April 30, 2021

5 Kesalahan Teratas dari Webinar yang Bisa Anda Hindari

Ada berbagai macam kesalahan saat webinar yang perlu dihindari. Apa saja kesalahan tersebut? Simak ulasan lengkapnya pada artikel ini!
Event Organizer

Di masa pandemi, ada banyak hal yang tidak bisa dilakukan secara semestinya atau pada umumnya. Salah satu acara yang tidak bisa dilakukan secara semestinya adalah seminar. Kini seminar dilakukan secara online melalui platform digital, sehingga interaksi dilakukan tidaksecara tatap muka langsung. Nah, seminar ini disebut dengan webinar. Menyelenggarakan seminar online pastinya tidak luput dari kesalahan, sehingga sedikit banyakakan berimbas pada acara. Kesalahan seharusnya dihindari, agar acara berlangsung dengan baikdan sesuai dengan ekspekstasi. Untuk menghindarinya, Anda harus tahu kesalahan apa saja yang kerap terjadi ketika melakukan seminar online, sehingga bisa mencari cara untuk dapat menghindarinya nanti.

Daftar Kesalahan dari Webinar

Memang, manusia tidak luput dari kesalahan, namun kesalahan yang sering terjadi pastinyaharus dihindari agar tidak terjadi lagi, kan? Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan yang sama saat mengadakan seminar online, Anda wajib mengetahui daftarnya terlebih dahulu berikutini:

1. Tidak Melakukan Gladi Bersih

Meskipun webinar dilakukan secara online, bukan berarti seminar ini tidak membutuhkangladi bersih. Gladi bersih pada seminar online sama pentingnya dengan seminar konvensional pada umumnya yang digelar di gedung-gedung. Namun, cara untuk gladi bersihnya memang berbeda, yang mana gladi bersih seminar online dilakukan dengan cara mengetes fitur pada aplikasi video call conference dan memperlajarinya. Dengan demikian, ketika ada kesalahan maka dapat memperbaikinya ketika seminar online belum berlangsung.

2. Memotong Pembicaraan

Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam acara seminar online adalah memotong pembicaraan atau menginterupsinya. Hal ini pastinya akan membuat acara seminar online tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga wajib untuk dihindari. Di dalam acara semacam ini, sudah pasti akan ada sesi dimana peserta dapat mengemukakan pertanyaan. Jika memiliki pertanyaan, Anda bisa menunggu sesi tanya jawab dimulai, sehingga tidak perlu memotong pembicaraan orang lain. Cara yang dilakukan untuk mengemukakan pertanyaan tentu saja harus sopan, ya. Jangan sampai Anda saling berebut dan saling mendahului dengan peserta lainnya, karena dapat membuat situasi gaduh dan tidak kondusif.

5 Kesalahan Teratas dari Webinar yang Bisa Anda Hindari

3. Tidak Menggunakan Ruang Khusus

Ada banyak orang yang melakukan kesalahan ketiga ini, sehingga webinar bisa saja dapat terganggu atau parahnya materi yang disampaikan tidak akan diterima dengan baik oleh peserta. Meskipun dilakukan secara online, Anda tetap harus menyiapkan ruang khususuntuk mengantisipasi adanya gangguan. Seminar online sama dengan seminar pada umumnya, karena bersifat resmi dengan pembahasan yang penting. Oleh karena itu, jangan asal mengikuti seminar jika tidak menyiapkan ruang khusus yang tenang dan bebas dari gangguan.

4. Lupa Mengaktifkan Fitur Mute

Lupa mengaktifkan fitur mute ketika sudah selesai berbicara juga dapat mengganggu jalannya seminar, sehingga masuk kedalam kesalahan teratas yang perlu dihindari. Mengapa demikian? Hal tersebut dapat mengakibatkan suara minor yang seharusnya tidak terdengar jadi terdengar dan sangat mengganggu.

5. Tidak Fokus dan Tidak Menghadap Kamera

Kegiatan seminar online kerapkali dilakukan di rumah, sehingga orang akan terlalu santaisampai-sampai tidak fokus pada penyampaian materi dan malah tergoda dengan hal lain. Hal ini tentu sangat tidak profesional, jadi wajib untuk dihindari. Usahakan untuk tetap fokus dan menghadap kamera selama kegiatan berlangsung, agar seminar online dapat berjalan dengan semestinya.

Dengan mengetahui kesalahan yang sering terjadi di acara webinar ini, pastinya akan lebih mudah Anda menyiapkan cara untuk dapat menghindarinya. Kesalahan-kesalahan yang disebutkan di atas tentunya dapat membuat acara yang sudah Anda persiapkan dengan menguras tenaga dan pikiran tidak akan berjalan sesuai dengan harapan Anda. Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo pastinya untuk menyelenggarakan webinar, jadi tunggu apalagi!