July 20, 2021

3 Keuntungan Go Public Bagi Perusahaan Startup Yang Wajib Anda Tahu

Ketika bisnis startup Anda memutuskan untuk go public, mulailah untuk mempersiapkan segala hal sebaik mungkin.
Event Organizer

Bisnis startup telah mengalami perkembangan yang pesat di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Banyak pemilik bisnis yang sukses setelah menerapkan go public dengan event organizer terbaik. Jika Anda sedang merintis bisnis startup, tidak ada salahnya untuk menerapkan metode yang sama. Tentu saja, dengan melibatkan peran dari EO. Ketika perusahaan startup memutuskan untuk go public atau Initial Public Offering (IPO), maka perusahaan telah melakukan penawaran terhadap masyarakat. Di mana sebagian saham perusahaan dijual kepada publik. Tujuan perusahaan go public adalah untuk mengembangkan bisnis lebih baik lagi. Terutama dari segi modal, karena akan ada pendanaan dengan nilai besar yang akan Anda peroleh.

Apa Saja Manfaat Perusahaan Melakukan Go Public?

Sebagai perintis perusahaan startup, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memulai dengan go public. Banyak manfaat perusahaan go public yang bisa Anda peroleh. Semuanya berpengaruh pada perkembangan perusahaan. Tiga keuntungan dengan melakukan go public bagi startup adalah sebagai berikut:

1. Pendanaan Lebih Terjamin

Ketika menjalankan bisnis startup, Anda mungkin akan menjumpai beberapa kendala. Salah satunya dari segi pendanaan. Ketika menjadi perusahaan publik, hal itu bukan menjadi masalah besar lagi. Dana yang Anda peroleh dari penjualan saham dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Misalnya sebagai tambahan modal untuk pengembangan perusahaan. Ketika perusahaan sudah go public, maka akses ke berbagai sarana seperti bank atau pasar uang juga akan lebih mudah. Menerbitkan surat utang untuk jangka pendek atau jangka panjang juga bisa lebih mudah.

2. Menunjang Perkembangan Bisnis

Keuntungan menjadi perusahaan publik adalah terjamin keberlangsungannya dalam jangka panjang. Apapun masalah yang dihadapi oleh internal perusahaan, juga akan dihadapi oleh para pemegang saham. Jadi, jalan keluar yang ditemukan akan lebih mudah. Citra perusahaan juga akan meningkat, karena kini bisnis startup yang Anda kembangkan akan dijadikan sebagai sumber informasi suatu media. Ketika perusahaan semakin dikenal oleh masyarakat luas, maka peluang memperoleh lebih banyak klien juga meningkat.

3. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Perusahaan yang sukses tidak akan lepas dari sumber daya yang mengelolanya. Bukan hanya atasan, tetapi semua yang ada di dalam perusahaan harus ikut serta. Atasan dan karyawan harus sama-sama profesional dan meningkatkan kinerja sebaik mungkin. Dengan go public, ternyata juga bisa meningkatkan kinerja para karyawan. Karyawan juga bisa terlibat langsung dengan memiliki saham perusahaan. Sehingga loyalitas dan profesionalisme akan meningkat. Kinerja karyawan yang baik akan berpengaruh pada kemajuan perusahaan. Bahkan, dampak positif perusahaan go public juga bisa dilihat dari segi insentif pajak. Berdasarkan peraturan pemerintah, perusahaan yang telah go public memiliki penurunan tarif pajak.

3 Keuntungan Go Public Bagi Perusahaan Startup Yang Wajib Anda Tahu

Bagaimana Proses Melakukan IPO?

Ada beberapa tahapan melakukan IPO bagi bisnis startup. Tahapan-tahapan tersebut mulai dari persiapan pengajuan pendaftaran, penawaran saham, sampai pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tahap persiapan adalah langkah awal yang membutuhkan persiapan dengan ekstra. Supaya bisa menjadi perusahaan umum, Anda perlu mendapatkan persetujuan dari para pemilik saham lainnya. Kemudian dokumen yang diperlukan mulai dipersiapkan, lalu pemeriksaan laporan keuangan, serta konsultasi hukum. Anda juga akan memerlukan jasa dari notaris untuk pembuatan Akta Perubahan Anggaran Dasar, dan lain-lain. Sebelum go public, persiapan memang harus dijalankan dengan maksimal dan terencana. Tujuannya supaya semua proses bisa berjalan dengan lancar. Maka dari itu, penting sekali bagi perusahaan untuk mengadakan kerja sama dengan tim penyelenggara yang sudah profesional. Ketika Anda melakukan persiapan go public dengan mitra event organizer yang tepat, maka proses IPO bisa sukses. Supaya Anda dan tim bisa bekerja lebih mudah, percayakan penyelenggaraan event dengan EO terbaik seperti Kami. Hanindo telah sukses dan dipercaya membantu berbagai perusahaan ternama. Maka dari itu, sekarang giliran bisnis startup Anda untuk go public dengan bantuan event organizer terbaik.