May 10, 2019

3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Product Launching

Mau melakukan product launching dalam waktu dekat?
Event Organizer

Salah satu cara untuk memperkenalkan produk dan jasa ke target marketing adalah product launching. Cara ini umumnya dilakukan oleh para pengusaha. Tapi sayangnya, meskipun acara launching telah dilakukan dengan baik, masih saja ada kendala.

Produk yang diharapkan laku keras di pasaran, justru mendapat respon negative dari konsumen.

Akibatnya, Anda mengalami banyak kerugian, rugi waktu dan uang. Agar kondisi ini tidak terjadi lagi di masa depan, pastikan untuk menyusun agenda product launching dengan lebih baik.

Launching Pracico Privillege

Faktor Penentu Suksesnya Product Launching

Sudah mengundah artis papan atas dan mengadakan acara door prize yang hadiahnya besar. Sayangnya product launching yang diadakan gagal menarik perhatian konsumen. Akibatnya, produk yang ditawarkan tidak terjual habis atau bahkan angka penjualannya tidak memenuhi target.

Berikut ini hal-hal yang patut diperhatikan sebelum Anda mengadakan acara product launching:

1. Membuat Katalog

Banyak pengusaha yang menyepelekan manfaat dari membuat katalog. Menyiapkan brand ambassador memang penting, tapi membuat katalog produk yang akan dilaunching juga sama pentingnya.

Bagaimana konsumen bisa menilai kualitas produk jika tidak ada katalog? tidak mungkin konsumen melakukan penilaian hanya melalui penglihatan visual saja. Katalog merupakan media ilustrasi yang harus dipersiapkan secara matang sebelum product launching diselenggarakan.

Membuat katalog pun harus dilakukan dengan baik dan benar, jangan sembarangan pilih jasa atau justru membuat sendiri tanpa memperhatikan kontennya. Saat membuat katalog, pastikan agar semua produk tampak menonjol.

Meskipun demikian, pilih beberapa produk unggulan sebagai “The Most Favorite Product” Tujuannya agar konsumen bisa mengenal produk unggulan terlebih dahulu. Lalu berminat untuk membelinya.

2. Melatih Team Marketing

Mengadakan product launching tentunya menghabiskan banyak waktu, namun melatih team marketing juga butuh waktu yang lama. Agar semuanya berjalan di satu jalur yang selaras, Anda bisa melakukan keduanya secara bersamaan.

Tunjuk beberapa orang yang berpengalaman untuk membantu melatih kinerja dari team marketing. Pastikan team marketing dilatih seintesif mungkin sehingga saat product launching berlansung mereka tidak akan melakukan keselahan.

Keselahan sedikit saja akan sangat mempengaruhi penilaian dari konsumen. Menguasai produk dan teknologi yang berkaitan dengan produk merupakan hal mutlak. Apalagi jika acara product launching diisi dengan acara tanya jawab dengan berbagai narasumber.

Akan sangat memalukan perusahaan, jika ada team marketing yang tidak mampu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peserta launching. Selain melatih team marketing, perusahaan juga dianjurkan untuk melatih brand ambassador.

Pilih brand ambassador yang mampu mengapresiasikan produk dengan baik, pastikan pula jika brand ambassador memiliki jaringan atau pengaruh yang kuat di masyarakat.

3. Menjadi Transparan

Mau di bidang apapun Anda bekerja, pasti Anda akan memiliki competitor. Competitor yang ada di sekitar Anda, membuat konsumen sulit memutuskan untuk membeli atau menggunakan jasa yang mana. Maka dari itu, perusahaan Anda harus bekerja secara transparan.

Tunjukkan pada konsumen jika produk yang Anda tawarkan kali ini memiliki kualitas terbaik yang memang patut untuk dimiliki. Dalam hal ini perusahaan harus bersikap secara terbuka, berikan kesan yang baik terutama pada pelayanannya.

Launching Pracico Privillege

Menyelenggarakan product launching bagi perusahaan merupakan kegiatan yang wajib. Bahkan ada beberapa perusahaan yang melakukan kegiatan ini lebih dari sekali tiap tahunnya. Itu tergantung dengan produksi produk baru yang dilakukan perusahaan. Supaya produk yang dilaunching diterima dengan baik dan laris di konsumen, pastikan Anda menerapkan tiga hal dasar yang telah disampaikan secara detail di atas.