April 22, 2022

Tutorial Digital Marketing untuk Pemula

Digital marketing merupakan suatu strategi dalam dunia bisnis untuk mencari banyak pelanggan melalui media online. Terdapat banyak jenis dalam strategi ini, seperti Search Engine Marketing, Social Media Marketing, Content Marketing, dan lain sebagainnya.
Jika Anda adalah seorang pebisnis pemula, setidaknya wajib mengetahui basic digital marketing. Karena kompetisi bisnis di era sekarang sangat berbeda jauh dengan era 10 tahun lalu.
Mungkin Anda akan bertanya-tanya tentang apa saja yang dibutuhkan dalam penerapan digital marketing. Nah! Agar tidak salah dalam melangkah, Anda perlu mengetahui beberapa poin yang akan dibahas dalam artikel ini.

5 Langkah Awal untuk Memulai Digital Marketing Bagi Pemula

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus melakukan beberapa persiapan. Anda bisa mempelajari dan menerapkan beberapa hal berikut ini agar mengerti dan mendapatkan banyak ilmu digital marketing.

1. Tentukan Target Pasar

Pertama, Anda harus menentukan terlebih siapa dan seperti apa karakteristik buyer yang akan disasar. Setelah itu, cari tahu produk seperti apa yang tepat dan solutif untuk buyer.
Misalkan, Anda menargetkan kepada wanita muda berusia 18-30 tahun, maka produk yang cocok dan memiliki pasar besar adalah produk seputar fashion dan kosmetik.
Dalam menentukan target pasar, usahakan untuk mencari titik masalah terlebih dahulu, baru kemudian Anda menjual produk yang bisa memecahkan masalah tersebut.

2. Persiapkan Produk atau Jasa yang akan Dipasarkan

Carilah produk atau jasa yang bersifat solutif. Karena tidak sedikit pelaku usaha yang terpaksa gulung tikar karena produk tidak laku. Seperti contohnya adalah bisnis clothing yang hanya memikirkan kualitas produknya saja.
Tentu hal tersebut tidak efisien dan membuat produk kaos yang dijual tidak dapat memberikan solusi apa-apa. Itulah mengapa Anda harus belajar digital marketing secara menyeluruh agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

3. Susun Strategi Pemasaran

Jangan langsung mempromosikan produk atau jasa secara besar-besaran. Hal tersebut tidak disarankan dan memiliki resiko kerugian yang besar. Maka dari itu, buat dan susun terlebih dahulu strategi digital marketing untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Dengan tersusunnya strategi ini, proses pemasaran akan lebih terarah dan efisien serta meminimalisir kerugian. Sebab, Anda dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang harus dihindari.

4. Bangun Branding di Media Sosial dan Website

Tutorial digital marketing selanjutnya adalah dengan memanfaatkan platform media sosial yang ada. Anda bisa membuat akun media sosial terpopuler, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok untuk membangun branding.
Selain itu, Anda juga bisa membangun situs resmi untuk bisnis yang akan dirintis. Tujuan dibuatnya website juga sekaligus untuk menambah profesionalitas. Sehingga, calon konsumen akan mempercayai keberadaan bisnis yang Anda jalani.

5. Lakukan Pemasaran Secara Gratis Maupun Berbayar

Setelah menerapkan keempat poin di atas, sekarang saatnya Anda mulai melakukan pemasaran produk/jasa. Ada banyak cara pemasaran yang dapat Anda lakukan, mulai yang gratis hingga berbayar.
Jika tidak ingin keluar modal banyak, Anda bisa beriklan dengan cara posting gambar/video promosi produk di media sosial. Kemudian jika Anda ingin mendapatkan audience yang luas, bisa mencoba iklan berbayar di beberapa platform terkemuka.
Anda bisa beriklan di Facebook Ads, Google Ads, TikTok Ads, maupun melakukan endorsement kepada selebriti media sosial di Instagram maupun TikTok. Anda juga harus menerapkan content marketing untuk menghasilkan konten menarik. Sehingga banyak orang yang akan tertarik ketika melihat iklan yang ditayangkan.
Itulah beberapa tutorial digital marketing untuk pemula. Tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan itu semua? Tidak perlu khawatir! Anda bisa menggunakan jasa digital marketing dari Hanindo Communication yang sudah berpengalaman dan tentunya profesional.