June 27, 2020

5 Strategi Untuk Memasarkan Bisnis Anda Secara Online

Sudah punya gambaran bisnis online apa yang akan Anda realisasikan?
Digital Marketing

Bisnis online memiliki kekuatan lebih tinggi dibandingkan bisnis offline. Himpunan konsumennya pun lebih luas karena menjangkau seluruh Indonesia bahkan konsumen internasional. Meskipun menawarkan banyak manfaat dan keuntungan, menjalankan bisnis secara online juga membutuhkan perencanaan. Tanpa strategi marketing yang efektif, kegiatan bisnis tidak akan berjalan lancar. Maka dari hal tersebut, Handisetyadi.com selaku pelaku jasa digital marketing terbaik di Jakarta akan membagikan informasi seputar strategi pemasaran bisnis online.

Inilah 5 Strategi Pemasaran Bisnis Online Paling Efektif

Belajar dari ahlinya akan membuat bisnis digital Anda meroket. Penghasilan yang awalnya hanya jutaan bisa meningkat hingga puluhan juta. Dan inilah strategi marketing online yang wajib Anda terapkan:

1. Membangun Website Resmi

Alasan utama disebut bisnis digital karena seluruh kegiatan jual beli dilakukan secara online. Dan salah satu media yang bisa Anda manfaatkan adalah website bisnis. Manfaatkan website gratis atau berbayar untuk membangun website bisnis resmi Anda. Pilih tema yang menarik dan muat produk secara berkala.Anda yang tidak mahir membuat website resmi selalu bisa menghubungi jasa pembuatan website online handal dan berpengalaman.

2. Manfaatkan Berbagai Sosial Media

Media online lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menerapkan digital marketing adalah sosial media. Di Indonesia, ada banyak sosial media populer seperti Instagram, Twitter, Facebook hingga YouTube. Buat akun bisnis di masing-masing sosial media dan ambil hati target marketing. Kuasai teknik pemasaran melalui sosial media dari pengalaman para ahli atau belajar secara otodidak.

3. Gunakan Konten Marketing dan Iklan Berbayar

Pada dasarnya, konten marketing memiliki pendekatan yang hampir sama seperti membangun website. Perbedaannya, konten marketing membutuhkan perhatian yang lebih banyak dari sekedar memposting produk. Konten yang Anda buat harus interaktif, menarik dan kreatif sehingga pengunjung situs tertarik untuk membacanya. Saat masuk ke tahapan ini, selanjutnya Anda akan mempelajari tentang SEO, SEM dan CTA. Semua istilah tersebut bisa Anda pelajari dari internet.Usahakan buat konten marketing secara teratur agar segera menguasai semua elemennya. Ketika berhubungan dengan promosi produk online, Anda juga akan berkenalan dengan sistem iklan. Iklan ini ditawarkan oleh berbagai pihak termasuk sosial media atau situs populer. Bila situs yang Anda bangun belum populer, Anda bisa memasang iklan di situs lain yang viewersnya lebih tinggi.

4. Pilih dan Gunakan Jasa Digital Marketing Agency

Jasa digital agency untuk memasarkan produk banyak dipuji oleh para pebisnis. Selain mempermudah membangun brand baru, agency pemasaran digital juga membantu kegiatan promosi. Mereka menguasai banyak materi, termasuk pemasaran melalui situs, email marketing, sosial media marketing dan sebagainya. Anda cukup pilih layanan apa yang diinginkan dan agensi akan memilih orang berbakat untuk membantu mengatasi seluruh permasalahan Anda. Pada dasarnya agensi pemasaran digital terdiri dari berbagai staf kreatif yang mampu meningkatkan traffic penjualan Anda. Mereka bekerja berdasarkan kebutuhan pelanggan dengan melihat, memahami dan mempraktekkan strategi.

5. Bergabung Bersama Marketplace

Menjual produk melalui Instagram atau Facebook mungkin menyenangkan karena Anda bisa menggunakan akun pribadi. Tapi ada media marketing lainnya yang menawarkan omzet penjualan besar yakni marketplace. Di Indonesia, jumlah marketplace online terpopuler sangat banyak. Lakukan pendekatan dengan seluruh marketplace tersebut dan pilih yang paling bagus. Buatlah akun toko online Anda dan kelola sendiri atau gunakan admin. Sistem yang ditawarkan oleh tiap marketplace bisa jadi berbeda. Alangkah baiknya untuk mempelajari peraturan penjualan dan pembelian yang ditetapkan di sana. Agar Anda tidak melakukan kesalahan yang tidak diperlukan.

5 Strategi Untuk Memasarkan Bisnis Anda Secara Online

Belajar bisnis bisa Anda lakukan di bangku kuliah selama 4 tahun. Ada banyak materi, ilmu pengetahuan dan praktek kerja yang mendukung kegiatan pembelajaran. Tapi di dunia nyata, strategi bisnis online jauh lebih kaya dari materi pembelajaran. Sebagai bahan permulaan, ikuti seluruh strategi yang telah dijelaskan di atas agar kegiatan marketing Anda tidak stuck di tengah jalan.