June 27, 2020

5 Kiat Membuat Webinar Yang Efektif

Dapatkan perhatian peserta Webinar secara penuh dengan materi seminar yang menarik dengan mengikuti 5 kiat yang ada dalam artikel ini.
Event Organizer

Webinar merupakan suatu aktivitas presentasi, ceramah, atau seminar yang dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan jaringan internet. Kehadiran konferensi video secara online ini dinilai sangat efektif dari segi hasil dan efisien dari segi waktu dan biaya yang dikeluarkan. Pasalnya, pembicara dan peserta seminar tidak harus menghabiskan waktu dan biaya untuk berkumpul pada suatu lokasi tertentu. Seminar dapat dilakukan dimana saja dengan bermodalkan laptop atau smartphone dengan jaringan internet yang memadai. Saat ini banyak muncul perangkat lunak penyedia layanan Webinar yang mana mempermudah presenter dan peserta seminar untuk dapat saling berinteraksi dan berdiskusi secara real-time.

Kiat Membuat Webinar Yang Efektif

Bagi presenter, menyiapkan Webinar memiliki tantangan tersendiri dibandingkan dengan mempersiapkan materi seminar konvensional. Pasalnya, peserta seminar dapat mengalami banyak gangguan selama proses seminar. Terlebih jika materi seminar cenderung membosankan, peserta seminar dapat dengan mudah menekan tombol ‘close’ tanpa perlu merasa tidak enak. Oleh karena itu berikut ini 5 kiat membuat Webinar yang efektif :

1. Pilih Tema Dan Konten

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika mempersiapkan sebuah presentasi atau seminar adalah pemilihan tema dan ide konten yang tepat. Hal yang harus diperhatikan adalah memilih tema atau konten dengan tema yang spesifik. Tema yang terlalu luas dan umum akan cenderung membosankan dan tidak memiliki relasi yang kuat dengan peserta. Selain itu penting untuk memilih tema atau konten dimana pembicara menguasai tema dan konten tersebut, sampai dengan detail terkecil. Memang tidak ada jaminan bahwa tema atau konten yang dipilih oleh pembicara akan diterima dengan baik oleh semua peserta seminar. Hal yang dapat dilakukan oleh pembicara untuk mencegah respon yang tidak baik dari peserta seminar adalah dengan mengikuti tips nomor 2 sampai dengan 5 di bawah ini.

2. Tulis Skrip

Penting bagi seorang pembiacara untuk menulis skrip terkait materi presentasi atau seminar yang akan disampaikan. Sulit bagi seseorang berbicara selama berjam-jam, walaupun materi yang disampaikan merupakan materi yang dikuasai atau disukai oleh pembicara. Sehingga kehadiran skrip akan membantu pembicara mempersiapkan apa saja yang akan disampaikan selama sesi presentasi. Selain itu, kehadiran skrip membantu pembiacara mengatur waktu, sehingga presentasi berjalan sesuai alur yang diinginkan oleh pembicara.

3. Persiapkan Kamera Dan Estetika Visual

Webinar yang disajikan dengan format audio visual melalui media internet, tentu harus didukung dengan kualitas kamera dan teknik pengambilan gambar yang baik. Memang banyak pembicara yang menyampaikan presentasi hanya dengan menggunakan audio dengan tampilan slide presentasi yang sudah dipersiapkan. Tetapi bagi peserta seminar, melihat sosok pembicara menjelaskan materi seminar lebih menarik daripada hanya mendengarkan suaranya saja.

5 Kiat Membuat Webinar Yang Efektif

4. Pilih Perangkat Lunak Webinar

Saat ini banyak perangkat lunak penyedia layanan seminar online seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Tim, Skype, AhaSlides, dan lain sebagainya. Hal yang harus diperhatikan ketika memilih penyedia layanan ruang seminar online adalah interaktivitasnya. Penting untuk memilih ruang seminar online dimana pembicara dan pendengar dapat saling berinteraksi dan melakukan tanya jawab secara real time. Terlebih jika fitur tersebut dapat difasilitasi secara menarik dan mudah diakses.

5. Berlatih

Bahkan ketika telah menyusun skrip secara lengkap, tidak dapat dipastikan bahwa presentasi akan berjalan lancar. Sehingga pembicara perlu melakukan latihan dan melakukan revisi jika dibutuhkan. Latihan membuat pembicara menemukan ritme yang tepat selama presentasi.

Itulah beberapa kiat yang dapat diikuti ketika membuat Webinar. Seminar online lebih mudah untuk dipersiapkan dibandingkan dengan seminar konvensional yang membutuhkan bantuan event organizer khusus webinar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Webinar merupakan sebuah solusi praktis untuk melakukan presentasi. Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo untuk menyelenggarakan webinar di perusahaan Anda. Mengapa Hanindo? Karena Hanindo adalah salah satu penyedia jasa EO terbaik diJakarta yang telah bekerjasama dengan banyak instansi pemerintah maupun swasta utnuk menyelenggarakan berbagai rangkaian acara perusahaann.