August 21, 2021

5 Perangkat Pendukung Gelar e-RUPS agar Sukses di Tahun 2021

Saat menyelenggarakan e-RUPS, sebuah perusahaan harus mendapatkan beberapa dukungan perangkat.
Event Organizer

Saat menjalankan rapat umum pemegang saham online atau e-RUPS, baik penyedia ataupun pemegang saham harus memiliki perangkat yang tepat. Perangkat itu digunakan untuk mengikuti rapat dengan baik hingga melakukan voting jika diperlukan. Beberapa perangkat harus dimiliki oleh penyelenggara e-RUPS, baik itu perusahaan ataupun event organizer yang merancang acara ini. Berikut beberapa perangkat yang bisa menunjang atau mendukung RUPS tahunan online.

  1. Webcam 

Saat menghadiri RUPS secara digital, seorang pemegang saham harus muncul wajahnya secara langsung. Sayangnya beberapa perangkat yang digunakan tidak memiliki webcam yang sudah terpasang atau menjadi satu. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan memasang webcam eksternal yang saat ini mudah ditemukan. Sebelum menghadiri rapat ada baiknya untuk menyiapkan terlebih dahulu seluruh perangkat yang memang dibutuhkan. Apabila seseorang hadir di dalam rapat dan terlihat wajahnya. Maka bisa disimpulkan jika mereka memang pemegang saham asli dan bukan orang lain yang tidak ada kaitannya dengan pemegang saham 

  1. Pengeras Suara

Pengeras suara atau speaker juga sangat penting untuk memudahkan proses penyampaian materi. Meski dilakukan secara digital pengeras suara sangat penting agar semua orang bisa mendengarkan suara dengan jelas bahkan tanpa perlu headset. Orang yang menyediakan rapat harus menggunakan pengeras suara ini agar suara tidak terlalu kecil. Biasanya perusahaan akan menyediakan sendiri apapun bisa juga menggunakan jasa event organizer sehingga bisa berjalan dengan baik.

  1. Komputer atau Laptop

Komputer atau laptop adalah salah satu perangkat yang harus ada dan dimiliki oleh semua pemegang saham. Paling tidak saat mengikuti rapat mereka harus menggunakan komputer atau laptop milik siapa pun selama bisa menampilkan audio visual yang baik. Komputer digunakan untuk memperlihatkan bagaimana rapat berlangsung dan juga mengeluarkan audio yang baik. Dengan cara ini maka seseorang seperti melakukan rapat secara langsung meski tidak datang secara fisik. Selain itu komputer atau laptop juga digunakan untuk melakukan voting. Biasanya para pemegang saham akan melakukan login ke platform seperti Easy KSEI. Jadi semua sudah bisa tercatat secara digital dan realtime.

5 Perangkat Pendukung Gelar e-RUPS agar Sukses di Tahun 2021
  1. Headset atau Sejenisnya

Ada kalanya terdapat kendala pada gadget atau perangkat yang digunakan. Salah satunya adalah tidak terdengar suara atau suaranya terlalu koran sehingga tidak bisa mengikuti rapat dengan baik. Pada isi rapat sangat penting untuk pengambilan keputusan. Solusi dari gangguan suara yang ada pada laptop ataupun komputer adalah dengan menggunakan headset ataupun headphone. Dengan menggunakan perangkat ini maka suara dari rapat bisa terdengar dengan jelas. Saat melakukan pengambilan keputusan seseorang tidak akan melakukan kesalahan. Mereka bisa memahami dan akhirnya menyimpulkan apa yang sudah dilakukan pada rapat dalam pengambilan keputusannya.

  1. Proyektor

Fungsi RUPS adalah adalah mengambil keputusan terkait Apa yang dilakukan oleh perusahaan dalam 1 tahun kedepan. Itulah kenapa saat melakukan rapat umum pemegang saham online ada baiknya untuk selalu menggunakan proyektor atau pembesar. Dengan proyektor maka pembahasan yang dilakukan bisa dilihat oleh semua orang. Khusus pada peserta digital biasanya juga disediakan semacam slide sehingga bisa dibaca secara langsung untuk memudahkan mereka dalam melakukan pengambilan keputusan. Khusus pada proyektor standar seperti LCD, biasanya disediakan untuk para pemegang saham atau dewan direksi yang hadir secara fisik. Dengan begitu Semua orang bisa melihat dan mendengarkan seluruh pemaparan dengan jelas tanpa ada gangguan sama sekali.

Perangkat yang sudah disebutkan di atas bisa membuat rapat umum pemegang saham online berjalan dengan baik. Selain itu berbagai kebutuhan seperti perekaman hingga pencatatan bisa dilakukan secara elektronik. Selanjutnya, perusahaan akan melakukan apa yang sudah diputuskan dalam rapat. Mengingat pentingnya rapat umum pemegang saham atau RUPS, para pemegang saham Harus hadir baik itu secara fisik maupun secara elektronik. Sebagai pemilik perusahaan jika ingin mengadakan acara tahunan ini dengan sukses ada baiknya menggunakan event organizer Hanindo. Mereka sudah berpengalaman dalam media kan rapat secara digital sehingga bisa membantu perusahaan dalam menyukseskan RUPS Digital.