May 11, 2020

5 Aplikasi untuk Mendukung Rapat Daring Selama WFH

Ingin melakukan kegiatan rapat online? Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi rapat online berikut ini.
Event Organizer

Agar bisa meredam penyebaran COVID-19 di Indonesia, pemerintah menghimbau masyarakat untuk lebih banyak berdiam di rumah. Imbas himbauan ini membuat sebagian besar para pekerja di perusahaan swasta maupun milik pemerintah bekerja dari rumah atau istilahnya Work From Home (WFH). Kegiatan WFH ini sangat bergantung pada media online, baik untuk menyelesaikan pekerjaan pribadi sampai kegiatan rapat. Nah, membahas tentang rapat online, pada artikel kali ini kami akan megulas sejumlah aplikasi rapat online (daring) yang dapat mendukung kegiatan WFH.

Aplikasi Rapat Online Selama WFH

Berikut adalah beberapa aplikasi untuk rapat online yang bisa dipertimbangkan untuk menunjang kegiatan WFH selama pandemi:

1. Aplikasi WhatsApp

Aplikasi yang pertama adalah WhatsApp yang juga dikenal sebagai aplikasi pesan instan sejuta umat. Sebab, penggunanya sangat banyak di seluruh dunia. Selain menjadi aplikasi untuk kebutuhan chating, rupanya aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk rapat online. Yakni melalui fitur video call yang disediakan, yang mana fitur ini bisa dipakai sampai delapan pengguna. Sehingga sangat memungkinkan untuk digunakan rapat online skala kecil bersama bos dan rekan sekantor.

2. Google Meet

Awalnya Google merilis Google Hangout yang kemudian diperbaharui versinya menjadi Google Meet. Aplikasi ini sering direkomendasikan untuk keperluan rapat jarak jauh mengandalkan jaringan internet. Berhubung pencipta aplikasi untuk rapat online ini adalah Google maka tersedia berbagai fitur khas dari perusahaan mesin pencari tersebut. Dimulai dari fitur text to speec, Google Calendar yang sangat membantu mengatur jadwal rapat online, dan lain sebagainya. Google Meet menyajikan media untuk rapat jarak jauh skala besar sebab sekali video call dilakukan bisa melibatkan sekitar 250 pengguna. Setiap pengguna juga bisa mengundang pengguna baru untuk masuk ke “ruang rapat online” tersebut.

3. Skype

Skype meluncurkan versi bisnis yang memungkinkan aplikasi ini digunakan perusahaan event organizer, perusahaan niaga, perusahaan fashion, dan lain sebagainya untuk rapat online. Fitur video call yang dimiliki aplikasi ini mendukung kegiatan rapat karena bisa digunakan oleh 250 pengguna sekaligus. Bagi perusahaan besar yang selama WFH perlu mengajak ratusan karyawan untuk rapat online maka bisa mempertimbangkan aplikasi satu ini. Hanya saja aplikasi ini punya beberapa kekurangan, salah satunya minusnya fitur konferensi audio dial-in.

4. Zoom

Selama masa pandemi COVID-19,  Zoom telah menjadi aplikasi yang populer digunakan untuk kegiatan rapat saat WFH maupun kelas online oleh sekolah dan kampus. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengadakan kelas maupun ruang rapat secara online. Sekali melakukan video call, pengguns bisa mengajak ratusan pengguna lainnya sekaligus. Fitur unggulan lainnya adalah tersedia penyimpanan cloud tanpa batas, URL pertemuan, email yang dibuat khusus, dan lain sebagainya. Selain tersedia versi berbayar, Zoom juga hadir dalam versi gratis yang tentu fitur di dalamnya lebih terbatas.

5 Aplikasi untuk Mendukung Rapat Daring Selama WFH

5. Cisco WebEx

Untuk mendukung kegiatan rapat online di sebuah perusahaan besar maka bisa menggunakan aplikasi Cisco WebEx. Aplikasi ini terlihat seperti gabungan antara konferensi web dengan layanan panggilan suara, namun disuguhkan dengan fitur yang lebih kompleks. Karakternya yang unik membuat aplikasi ini sangat mungkin dipakai rapat online melalui pesawat telepon sehingga cenderung lebih praktis. Cisco WebEx bisa dimanfaatkan dengan membayar biaya bulanan. Jika memang bekerja di perusahaan besar dan membutuhkan aplikasi untuk rapat yang kaya fitur maka bisa menjadikan aplikasi satu ini sebagai pilihan.

Meskipun pemanfaatan aplikasi rapat online seperti yang disebutkan di atas terkadang dihadapkan pada berbagai masalah, seperti jaringan yang naik turun sehingga jalannya rapat bisa jadi terganggu. Namun, dilihat dari fungsinya sudah sangat mendukung untuk menggelar kegiatan rapat. Sehingga sekalipun sedang WFH tetap bisa melakukan koordinasi, melaporkan hasil pekerjaan, dan menyampaikan ide secara langsung. Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo untuk memanfaatkan aplikasi rapat online guna memudahkan Anda dalam menyusun acara besar. Sekian dan semoga bermanfaat.