December 29, 2020

Virtual Event : Solusi Bagi Perusahan untuk Hadirkan Acara Online

Di tengah pandemi pelaku bisnis berbasis event perlu melirik layanan event virtual sebagai solusi untuk bertahan.
Event Organizer

Pandemi memang menjadikan banyak sektor bisnis harus tiarap untuk sementara waktu. Beberapa sektor atau bidang bisnis masuk ke dalam kategori paling terdampak, mulai dari bidang pariwisata dan bisnis berbasis event. Pemilik bisnis berbasis event, seperti event organizer atau EO perlu memutar otak agar bisnis yang dimiliki tidak padam. Pasalnya sejak pandemi masuk ke Indonesia, berbagai acara atau event yang menuntut kegiatan tatap muka secara langsung dihentikan. Lalu, solusi apa yang tepat bagi bisnis berbasis event ini untuk bisa bertahan? Jika harus menunggu pandemi selesai maka praktis bisnis semacam ini harus gulung tikar. Padahal hilal pandemi akan segera rampung tidak kunjung terlihat.

Virtual Event sebagai Solusi di Tengah Pandemi

Kondisi pandemi memang menuntut pelaku bisnis untuk lebih kreatif dan inovatif. Melakukan perubahan baik skala kecil maupun besar perlu dilakukan agar dapat bertahan. Khusus untuk bisnis di bidang event, bisa melirik penyelenggaraan event virtual atau acara virtual. Apa itu event virtual? Jadi, sesuai dengan namanya event virtual adalah sebuah acara yang dilakukan secara virtual atau jarak jauh tanpa bertatap muka secara langsung. Berbagai acara bisa dimodifikasi untuk dilaksanakan atau diselenggarakan secara online. Yakni memanfaatkan perangkat elektronik dan juga internet. Pelaku bisnis EO ataupun perusahaan yang ingin mengadakan acara tentunya patut mencoba, sebab dengan langkah ini maka berbagai acara tetap bisa terselenggara. Tanpa harus menunggu pandemi Covid-19 selesai. Sehingga bisnis tetap dapat bergeliat dan mampu beradaptasi dengan kondisi pandemi. Tidak heran jika menyelenggarakan acara secara virtual ini disebut sebagai bagian dari new normal.

Virtual Event : Solusi Bagi Perusahan untuk Hadirkan Acara Online

Kelebihan Event Virtual

Jasa EO di tengah pandemi memang dianjurkan sekali untuk beralih sebagai penyelenggara event virtual. Ada banyak jenis event atau acara yang sangat memungkinkan untuk dilakukan secara virtual. Mulai dari event pameran baik itu pameran buku, pameran pendidikan, pameran karya seni lukis, dan lain sebagainya. Selain itu juga bisa mendukung acara di berbagai perusahaan misalnya RUPS online, meeting online yang melibatkan banyak karyawan dan jajaran direksi maupun komisaris, dan lain sebagainya. Layanan event secara virtual dipastikan akan banyak dilirik oleh masyarakat, karena memang menjadi solusi terbaik agar sebuah acara bisa tetap terselenggara tanpa khawatir mengenai pandemi. Memilih mengadakan event virtual memberi banyak keuntungan, karena memiliki sejumlah kelebihan berikut ini:

1. Jauh Lebih Aman

Kelebihan pertama adalah dari jaminan keamanan dan keselamatan dari acara yang diadakan secara virtual. Sebab di tengah pandemi seperti sekarang kontak langsung perlu diminimalkan. Mengikuti acara virtual membantu tujuan tersebut untuk tercapai, sehingga semua peserta acara tetap aman dari resiko terkena Covid-19.

2. Penyelenggaraanya Mudah dan Praktis

Perusahaan maupun instansi di bidang apapun akan sangat terbantu dengan jasa EO seperti Hanindo yang membuka layanan acara virtual. Sebab prosesnya jauh lebih mudah karena tidak perlu menyediakan gedung, kursi, konsumsi, dan lain sebagainya. Cukup menyebar undangan secara online dan acara dihadiri para peserta dari rumah masing-masing menggunakan perangkat dan koneksi internet mandiri.

3. Biaya Penyelenggaraan Acara Lebih Murah

Alphanya penyewaan gedung, kursi, jasa katering, dan sebagainya dari acara virtual. Secara praktis membuat biaya penyelenggaraannya lebih murah, sehingga di tengah pandemi perusahaan tidak perlu boros untuk penyelenggaraan acara apapun. Cukup membayar biaya untuk menyewa jasa EO tadi. Layanan acara virtual dari sebuah jasa EO dipastikan akan menjadi pilihan yang banyak diambil. Sebab memberi solusi paling aman untuk menyelenggarakan acara penting di tengah pandemi.

Jika perusahaan Anda adalah perusahaan EO maka bisa menjadi penyedia jasa event virtual tersebut. Sedangkan untuk pemilik perusahaan yang dalam waktu dekat akan menggelar sebuah acara, sebaiknya mengutamakan acara virtual karena jauh lebih aman di masa seperti sekarang.