June 28, 2020

5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Menerapkan Digital Marketing Pada Bisnis Anda

Menerapkan digital marketing pada bisnis Anda tidak bisa asal-asalan. Ini 5 hal yang perlu Anda perhatikan!
Digital Marketing

Tak semua pengusaha di era digital seperti saat ini berpikiran terbuka terhadap perubahan dan jeli melihat peluang. Hal ini tentu sangat disayangkan. Sebab, era digital membuka peluang yang sangat luas untuk mengembangkan usaha. Meski, persaingan usaha juga kian meningkat tapi bila menerapkan strategi bisnis yang tepat, dijamin profit besar bisa dicapai dan bisnis pun bisa bertahan lebih lama. Salah satu strategi bisnis yang wajib diterapkan di era digital adalah digital marketing (pemasaran digital). Secara umum, pemasaran digital dapat diartikan sebagai upaya promosi sebuah brand dengan memanfaatkan media digital. Adapun fungsinya untuk menjangkau konsumen secara lebih luas dan cepat. Handisetyadi.com selaku penyedia jasa digital marketing untuk bisnis akan membagikan informasi mengenai elemen-elemen dasar digital marketing yang wajib pelaku bisnis tahu sebelum memulai transisi ke pemasaran digital.

5 Elemen Dasar Digital Marketing

Sebelum menerapkan pemasaran digital pada bisnis Anda, setidaknya ada 5 hal yang perlu Anda perhatikan. Kelima hal tersebut merupakan elemen dasar digital marketing. Berikut ini penjelasannya.

1. Mobile Consideration

Seiring perkembangan teknologi, fitur perangkat mobile seperti tablet dan smartphone jadi semakin canggih. Hal ini membuat transaksi bisnis (online) saat ini cenderung lebih banyak dilakukan via perangkat mobile dibandingkan PC. Penggunaan smartphone untuk bertransaksi misalnya, dinilai konsumen lebih praktis dan efisien, karena hampir setiap waktu aktivitas mereka melibatkan smartphone. Jadi, setiap aspek dalam strategi digital marketing yang Anda buat, sebaiknya mempertimbangkan kecenderungan penggunaan perangkat mobile. Bila  informasi terkait bisnis Anda, baik itu tentang produk/jasa maupun layanan Anda mudah diakses menggunakan perangkat mobile tentu strategi pemasaran digital Anda akan lebih efektif.

2. Organic Search

Pencarian Organic (Organic Search) merupakan salah satu strategi SEO (Search Engine Optimization) berupa metode memasukkan kata kunci (keyword) khusus pada mesin pencari untuk menghasilkan referensi website yang relevan. Nah, jika Anda ingin website yang Anda jadikan media digital marketing tampil di mesin pencari, Anda perlu melakukan optimasi website dengan tepat. Hal ini penting agar mesin pencari dapat lebih mudah mengidentifikasi segala informasi yang terdapat di website Anda. Dengan begitu, bila konsumen mencari informasi dengan memasukkan kata kunci khusus yang relevan dengan website Anda ke mesin pencari, maka website Andalah yang akan ditampilkan oleh mesin pencari. Hasilnya traffic pengunjung website akan meningkat. Otomatis brand awareness juga meningkat.

5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Menerapkan Digital Marketing Pada Bisnis Anda

3. Content Marketing

Content Marketing bisa dibilang merupakan elemen yang cukup efektif memberikan hasil dalam digital marketing. Melengkapi website dengan blog berisi konten (tulisan, gambar maupun video) yang sarat informasi terkini dan aktual dapat meningkatkan traffic pada website Anda dengan lebih cepat karena potensi konten tersebut dibagikan tinggi. Sehingga sangat mudah meningkatkan brand awareness.

4. Social Media Marketing

Pengguna media sosial di seluruh dunia jumlahnya terus meningkat setiap harinya, tak terkecuali di Indonesia. Oleh karena itu, social media marketing juga dapat menjadi media pemasaran digital yang efektif. Sebagai gambaran untuk lebih mudah memahami, jika akun instagram Anda memiliki 1000 followers, maka jika Anda mempromosikan produk Anda lewat akun instagram Anda tersebut, ada kemungkinan 1000 followers Anda tersebut melihatnya. Jika ada 100 followers yang kemudian tertarik membeli produk Anda, profit yang Anda dapatkan sangat lumayan bukan!

5. Email Marketing

Selain mempromosikan produk atau jasa, email marketing juga meliputi kegiatan berkomunikasi dan menjaga hubungan baik dengan konsumen. Misalnya, saat konsumen berulang tahun Anda bisa mengirimkan email berisi ucapan selamat disertai voucher diskon produk atau jasa Anda. Dengan begitu konsumen merasa layanan bisnis Anda sangat memperhatikan konsumen. Citra bisnis Anda akan baik di mata konsumen, sehingga kepercayaan konsumen atas produk atau jasa Anda meningkat. Kemungkinan repurchase dan konsumen tersebut menjadi pelanggan pun lebih besar.

Dengan memperhatikan kelima hal tersebut di atas dijamin penerapan digital marketing pada bisnis Anda akan berhasil lebih efektif. Jika Anda masih ragu dan membutuhkan informasi lebih lengkap atau layanan lain terkait pemasaran digital, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan digital marketing agency. Pilih agensi yang berkualitas dan terpercaya seperti Handisetyadi.com ya! Agar informasi maupun layanan yang diberikan sesuia dengan yang Anda butuhkan. Sekian.