February 20, 2022

Pandemi Belum Selesai? Gatheringnya Gimana Dong?

Punya rencana mengadakan employee gathering? Tapi, pandemi yang belum usai, tampaknya jadi kendala. Mengingat, pemerintah melarang kegiatan untuk berkumpul sebagai langkah meminimalisir penyebaran pandemi Covid-19. Jadi, event secara tatap muka langsung pun tak bisa terlaksana.
Lalu, bagaimana solusinya? Adakah tips untuk tetap mengadakan event perusahaan sekalipun di masa pandemi ini?
Virtual event tentu menjadi alternatif yang tepat di masa pandemi. Karena, tak mengharuskan adanya pertemuan secara langsung. Lantas, bagaimana membuat acara gathering perusahaan agar tetap seru dan menyenangkan seperti gathering offline? Simak tips lengkapnya di bawah ini.

Tips Gathering Virtual yang Efektif di Masa Pandemi

Umumnya, event via daring dilaksanakan menggunakan platform meeting online. Antara lain seperti Google Meets, Zoom, Webex dan sebagainya.
Namun, supaya acara virtual tersebut tetap menarik dan tak membosankan, Anda perlu melakukan beberapa persiapan untuk mempersiapkan event online.

  • 1. Mempersiapkan Studio Virtual
    Agar dalam pelaksanaannya tak membosankan, tentu gathering kantor harus dipersiapkan dengan konsep berbeda dan unik. Salah satunya dengan menggunakan studio virtual.
    Caranya dengan memanfaatkan beberapa software broadcast. Mulai dari OBS atau vMix dan kamera digital. Tentu saja, dengan penambahan software pendukung tersebut maka Anda bisa melakukan pengaturan tampilan meeting online dibuat sebagaimana panggung event offline.
    Jelas, mempersiapkan studio virtual akan sangat efektif menarik antusiasme para peserta event online karena memiliki kesan unik dari meeting online pada umumnya.

  • 2. Merancang Konsep Ice Breaking Online
    Ice breaking online dalam perspektif gathering online merupakan sebuah acara virtual yang berupa aktivitas atau permainan. Tujuannya untuk menghilangkan kebosanan serta kebekuan yang seringkali muncul selama event via daring.
    Ada berbagai tema gathering virtual yang bisa Anda pertimbangkan untuk meminimalisir event online. Antara lain mulai dari zoom background challenge, trivia kuis, tebak-tebakan judul lagu, dan masih banyak lagi.

  • 3. Bangun Tim Building Virtual
    Aktivitas pertemuan yang dibatasi sebagai akibat dari dampak pandemi, tentu berpengaruh pada penurunan komunikasi antar karyawan.
    Dalam acara meeting online tentu saja harus memberikan manfaat dan berpengaruh besar pada komunikasi yang terjalin erat. Tujuannya untuk memperkuat kesolidan antar karyawan.
    Maka, dalam acara virtual event, sangat efektif bila acara diisi dengan tema yang memicu tim building guna memberikan motivasi sekaligus memicu rasa keakraban di antara para peserta.

  • 4. Usung Tema Event yang Komunikatif
    Selain itu, dalam acara event virtual pun, memilih tema gathering saat pandemi harus mampu memberikan kesan keakraban.
    Adapun ide acara yang bisa jadi bahan pertimbangan seperti game kuis berhadiah, karaoke online atau bisa juga sesi Quality Time Online.
    Ketiga ide event tersebut tentu saja bertujuan untuk memicu antusiasme para peserta sekaligus meningkatkan keakraban serta komunikasi antar karyawan.

  • 5. Kerjasama dengan Penyedia Jasa EO Gathering Virtual yang Terpercaya
    Jika Anda ingin mengadakan acara event online namun terkendala persiapan maka Anda bisa bekerjasama dengan penyedia layanan EO.
    Salah satunya Hanindo yang sejak tahun 2009 sebagai salah satu penyedia layanan jasa EO terbaik di Jakarta.
    Berbekal jam terbang tinggi dan profesionalisme, tentu Anda bisa mempercayakan acara employee event perusahaan kepada tim kreatif Hanindo. Mulai dari perencanaan, persiapan, hingga pada pelaksanaan event termasuk persiapan alat pendukung, semua akan ditangani oleh tim profesional.
    Sampai di sini, tentu Anda tak perlu ragu. Butuh jasa EO profesional dan berpengalaman untuk acara gathering di perusahaan Anda? Percayakan kepada Hanindo. Hubungi kami dan dapatkan layanan konsultasi gratis.