May 30, 2020

5 Manfaat Untuk Perusahaan & Karyawan yang Melakukan Team Building

Anda masih belum tahu apa manfaat acaranya baik untuk perusahaan maupun karyawan? Simak penjelasan lengkapnya.
Event Organizer

Meskipun disibukkan dengan agenda pekerjaan terkadang perusahaan mengadakan kegiatan bersama yang sifatnya santai.  Acara yang dilaksanakan tidak berkaitan dengan hubungan pekerjaan sama sekali, murni untuk melakukan team building bersama Hanindo. Meskipun sering dilakukan, sayangnya masih banyak karyawan yang tidak tahu manfaat mengikuti acara tersebut.

5 Manfaat Melakukan Team Building Bagi Perusahaan dan Karyawan

Membangun tim solid tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan tapi juga memberikan banyak hal positif untuk karyawan. Selengkapnya tentang manfaat membangun tim simak berikut ini:

1. Meningkatkan Hubungan Antar Karyawan

Hubungan kerja dibangun atas asas profesionalitas, karena alasan ini pula banyak karyawan yang tidak berteman dengan baik kemungkinan besar hanya mengenal namanya saja. Saat diberi amanat pekerjaan, kemungkinan besar masih bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Tapi hubungan antar karyawan yang tercipta akan sangat kaku dan canggung dan kemudian mempengaruhi suasana kantor. Jika sudah seperti ini, perusahaan baiknya mengambil tindakan untuk melakukan team building. Agar hubungan antar karyawan menjadi lebih harmonis dan kompak.

2. Menambah Motivasi Kerja Karyawan

Menghadapi beban pekerjaan yang besar dan harus lembur setiap hari terkadang membuat karyawan mudah merasa bosan atau lelah. Rutinitas monoton seperti inilah yang menjadi alasan banyak karyawan memutuskan untuk resign dan mencari pekerjaan yang lebih santai. Jika penilaian kinerja karyawan Anda menunjukkan angka penurunan yang signifikan, baiknya Anda segera mengambil tindakan. Karena hal ini akan memberikan dampak negatif yakni penurunan kualitas atau mutu kerja para karyawan. Mulailah untuk merencanakan kegiatan menyenangkan di luar kantor seperti company gathering atau outing. Buat rencana sebaik mungkin dan jangan lupa untuk menambahkan fun games yang bisa meningkatkan motivasi karyawan untuk menyelesaikan permainan dengan baik. Acara kantor yang dilakukan di luar juga baik untuk merilekskan otak yang kelelahan.

5 Manfaat Untuk Perusahaan & Karyawan yang Melakukan Team Building

3. Menumbuhkan Rasa Percaya dan Cinta Pada Perusahaan

Mengadakan acara gathering untuk membangun tim solid sangat dirasakan manfaatnya oleh perusahaan. Terutama jika perusahaan memilih event organizer yang berkualitas sehingga acara bisa dihelat dengan lancar dan sempurna. Rasa percaya dan cinta akan semakin tumbuh dan mengakar di hati para karyawan untuk perusahaan. Hal ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan agar tetap berkembang dan tidak kehilangan pegawai yang potensial. Karena menemukan pegawai yang benar-benar berdedikasi dan mencintai perusahaan bahkan menganggapnya sebagai keluarga sangatlah sulit.

4. Melatih Kepemimpinan

Ketika menyusun agenda acara outing atau company gathering demi membangun solidaritas sesama karyawan. Pada dasarnya, perusahaan juga berencana melatih dan mengembangkan jika kepemimpinan mereka. Hal itu bisa dilihat jelas dari sejumlah games yang dimainkan. Rata-rata permainan yang dipilih tidak hanya meningkatkan kerjasama antar tim tapi turut merangsang setiap peserta untuk menyelesaikan masalah dan berani mengambil tindakan.

5. Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

Siapa bilang bekerja di perusahaan tidak membutuhkan kreativitas? Karena sama seperti bumi yang berputar setiap hari, dunia ikut mengalami perkembangan. Jangan sampai, perusahaan lain sudah maju dan berkembang sementara perusahaan Anda masih stuck di tengah jalan. Agar perusahaan bisa bersaing dengan perusahaan lainnya atau menjalin hubungan bisnis yang baik dengan relasi, pastikan untuk memupuk kreativitas dan produktivitas dari seluruh karyawan. Mulai dari lapisan staf terbawah hingga staf dengan jabatan tinggi. Caranya bagiamana? Cukup adakan acara tertentu yang bisa meningkatkan kemampuan otak kiri dan otak kanan mereka. Semakin terasah otaknya otomatis akan semakin kreatif dan produktif.

Sudah memahami apa saja manfaat melakukan team building bagi karyawan maupun perusahaan? Karyawan dan perusahaan merupakan dua subjek yang berbeda namun saling berkaitan. Tanpa perusahaan, karyawan tidak bisa menyalurkan bakat dan keterampilan kerja mereka. Sementara tanpa karyawan, suatu perusahaan tidak bisa bergerak dan berkembang.