October 31, 2019

5 Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Melakukan Team Building di Akhir Tahun

Inilah alasannya akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk menjadwalkan kegiatan team building.
Event Organizer

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan sehingga meraup profit lebih banyak. Salah satunya adalah mengadakan team building secara teratur. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan tim yang solid dalam lingkungan kerja. Dengan begitu masing-masing pribadi akan semakin saling memahami dan lebih mudah bekerja sama.

Aktivitas ini memang dapat dilakukan kapan saja, tetapi lebih banyak perusahaan yang memilih waktu akhir tahun. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.

EO Hanindo

Alasan Memilih Akhir Tahun Untuk Melakukan Team Building

Akhir tahun dapat dikatakan waktu yang cocok untuk melakukan aktivitas gathering kantor baik untuk tujuan rekreasi atau edukasi. Simak alasannya!

1. Pengganti bonus tahunan

Beberapa perusahaan memang memberikan bonus tahunan kepada karyawannya walaupun tidak wajib karena memang tidak ada aturan resmi tentang itu. Ada kalanya kondisi perusahaan tidak memungkinkan sehingga bonus yang biasanya diserahkan di akhir tahun dialihkan pada kegiatan outing.

Untuk menggelar acara tersebut bisa dibentuk kepanitiaan sendiri di kantor atau menyerahkannya kepada penyedia jasa outbound training. Bila memilih opsi kedua keuntungannya adalah semua pihak pada lingkungan kerja bisa turut berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

2. Banyak libur akhir tahun

Menjelang tutup tahun akan ada hari libur yang cukup banyak, mulai dari liburan sekolah, Natal, tahun baru, dan lain-lain. Anda bisa memilih waktu kosong ini untuk menggelar kegiatan team building. Dengan begitu aktivitas kerja di kantor juga tidak akan terganggu.

3. Menjadi ajang refreshing

Sebagaimana banyak institusi lainnya, menjelang tutup tahun biasanya karyawan akan menghadapi tekanan berat. Ini misalnya karena anggaran mulai surut dan banyak tugas yang harus segera rampung sebelum masa liburan. Tak hanya di kantor, karyawan yang telah berkeluarga juga harus mengurus berbagai hal di rumah.

Inilah sebabnya outbound atau aktivitas outdoor lainnya sebagai contoh team building diharapkan bisa me-reset semangat kerja. Pada kondisi yang lebih segar tentu karyawan akan semakin bersemangat menggarap proyek-proyek kantor yang penting di tahun mendatang.

4. Meningkatkan keakraban

Pada lingkungan kantor yang cukup besar, sering kita temui tidak semua karyawan saling mengenal. Tegur sapa pun jarang dilakukan terutama karyawan yang berbeda departemen. Kebiasaan ini bisa memicu adanya gap antar karyawan yang lambat-laun bisa semakin tidak sehat.

Mengadakan employee gathering diharapkan dapat mencairkan suasana demikian ini. Bila keakraban antara karyawan dapat dicapai, toleransi antar pribadi juga akan semakin besar sehingga perselisihan pendapat dapat diminimalkan. Pada lingkungan kerja yang sehat, kondusif, dan nyaman ide-ide kreatif yang brilian tentu akan sering bermunculan.

Dapat dikatakan tujuan pelaksanaan team building yang terpenting adalah mempererat persaudaraan. Mungkin saja prasangka-prasangka kurang baik yang pernah timbul di hati masing-masing karyawan terhadap koleganya bisa terhapus pada kegiatan ini. Tentunya menyenangkan mengawali tahun baru di kantor dengan perasaan yang lebih ringan.

5. Menjalin keakraban dengan pimpinan

Menurut konsultan team building, para karyawan yang berkarakter introvert sering kesulitan mengungkapkan pendapat di tempat kerja. Apalagi bila harus melakukannya di hadapan pimpinan. Padahal orang-orang introvert kerap menemukan ide yang besar karena memiliki kualitas analitik yang baik.

Salah satu solusi dari masalah ini adalah membuat yang bersangkutan merasa nyaman dan percaya diri. Ini dapat dilakukan dengan meminimalkan jarak antara karyawan dengan pimpinan sehingga tidak ada lagi alasan bungkam karena merasa sungkan. Tentu saja pimpinan juga harus bersedia berpartisipasi pada acara tersebut demi tercapainya tujuan.

5 Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Melakukan Team Building di Akhir Tahun

Demikianlah sebabnya akhir tahun adalah waktu paling ideal untuk mengadakan kegiatan team building. Team building akan sangat menyenangkan jika Anda bekerjasama dengan EO untuk menyelenggarakan team building. Mengapa? Karena EO akan membantu Anda dalam merelasikan ide serta konsep perusahaan Anda. Salah satu EO yang akan membantu penyelenggaraan event perusahaan Anda adalah Hanindo. Untuk quotation dan pertanyaan seputar EO, klik tombol WhatsApp di bawah kiri ↘