January 31, 2021

5 Manfaat Virtual Team Building bagi Perusahaan di 2021

Anda perlu mengetahui manfaat virtual team building untuk perusahaan, terlebih di tahun 2021 ini.
Event Organizer

Setelah berjuang menjalani lika-liku di tahun 2020 yang cukup mendilemakan, Anda masih harus menyongsong 2021 dengan semangat tinggi. Pasalnya, pandemi masih saja mempengaruhi kinerja sekaligus perkembangan perusahaan. Untuk tetap bisa bertahan di masa yang sulit ini, Anda membutuhkan virtual team building, karena pekerjaan akan lebih banyak dijalankan melalui sistem virtual. Tentu saja ini untuk kebaikan Anda dan juga karyawan, serta mematuhi kebijakan pemerintah yang berusaha memutus rantai virus dengan memaksimalkan WFH. Tim building berbasis virtual ini berfokus pada pembangunan hubungan yang lebih kuat antar sesama pekerja atau angota tim. Nah, berikut ini akan dibahas tentang manfaat dari tim building berbasis virtual untuk perusahaan di tahun 2021:

Daftar Manfaat Virtual Team Building

Pandemi mengharuskan Anda terbiasa dengan sistem kerja WFH. Meskipun begitu, hubungan dengan karyawan maupun teman kerja tentu harus tetap dijalin dengan baik. Bahkan harus ditingkatkan, agar berpengaruh positif pada perusahaan. Inilah pentingnya tim building berbasis virtual untuk perusahaan:

1. Membuat Anggota Saling Mengenal walaupun Jarak Jauh

Bukan hal mustahil untuk mengenal satu sama lain, terutama anggota baru, meskipun jarak memisahkan. Anggota baru yang datang, tidak akan sama dengan teman baru di sekolah yang bisa memilih teman sesuka hati, karena ini dalam lingkup pekerjaan. Pasalnya, di dalam dunia kerja kekompakan merupakan sebuah tuntutan yang wajib dipenuhi.

Nah, inilah manfaat utama dari virtual team building di masa pandemi seperti sekarang ini, yang mengharuskan kita untuk WFH. Tim building akan mengupayakan anggota satu dengan yang lainnya untuk saling mengenal dengan baik, agar bisa memupuk kekompakan nantinya.

2. Menjalin Komunikasi Jarak Jauh

Dengan jarak yang memisahkan, komunikasi yang terjalin tidak akan semaksimal pertemuan secara langsung. Bahkan akan lebih banyak miss komunikasi, sehingga dapat berpengaruh pada kinerja tim. Namun, dengan adanya tim building berbasis virtual, bukan tidak mungkin komunikasi akan terjalin dengan baik.

Tidak hanya sesama anggota, tim building akan mengupayakan komunikasi terbaik antara atasan dan bawahan. Dengan demikian, kinerja seluruh pekerja dalam perusahaan akan meningkat karena komunikasi yang sempurna.

3. Menumbuhkan Sikap Saling Percaya

WFH seringkali membuat Anda tidak percaya satu sama lain, karena tidak bisa melihat dan juga sharing secara langsung. Oleh sebab itu, setiap pekerjaan yang dilakukan akan terlihat tidak memuaskan dan terus terlihat memiliki kekurangan. Memang, kekurangan adalah hal yang wajar, namun jika hal tersebut menghambat kinerja tentu tidak baik, bukan?

Dengan adanya tim building berbasis virtual, akan menumbuhkan rasa saling percaya terhadap kemampuan sesama anggota. Sehingga, dapat membuat para anggota tidak memandang negatif satu dengan yang lainnya.

4. Membentuk Kerjasama Tim walaupun Jarak Jauh

Walaupun tidak bisa bertatap muka dan bekerja bersama karena jarak, bukan tidak mungkin perusahaan bisa membentuk kerjasama tim yang bagus. Tim building akan mengupayakan adanya kerjasama tim yang bagus, dengan membuat para anggota mengerti posisi dan tanggung jawab masing-masing. Dengan begitu, setiap tanggung jawab akan bersinergi dan dapat menciptakan kerjasama yang baik dan maksimal.

5. Menumbuhkan Motivasi

Virtual team building juga dapat menumbuhkan motivasi dalam mencapai tujuan, meskipun ada jarak yang menjadi sekat antar satu anggota dengan anggota lainnya. Dengan adanya motivasi ini, hasil dan tujuan dari suatu pekerjaan akan dapat tercapai.

Jarak memang menjadi faktor utama yang dapat merenggangkan satu sama lain, dan hal ini tentu tidak baik untuk perusahaan. Nah, inilah pentingnya tim building berbasis virtual untuk perusahaan milik Anda. Jika tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan jasa dari Event Organizer Jakarta. EO terbaik di Jakarta ini akan membantu Anda untuk memaksimalkan WFH, namun tetap menjaga kerekatan antar anggota.