February 9, 2019

4 Hal Penting Untuk Cover Annual Report Design (Tunas Baru Lampung)

Ada empat hal penting yang harus Anda lakukan ketika akan membuat desain annual report design
Creative Media

PT Tunas Baru Lampung Tbk ("TBLA") merupakan salah satu produsen minyak goreng terbesar dan termurah di Indonesia dengan merek Rose Brand yang telah beroperasi lebih dari 40 tahun. TBLA menjadi salah satu anggota dari Sungai Budi Grup yang merupakan salah satu perintis sektor pertanian di Indonesia yang telah beroperasi lebih dari 70 tahun.

Sesuai dengan visinya TBLA merupakan produsen minyak nabati dan turunannya yang terintegrasi penuh dengan biaya produksi yang rendah dan ramah lingkungan. Beberapa penghargaan telah di perolehnya dari tahun ke tahun antara lain : Best of the Best Award The Top 50 Companies for 2018 - Forbes Indonesia 2018, Best Quality Product 2018, Indonesia Sharia Award Warta Ekonomi 2018, Emiten Terbaik 2018 Investor Award, Indonesia Best Public Companies Award 2018 Warta Ekonomi.

Selain itu PT Tunas Baru Lampung Tbk telah mendapatkan Sertifikat ISPO Tahun 2018 dan RSPO Principiles and Criteria (2007) for Sustainable Palm Oil Production, RSPO Certificate for palm Cooking Refeinery, dan RSPO Certficate for Kernel Crushing Plant.

Laporan tahunan perusahaan merupakan gambaran fisik dari kondisi perusahaan, dari skala kesuksesan maupun kelemahan yang dibuat dalam satu tahun ke belakang, tidak hanya berfungsi sebagai alat informasi akurat pada pemegang saham atau media press, annual report atau laporan tahunan juga bermanfaat sebagai media informasi kedua untuk menarik perhatian investor.

annual report tunas baru lampung

Kriteria Laporan Tahunan yang Baik

Apabila kita menyusun Laporan Tahunan maka perlu memperhatikan kriteria-kriteria LaporanTahunan yang baik seperti:

- Memenuhi syarat-syarat isi sesuai aturan yang telah ditetapkan OJK, apabila merupakan perusahaan public atau listed company.

- Mampu menyampaikan data dan informasi kinerja perusahaan dengan jelas dan berimbang.

- Mampu menjadi media untuk mengkomunikasikan citra perusahaan

- Mempunyai pilihan kata dan tata bahasa yang baik dan komunikatif.

- Mempunyai desain serta tata letak (lay-out) narasi dan gambar yang memperkuat data informasi yang disampaikan.

Annual report design yang bagus harus direncanakan dengan hati-hati karena cover design akan menjadi wajah utama perusahaan.

Dalam merancang cover design untuk laporan tahunan, harus dilakukan penelitian terlebih dahulu, gambar atau objek apa yang sekiranya cocok untuk dijadikan cover design laporan tahunan.  

Berikut ini beberapa hal penting yang bisa menginspirasimu untuk membuat cover annual report design:

  1. Objek Gambar Harus Terlihat Jelas

Bila perusahaan memutuskan untuk menggunakan photo sebagai cover design laporan tahunan, maka photo yang digunakan harus diambil oleh orang yang professional

Menggunakan jasa amatir untuk hal sepenting annual report rasanya kurang tepat dan bisa saja merugikan perusahaan. Hasil photo yang blur mungkin sekilas terlihat bagus, namun bukan photo seperti itu yang dibutuhkan untuk cover annual report design.

annual report tunas baru lampung
  1. Annual Report Design Harus Mengekspresikan Nilai-Nilai Perusahaan

Untuk membuat cover design laporan tahunan mungkin bukan pekerjaan yang mudah, karena seorang designer harus memahami dengan baik citra yang berusaha dibangun oleh perusahaan, bukan hanya mengenal profile perusahaan sekilas saja.  

Setelah annual report jadi, orang-orang yang membacanya akan mulai memahami bagaimana cara kerja keuangan pada bisnis, namun secara otomatis akan ikut memahami apa nilai-nilai yang menjadi prioritas perusahaan yang coba disampaikan melalui cover annual report design.

Misalkan ada sebuah perusahaan bergerak di bidang pelestarian alam, maka elemen yang cocok untuk dijadikan cover adalah elemen alam yang bersahabat baik dengan manusia.

annual report tunas baru lampung
  1. Perhatikan Pemilihan Warna

Warna yang digunakan untuk cover design bisa memberikan efek yang sangat dramatis bagi mereka yang melihatnya. Contohnya perpaduan warna warm red dengan gold tones pada cover design yang mampu memberikan perasaan ceria.

Bagaimana pun juga, pastikan untuk memilih warna yang cocok sehingga bisa menyampaikan perasaanmu mengenai laporan tahunan perusahaan dan pembaca bisa memahami dengan baik konsepnya.

  1. Konsisten Dengan Halaman Di Bagian Dalamnya

Jika menggunakan warna-warna alam dan objek natural pada cover annual report design, pastikan jika halaman selanjutnya setelah cover juga menggunakan unsur yang sama atau tidak berlawanan.

Contohnya jika pada cover warna yang terlihat adalah warna putih, biru, hijau dan orange, maka di halaman selanjutnya bisa menggunakan warna dasar orange dan putih, sedangkan di halaman ketiga menggunakan warna hijau dan putih, begitu seterusnya hingga laporan tahunan selesai di lembaran terakhir.  

Inspirasi membuat cover annual report design sangatlah banyak, bisa ditemukan di berbagai media, baik itu internet atau buku cover design. Melalui contoh cover design yang dilihat, designer bisa mempelajari bagaimana cara mendesain dengan baik dan benar, tentunya tanpa keluar jalur dari nilai-nilai yang dimiliki oleh perusahaan.

Di Indonesia ada banyak sekali perusahaan baik dari skala kecil dan besar, yang tiap tahunnya akan membuat annual report design, secara teknis laporan tahunan dibuat untuk kepentingan perusahaan dan pemangku kepentingan.

Namun dalam beberapa kesempatan banyak perusahaan yang menjadi lebih sukses setelah berhasil menampilkan laporan tahunan yang brilliant pada para investors sehingga mereka mau menanam modal pada perusahaan.

Hanindo sebagai biro percetakan telah dipercaya ratusan perusahaan terbuka untuk mengerjakan Annual Report dari desain hingga printing. Salah satunya adalah PT Tunas Baru Lampung Tbk yang telah mempercayakan kami untuk membuat annual report dari tahun ke tahun.