October 31, 2021

5 Tips Mengadakan Virtual Employee Gathering yang Berkesan

5 Tips Mengadakan Virtual Employee Gathering yang Berkesan‍
Event Organizer

Ingin menyelenggarakan acara virtual employee gathering tapi belum tahu konsepnya? Anda bisa bekerjasama dengan beberapa penyedia event organizer terbaik untuk menyukseskan acara gathering secara virtual Anda bersama rekan kerja sekantor.

Ide gathering kantor memang perlu diadakan sebagai upaya dalam meningkatkan keakraban dan solidaritas antarrekan dalam lingkup kerja agar terjalin kebersamaan yang erat.

Namun, karena masih dalam kondisi pandemi yang mengharuskan pembatasan kontak fisik maka acara atau event gathering tersebut harus dilakukan secara virtual atau online.

Nah, dalam membangun sebuah acara gathering kantor secara virtual, tentu Anda perlu memahami beberapa aspek penting agar acara tersebut berjalan dengan baik sebagaimana gathering yang diselenggarakan tatap muka langsung.

Ada 5 tips jitu cara membangun konsep acara gathering yang menarik agar acara tetap berkesan meski dilakukan secara online/virtual.

  1. Mengenal Target Audience

Bagaimanapun juga, dalam menyelenggarakan acara gathering di kantor, Anda harus menentukan sekaligus mengenali siapa saja yang akan hadir dalam acara tersebut.

Mengenal target undangan sangat penting mengingat akan menjadi salah satu pondasi dalam menentukan tema acara agar sesuai dengan target audiens.

Tidak mungkin, kan Anda akan mengundang para akademisi kedokteran sedangkan acara Anda bertema bisnis properti?

  1. Membuat Konsep Acara secara Detail

Setelah mengenali siapa audience yang hendak Anda undang, selanjutnya untuk memastikan event virtual tersebut berjalan, Anda harus membuat konsep detail dari acara tersebut.

Adapun salah satu aspek dalam konsep acara adalah susunan acara gathering kantor yang sudah seharusnya tidak membosankan dan mampu menarik perhatian para audiens. Sehingga, Anda harus membuatnya secara detail dan tepat.

  1. Tentukan Platform Virtual yang Tepat

Karena acaranya secara online maka untuk bisa berkomunikasi antar rekan atau tamu undangan, Anda harus menentukan platform virtual yang tepat.

Ada banyak platform virtual yang saat ini tersedia untuk pengadaan acara virtual sederhana. Misalnya seperti Zoom, Google Meeting, OBS Studio, dan Stream Yard.

  1. Mengundang Narasumber yang Sesuai Tema Gathering

Setelah Anda menentukan platform virtual dan konsep acara, selanjutnya Anda harus menentukan siapa narasumber yang hendak diundang.

Tentunya, narasumber yang sesuai dengan tema gathering dan memiliki metode penyampaian menarik agar tidak membosankan. Mengingat, event gathering online seperti ini lebih berpotensi membuat audiens merasa bosan.

Maka, Anda harus memilih narasumber yang benar-benar tepat agar acara bisa berjalan lancar sesuai ekspektasi.

  1. Adakan Sesi Games atau Tanya Jawab

Di dalam susunan acara, usahakan Anda membuat acara games atau sesi tanya jawab sebagai upaya agar ada komunikasi antaraudiens.

Tentu saja, Anda bisa menyisipkan sesi ini setelah narasumber mengisi acara inti. Sehingga, akan memancing para hadirin untuk berkomunikasi antarrekan kerja melalui virtual.

Jika Anda kesulitan atau masih bingung dalam membangun konsep acara gathering virtual, tentu Anda tak perlu khawatir.

Percayakan kepada EO Hanindo sebagai penyedia jasa event organizer terbaik di Jakarta. Kami akan membantu Anda mempersiapkan seluruh acara virtual employee gathering. Mulai dari konsep acara, teknis acara, hingga pada pelaksanaan gathering.

Jadi, apakah Anda sudah punya rencana bekerjasama dengan EO Hanindo untuk menyukseskan acara gathering virtual di kantor Anda?