April 30, 2023

5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Melakukan Gathering

Event Organizer

Rasa jenuh dan bosan dari para karyawan bisa menjadi penyebab kinerja perusahaan menurun. Namun dengan gathering perusahaan, kondisi karyawan akan berbalik 180 derajat, dan semakin meningkatkan produktivitas perusahaan.

Gathering merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh perusahaan untuk mempererat hubungan antara karyawan, meningkatkan kinerja, serta merayakan pencapaian.

Sehingga, sebelum melakukan gathering, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar acara dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Berikut adalah 5 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan gathering:

1. Tentukan Tujuan Gathering

Sebelum melakukan gathering, pastikan Anda menetapkan tujuan yang jelas dari kegiatan tersebut. Apakah untuk mempererat hubungan antara karyawan, meningkatkan kinerja perusahaan, atau merayakan pencapaian?

Dengan mengetahui tujuan yang jelas, maka Anda dapat memilih jenis kegiatan yang tepat dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik.

Dalam acara gathering organisasi atau perusahaan, biasanya dilakukan berbagai kegiatan seperti diskusi, presentasi, outbound, workshop, atau games. Berbagai kegiatan itu harus disesuaikan dengan tujuan acara.

Apakah untuk memperkuat tim, meningkatkan rasa saling percaya, serta menciptakan suasana yang lebih harmonis dan positif di dalam perusahaan.

Selain itu, adanya acara gathering karyawan, perusahaan juga dapat memperkenalkan visi, misi, dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi kepada seluruh karyawan. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan komitmen mereka terhadap perusahaan.

Dalam jangka panjang, hal ini akan berdampak positif pada pertumbuhan dan keberlangsungan bisnis perusahaan.

2. Pilih Tempat yang Tepat

Pemilihan tempat yang tepat sangat penting dalam kegiatan gathering family maupun perusahaan. Pastikan tempat tersebut dapat menampung seluruh karyawan, mudah diakses, dan memiliki fasilitas yang memadai sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pastikan juga tempat tersebut aman dan nyaman untuk dijadikan sebagai tempat gathering. Tidak hanya itu saja, pelayanan tempat gathering juga harus memiliki pelayanan yang baik dan ramah terhadap peserta. Hal ini akan membuat kesan yang baik terhadap seluruh karyawan.

3. Persiapkan Anggaran dengan Matang

Sebelum melakukan gathering, pastikan Anda telah menyiapkan anggaran dengan matang. Hitung semua biaya yang dibutuhkan, seperti biaya transportasi, konsumsi, tempat, hiburan, dan lain sebagainya. Pastikan anggaran yang disiapkan sesuai dengan jumlah karyawan yang akan mengikuti gathering.

4. Tentukan Jadwal dengan Tepat

Tentukan jadwal yang tepat untuk kegiatan gathering. Pastikan jadwal tersebut tidak bertabrakan dengan kegiatan lain yang lebih penting dan tidak mengganggu produktivitas karyawan di kantor. Selain itu, pastikan jadwal tersebut juga sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

5. Komunikasikan dengan Karyawan

Komunikasikan dengan seluruh karyawan mengenai kegiatan gathering yang akan dilakukan. Berikan informasi yang jelas mengenai tujuan, tempat, waktu, serta jenis kegiatan yang akan dilakukan.

Dengan demikian, karyawan dapat mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti kegiatan tersebut dengan semangat yang tinggi. Contoh gathering karyawan yang akan dilakukan harus diinfokan jauh-jauh hari, minimal sebulan sebelumnya.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas sebelum melakukan gathering, maka kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Namun, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir dengan bagaimana cara mengelola agenda yang penting ini. Hadir Hanindo sebagai salah satu EO corporate yang sangat berpengalaman dalam berbagai agenda corporate, salah satunya employee gathering ini.

Hanindo punya banyak jam terbang sebagai EO corporate bersama dengan berbagai perusahaan nasional Indonesia. Sebut saja Telkom, BRI, Waskita, dan masih banyak lagi lainnya yang sudah bekerjasama dengan Hanindo.

Jadi, langsung saja agendakan gathering perusahaan bersama Hanindo sekarang juga. Bersama Hanindo, Anda tidak perlu khawatir dengan berbagai persiapan yang harus dilakukan bahkan sampai acara selesai. Karena bersama Hanindo gathering karyawan pasti akan berjalan maksimal.