January 31, 2021

5 Manfaat Mengadakan Launching Produk Secara Online

Perusahaan tentu perlu melakukan launching produk untuk memastikan produk baru yang diluncurkan dikenal luas oleh masyarakat.
Event Organizer

Perusahaan tentu perlu melakukan launching produk untuk memastikan produk baru yang diluncurkan dikenal luas oleh masyarakat. Proses launching ini sudah bisa dilakukan secara online, yang kabarnya memberikan lebih banyak manfaat. Jika dibandingkan dengan launching secara konvensional. Benarkah demikian?

Sekilas Tentang Launching Produk Secara Online

Istilah launching tentu tidak asing lagi ditelinga, sebab sudah dikenal sejak lama dan diterapkan oleh semua perusahaan di berbagai bidang. Istilah ini merujuk pada kegiatan memperkenalkan produk maupun layanan baru kepada masyarakat luas.

Biasanya dibuat dalam sebuah acara besar, yang melibatkan banyak orang termasuk event organizer. Dulunya, untuk proses launching perlu menganggarkan biaya yang tidak sedikit. Biasanya untuk sewa tempat, sewa model, penyediaan kebutuhan konsumsi tamu undangan, dan lain sebagainya.

Namun dengan mulai berkembangnya internet  maka platform online mulai dimanfaatkan untuk kegiatan launching tersebut. Secara perlahan kegiatan launching produk online pun semakin banyak dilirik. Sebab dianggap punya lebih banyak kelebihan dan manfaat dibanding launching secara offline. Tidak heran jika kemudian banyak pebisnis yang mencoba memanfaatkan konsep launching secara online tersebut.

Manfaat Melakukan Launching Online

Kegiatan launching secara online masuk ke dalam kategori kegiatan promosi, sebab bertujuan memperkenalkan produk baru ke masyarakat. Ketika launching ini dijalankan secara online maka memberikan sejumlah manfaat sebagai berikut:

1. Efisiensi Biaya Launching

Manfaat pertama dari kegiatan launching baik produk maupun jasa secara online adalah menghemat biaya. Sebab ada banyak kebutuhan acara launching yang terpangkas ketika dialihkan ke konsep online.

Misalnya, tidak perlu keluar biaya untuk sewa gedung atau tempat, tidak perlu menyediakan kebutuhan konsumsi, dan lain-lain. Jika dikalkulasikan maka biaya untuk  launching produk secara online ini jauh lebih hemat.

2. Solusi Menghemat Tenaga

Kebutuhan untuk mengadakan launching secara online akan lebih sedikit, sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga. Perusahaan pun tidak perlu mencari tambahan orang untuk mengurus segala keperluan launching tersebut.

Jika menggunakan jasa event organizer, maka bisa menghemat tenaga Anda juga. Sebab tidak perlu turun tangan karena semua akan diurus oleh tim EO tadi.

3. Pilihan Paling Aman di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 tentunya menjadi ancaman bagi siapa saja, dan banyak perusahaan yang melakukan pemasaran secara online. Tujuannya untuk meminimalkan interaksi sosial yang bisa meningkatkan resiko penyebaran Covid-19 tadi.

Melaksanakan launching produk juga menjadi bagian untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan banyak orang. Sebab dilakukan secara virtual, tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Anda dan karyawan pun tetap aman sekaligus memastikan produk baru yang dimiliki bisa diperkenalkan secara luas.  

4. Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Melakukan launching untuk produk baru secara online juga memberi manfaat untuk menjangkau pasar lebih luas. Sebab launching ini akan bisa diakses oleh banyak orang tanpa ada batasan waktu, wilayah, dan sebagainya.

Sebab sifat internet yang memang tanpa batas, sehingga produk yang dimiliki bisa dikenal oleh masyarakat di seluruh Indonesia tanpa harus datang langsung ke setiap daerah atau kota.

5. Lebih Mudah untuk Dijalankan

Launching terhadap produk baru secara online juga cenderung lebih mudah dibanding launching secara offline. Sebab cukup berada di satu ruangan, kemudian direkam dan disebarkan secara langsung oleh tim event organizer. Maka produk yang dimiliki sudah akan dikenal luas oleh masyarakat, khususnya yang aktif menggunakan internet.

Internet menjadi sesuatu yang besar, dan pelaku bisnis bisa mengandalkannya untuk mengembangkan perusahaan. Termasuk untuk kegiatan launching produk baru, yang tentu akan lebih mudah dikenal masyarakat luas tanpa harus keluar biaya berlebihan. Jadi, silahkan mempertimbangkan kegiatan launching secara virtual untuk menikmati berbagai manfaat yang dijelaskan di atas.