik

Launching yang sukses di internet akan selalu membutuhkan pemaparan informasi produk secara detail. Sebab launching melalui internet tidak memunginkan target pasar melihat langsung fisik produk tersebut.

Oleh sebab itu mereka akan menilai dari deskripsi dan atribut lain yang digunakan. Jadi, siapkan deskripsi produk yang lengkap namun tetap singkat dan dibuat semenarik mungkin. Sehingga pengguna internet tertarik untuk membaca deskripsi tersebut sampai habis.

5. Gunakan Foto dan Video Berkualitas

Kegiatan launching melalui internet akan lebih efektif ketika menggunakan foto dan video dengan kualitas terbaik. Sehingga kamu perlu menyiapkan foto maupun video yang dipastikan jelas dan diambil dengan perangkat dengan resolusi tinggi. Sehingga tampak profesional yang akan membentuk kepercayaan target pasar.

Meskipun kegiatan launching secara online dikenal mudah dan murah, namun bukan berarti bisa dilakukan asal-asalan tanpa konsep yang jelas. Supaya sukses menyelenggarakan launching produk secara online, maka terapkan beberapa tips yang disampaikan di atas.