February 27, 2021

5 Tips Membangun Team Building Meski Secara Virtual

Ingin tetap kompak selama remote working? Maka bisa membangun team building secara virtual, dan berikut tips untuk melaksanakannya.
Event Organizer

Pandemi yang masuk ke nyaris seluruh negara di dunia, termasuk juga di Indonesia menciptakan pembatasan interaksi sosial skala besar. Masyarakat Indonesia yang berasal dari kalangan pegawai kantoran kemudian akrab dengan remote working atau bekerja dari rumah. Meskipun menjadi solusi agar terhindar dari resiko infeksi Covid-19, namun bekerja dari rumah bisa menurunkan produktivitas dan kekompakan tim. Bagaimana mengatasinya? Solusinya adalah melakukan team building secara virtual.

Sekilas Tentang Virtual Team Building

Mungkin bagi sejumlah pegawai kantoran istilah virtual team building terasa asing, jadi definisinya sendiri adalah cara-cara yang digunakan atau diterapkan untuk membangun hubungan yang lebih kuat antar anggota tim satu kantor secara jarak jauh. Penerapannya kemudian melibatkan internet dan beberapa aplikasi yang mendukung dari tema kegiatan itu sendiri.

Bentuk membangun kekompakan tim secara virtual tersebut ada banyak sekali, dan semakin kesini semakin banyak yang kreatif dalam mengembangkannya. Jika masih sangat awam mengenai langkah ini maka bisa mencoba model-model sederhana. Misalnya saja membuka sesi saling curhat, sehingga satu sama lain bisa menyampaikan keluh kesah selama menjalani remote working.

Bisa juga dengan mengadakan permainan yang mengandalkan aplikasi telekonferensi seperti Zoom atau mungkin Google Meet. Ada banyak kegiatan virtual yang bisa dilakukan bersama dengan tujuan untuk membangun kekompakan. Sehingga dengan melaksanakan team building yang baik, dijamin pekerjaan dalam satu tim akan tetap maksimal meskipun dikerjakan dengan saling berjauhan.

Tips untuk Membangun Team Building Secara Virtual

Membangun kekompakan tim dengan interaksi langsung menjadi sangat minim karena bekerja dari rumah masing-masing memang. Namun, Anda tetap bisa membangun kekompakan secara virtual dengan beberapa tips di bawah ini:

1. Menetapkan Tujuan

Membangun kekompakan secara virtual memang penting untuk mengutamakan pembahasan masalah pekerjaan. Jadi, setiap kali melakukan komunikasi jarak jauh usahakan untuk membahas dulu tujuan yang ingin diraih. Bisa dengan membahas target yang ditentukan oleh pihak perusahaan dan saling mencari solusi untuk mencapainya.

Selama tujuan terbentuk dengan baik maka masing-masing anggota tim bisa fokus mengerjakan bagian tugasnya. Ketika ada salah satu anggota yang mengalami kesulitan, maka bisa disampaikan, baik lewat video telekonferensi maupun chat di grup kantor. Sehingga bisa dibantu oleh anggota tim lain.

2. Mengatur Jadwal

Kegiatan membangun kekompakan tim secara virtual bisa jadi dalam bentuk meeting online maupun mengadakan sebuah game atau permainan. Supaya berjalan lancar maka perlu menyusun jadwal yang tepat. Mengapa?

Sebab ketika bekerja secara remote maka akan lebih mudah terdistraksi oleh lingkungan sekitar yang mengakibatkan anggota tim bisa bekerja dengan jadwal tidak menentu. Di sinilah peran penting mengatur jadwal agar semua anggota bisa ikut dalam kegiatan tersebut. Tidak ada yang absen, dan semua saling memberi kontribusi.

3. Tidak Hanya Membahas Pekerjaan

Saat mengadakan pertemuan secara online ada baiknya tidak melulu membahas masalah pekerjaan. Namun bisa juga membahas hal ringan, saling bertukar candaan sehingga bisa mencairkan suasana. Hal ini penting agar setiap anggota tidak terlalu tegang setiap kali masuk ke ruang meeting online.

4. Memaksimalkan Pemanfaatan Teknologi

Supaya lebih sukses dalam membangun kekompakan tim saat bekerja secara remote, maka perlu memaksimalkan pemanfaatan teknologi. Yakni menggunakan berbagai aplikasi yang membantu jalannya kegiatan tersebut.

5. Membangun Komitmen untuk Saling Mendukung

Tips berikutnya adalah dengan membangun komitmen dari semua anggota tim untuk mendukung segala bentuk kegiatan membangun kekompakan. Sehingga semua akan semangat untuk hadir di setiap kegiatan dan terlibat untuk mensukseskannya.

Lewat sejumlah tips yang dipaparkan di atas maka akan lebih mudah untuk membangun kekompakan tim secara virtual. Supaya lebih efektif lagi, maka bisa mempertimbangkan penggunaan jasa event organizer Jakarta untuk mengadakan kegiatan team building secara virtual tersebut. Dengan begitu, susunan acara dan kegiatan akan lebih rapi, efektif, dan menyenangkan!