May 31, 2020

5 Ide Aktivitas Outdoor untuk Team Building Kantor Kamu

Sedang merencanakan team building kantor?
Event Organizer

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu membangun sistem kerja sama yang baik antar karyawannya. Namun, seringkali hal ini terlupakan oleh sebagian pengusaha, mengingat prospek kerja dan meraup keuntunganlah yang menjadi tujuan utama. Pada akhirnya, hubungan baik antar sesama rekan kerja sulit terjalin, dan apabila dibiarkan akan berdampak buruk juga pada kualitas perusahaan.

Menyikapi hal ini, maka perusahaan sebaiknya melakukan kegiatan team building. Selain bertujuan untuk menciptakan kerja sama yang baik antar karyawan dalam tim kerja, juga bertujuan agar para karyawan dalam tim kerja dapat saling mengenal satu sama lain, saling terbuka, saling bisa menerima kekurangan masing-masing, hingga saling memberi semangat serta motivasi dalam bekerja.

Ide Aktivitas Outdoor Untuk Team Building Kantor

Beragam aktivitas saat team building umumnya berupa permainan menarik yang dimainkan secara berkelompok dan agar lebih seru dan menantang, tersedia hadiah-hadiah yang menarik pula untuk tim yang memenangkan permainan. Aktivitas membangun tim ini bisa dilakukan di dalam ruangan (indoor), tapi biasanya para karyawan lebih memilih melakukan aktivitas di luar ruangan (outdoor). Berikut 5 ide aktivitas outdoor yang dapat kamu lakukan untuk membangun tim kantormu.

1. Permainan Telur Jatuh

Jenis permainan ini sangat simpel dan tidak memerlukan banyak persiapan. Kamu hanya perlu membentuk tim yang terdiri  dari 4 sampai 5 orang. Kemudian siapkan material dasar seperti kertas, plastik, balon, lap, sedotan, karet gelang dan lain sebagainya, yang mana nantinya digunakan untuk melindungi telur yang akan dijatuhkan dari ketinggian. Tingkat ketinggian akan ditambahkan hingga akan tersisa satu tim sebagai pemenang. Permainan ini memerlukan kerja sama tim,  kreativitas dan strategi yang baik untuk bisa menang.

2. Olahraga Beregu

Untuk aktivitas outdoor yang pertama, kamu bisa adakan peretandingan olahraga beregu yang memerlukan kekompakan tim untuk menang seperti sepak bola, basket, voli dan sebagainya. Olahraga beregu ini selain bagus untuk kesehatan fisik para karyawan setelah penat bekerja, juga bermanfaat membentuk kolaborasi yang baik dalam perusahaan. Bentuk tim dari berbagai divisi yang berbeda dalam perusahaan agar saling mengenal satu sama lain. Sediakan hadiah yang menarik untuk menambah semangat.

5 Ide Aktivitas Outdoor untuk Team Building Kantor Kamu

3. Merakit Tenda dengan Mata Tertutup

Bentuk tim yang terdiri dari 4 sampai 5 orang. Tutup mata setiap anggota kecuali satu orang yang bertugas sebagai pemimpin. Tugas pemimpin ini adalah memberikan instruksi bagi para anggotanya untuk membangun sebuah tenda dengan mata tertutup. Aktivitas ini sangat berguna untuk membangun kerja sama tim dan bagaimana cara menjadi seorang pemimpin dalam tim. Selain itu, juga sangat bermanfaat untuk melatih bagaimana mendengarkan dan mengikuti perintah yang diinstruksikan.

4. Berburu Harta Karun

Dalam permainan ini, setiap tim berperan sebagai para bajak laut yang sedang mencari harta karun. Tim yang paling cepat menemukan harta karun, itulah yang menjadi pemenang. Aktivitas ini mengasah kemampuan kerja sama tim, bagaimana memecahkan suatu masalah, serta bagaimana menjadi pemimpin yang baik dalam tim.

5. Memasukkan Pensil ke dalam Botol

Aktivitas team building terakhir adalah memasukkan pensil ke dalam botol. Caranya, masing-masing tim berdiri melingkar, lalu taruh sebuah botol di tengah lingkaran. Mereka harus berdiri membelakangi botol tersebut. Kemudian ikat ujung satu pensil dengan beberapa benang yang diikatkan di setiap pinggang anggota tim. Seorang anggota tim yang bertugas sebagai pemimpin, harus memberikan instruksi gerakan yang tepat pada anggota timnya agar pensil dapat masuk ke botol. Tim yang lebih dulu  memasukkan pensil ke dalam botol yang menang. Permainan ini butuh konsentrasi dan kerjasama yang baik dalam tim.

Itulah 5 ide aktivitas outdoor yang bisa kamu lakukan untuk membangun tim kantormu ketika berada di luar ruangan. Jika kamu kesulitan merencanakannya, kamu bisa meminta bantuan event organizer Jakarta untuk team building perusahaan. Dengan bantuan tenaga ahli yang berpengalaman seperti Hanindo, dijamin acara membangun tim kantormu dapat berjalan sukses dan lancar. Untuk quotation dan pertanyaan seputar EO team building, klik tombol WhatsApp di bawah kiri ↘