April 30, 2021

5 Konsep Menarik untuk Gelar Gathering Kantor 2021

Ingin menggelar gathering kantor di tahun 2021, namun masih bingung mengenai konsep?
Event Organizer

Gathering kantor merupakan kegiatan yang tidak lepas dari hal bersenang-senang, seperti permainan, outbond, perlombaan, dan sebagainya. Umumnya, gathering akan digelar setiap pertengahan atau akhir tahun. Bisa juga kegiatan ini diadakan ketika perusahaan merayakan ulang tahun.

Mengapa Gathering Kantor Perlu Dilakukan?

Pekerjaan yang menumpuk terkadang bisa membuat para karyawan. Untuk mengurangi kadar stress dalam bekerja, biasanya perusahaan akan mengadakan kegiatan untuk merefresh karyawannya kembali, salah satunya dengan kegiatan gathering. Gathering berarti bahwa para pegawai, karyawan, atau pekerja kantor yang berkumpul, bersama, dalam pertemuan. Artinya, gathering ini bertujuan untuk mempertemukan para karyawan dalam suatu acara yang menyenangkan. Tujuan dari gathering adalah untuk merefresh dan meningkatkan kinerja karyawan agar lebih semangat dalam bekerja. Selain itu, gathering dapat membuat skill karyawan, baik hard maupun soft, meningkat, seperti leadership, team work, kekompakan, analisa, dan sebagainya.

Konsep Menarik Gathering Kantor 2021

Gathering tidak bisa lepas dari kegiatan yang seru. Agar bisa sukses, tentu acara konsep harus menarik. Nah, berikut adalah beberapa ide menarik untuk gathering yang bisa dicoba di 2021.

1. Outbond

Tidak hanya gathering, konsep outbond memang selalu menarik untuk diusung dalam menjadi kegiatan inti di berbagai acara. Kegiatan ini akan menerapkan pembelajaran melalui berbagai permainan. Umumnya permainan tersebut akan melibatkan fisik, akal, dan mental.

Selain itu, outbond di acara gathering kantor dianggap mampu mendekatkan hubungan antar karyawan dan meningkatkan keakraban.

Jenis permainan yang bisa diterapkan pada kegiatan outbond adalah arum jeram, lomba bakiak, adu ketangkasan antar kelompok, dan lain-lain. Jadi, sudah bisa membayangkan bagaimana permainan tersebut akan membuat solidaritas mereka meningkat?

2. Adu Soft Skill

Konsep ini akan membangun kerja sama karyawan. Tujuan dari adu soft skill ini adalah untuk unjuk kebolehan antar karyawan dalam sebuah tim, yang meliputi kekompakan, analisa, inisiatif, konsentrasi, kreativitas, dan strategi. Contoh even yang bisa digelar untuk adu soft skill antara lain lomba tari, kuis berkelompok, atau segala sesuatu yang berhubungan dengan panggung seni, mulai dari menyanyi, band, dace, dan sebagainya.

3. Family Gathering

Konsep gathering ini tidak hanya melibatkan para karyawan, melainkan juga anggota maupun kerabat karyawan. Family gathering sangat cocok sebagai wadah untuk saling memperkenalkan anggota keluarga antar karyawan. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan tali persaudaraan antar karyawan. Bukan tidak mungkin akan memicu semangat bekerja. Biasanya konsep family gathering akan diwujudkan dengan kegiatan piknik ke tempat wisata atau beberapa kegiatan outbond.

4. Survival

Survival bisa dijadikan sebagai konsep menarik untuk kegiatan gathering. Konsep yang memacu adrenalin dan persaingan ini harus digodok secara matang. Selain memicu adrenalin, konsep survival ini akan mempererat tali persaudaraan, kerja sama tim, kekompakan, dan solidaritas antar karyawan di masing-masing kelompok. Setelah kegiatan survival yang menguras tenaga selesai, maka akhiri acara dengan berkumpul, membangun tenda, bercamping. Keakraban akan semakin terasa saat proses api unggun. Ada yang membakar seafood atau makanan lainnya, ada yang bermain gitar dan bernyanyi, dan kegiatan lain. Bisa membayangkan seperti apa harmoni yang akan tercipta apabila konsep survival ini berhasil diterapkan?

5. Piknik

Seperti kegiatan seru lainnya, piknik bisa menjadi pilihan sebagai konsep menarik untuk gathering. Umumnya kegiatan konsep piknik ini berupa kegiatan kunjungan ke tempat wisata, seperti pantai, hutan, pegunungan, dan sebagainya.

Ide menarik konsep gathering kantor di atas tidak hanya bertujuan untuk merefresh dan meningkatkan kinerja karyawan, namun juga sebagai hiburan, penghargaan, dan masa bersenang-senang agar terciptanya lingkungan kerja yang selalu kondusif.