March 31, 2021

5 Software Alternatif Zoom Untuk Membuat Webinar

Mengulik 5 aplikasi atau software untuk cara membuat webinar selain zoom.
Event Organizer

Di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, aktivitas berkumpul dan tatap muka untuk sementara memang harus dihindari. Akan tetapi tuntutan pekerjaan kadang mengharuskan untukberdiskusi dengan banyak orang. Tak perlu harus melanggar protokol kesehatan, karena saat initelah banyak cara untuk bisa berdiskusi, walaupun tanpa tatap muka langsung. Salah satu caranya adalah dengan melakukan webinar online. Webinar merupakan singkatan web seminar yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan aktivitas seminar online. Di masa pandemi seperti sekarang ini, webinar kian populer karena tidak bisa menggelar seminar secara langsung. Cara membuat webinar biasanya dilakukan melalui aplikasi video conference seperti Zoom. Akan tetapi selain zoom masih banyak pilihan aplikasi lainya yang juga bisa digunakan untuk membuat webinar, beberapa di antaranya seperti berikut ini :

Rekomendasi 5 Software Terbaik Untuk Membuat Webinar Selain Zoom

Webinar merupakan salah satu cara agar kamu tetap produktif di tengah masa pandemi sepertisekarang ini. Aktivitas seminar online ini dilakukan melalui software atau aplikasi video converence yang menggunakan jaringan internet. Selain zoom, berikut ini 5 software alternative yang bisa digunakan untuk membuat webinar:

1. Skype for Business

Skype for business merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukanpanggilan suara, conference call serta mengirim pesan maupun dokumen khusus. Aplikasi inimampu menampung hingga 250 orang untuk melakukan tatap muka secara online sehinggasangat cocok digunakan untuk webinar. Software besutan Microsoft ini juga bisa digunakan di berbagai perangkat seperti komputer, laptop, maupun smartphone. Untuk menggunakan semua fiturnya kamu harus berlanggananterlebih dahulu dengan biaya sebesar $9.83 atau setara rp 158.000 per bulan.

2. Google Hangouts Meets

Google hangouts meets merupakan aplikasi telekonferensi yang dibuat oleh Google. Sebelumbisa menggunakan aplikasi ini kamu harus berlangganan G Suite terlebih dahulu seharga Rp 65.000 per bulan. Aplikasi ini memiliki fitur panggailan video yang bisa dimanfaatkan untukcara membuat webinar. Dalam satu sesi meeting virtual aplikasi ini bisa menampung 250 peserta sedangkan untuklive streaming bisa memuat lebih dari 100.000 penonton.

3. WebEx

Cisco juga tidak kalah ketinggalan untuk menyediakan aplikasi telekonverence berbasis web untuk para penggunanya. Software ini memungkinkan penggunakan untuk bertatap mukasecara online dengan jumlah partisipan mencapai 1000 orang. Tidak hanya kapasitasnya yang cukup besar, WebEx juga menawarkan kualitas video high definition. Untuk bisa menggunakan semua fitur yang ada di aplikasi ini, penggunakan harusberlangganan dengan biaya $13.50 atau Rp 216.000 per bulan.

4. ezTalks Webinar

Dibandingkan dengan beberapa aplikasi di atas, aplikasi ezTalk Webinar mungkin memangmasih belum begitu terkenal. Akan tetapi ezTalk Webinar juga merupakan salah satu aplikasiyang bisa digunakan untuk membuat video conference. Cara membuat webinar dengan aplikasi ini juga terbilang cukup mudah sehingga cocok seminar online dan melakukansurvey online.

5. Click Meeting

Click meeting merupakan software webinar yang sangat populer di gunakan di luar negeri. Aplikasi ini banyak digunakan oleh perusahaan maupun kampus untuk melakukan tatapmuka secara online. Di Indonesia sendiri, click metting juga bisa menjadi alternative untukmembuat webinar selain zoom. Aplikasi ini mampu menampung 250 peserta dalam satu sesi meeting online. Untukmenggunakannya kamu harus membayar paket seharga Rp 372.000 setiap bulannya.

Di masa pandemi seperti saat ini bukan menjadi alasan untuk kamu menjadi bermalas-malasan dan tidak produktif. Perkembangan teknologi yang canggih ini harus dimanfaatkan dengan baik agar tetap bisa produktif walaupun harus berada di rumah. Dengan Cara membuat webinar menggunakan beberapa aplikasi di atas kamu tetap bisa melakukan pertemuan dengan banyak orang walaupun tidak harus dengan tatap muka secara langsung.