July 28, 2019

Siasat Membuat Konsep Ulang Tahun Perusahaan Agar Tampil Elegan (PT. Brantas Abiparya)

Menjadi salah satu acara yang paling ditunggu oleh banyak karyawan, simak siasat membuat konsep ulang tahun agar tampil elegan.
Event Organizer

Merayakan ulang tahun perusahaan merupakan hal yang selau ditunggu setiap tahunnya. Dari karyawan hingga jajaran direksi, selalu turun tangan agar acara terlaksana dengan baik.

Namun jika kita perhatikan, masih banyak perusahaan yang menggunakan konsep ulang tahun mainstream. Artinya acara yang diadakan hanya sebuah seremonial saja, dan tidak memberi kesan bagi semua pihak yang ikut didalamnya.

Sebenernya acara ulang tahun yang berkesan itu seperti apa sih? Kami sendiri mendefiniskan seperti sebuah acara yang elegan dan mampu membuat orang didalamnya semakin excited.

Konsep tersebut mungkin cukup untuk dilaksanakan. Selain harus membuat proposal pengajuan, Anda juga bisa bekerja sama dengan event organizer (EO) seperti Hanindo sebagai salah satu alternatifnya. Hanindo dipercaya oleh banyak perusahaan untuk menyelenggarakan event-event seperti ulang tahun perusahaan.

Siasat Membuat Konsep Ulang Tahun Perusahaan Agar Tampil Elegan (PT. Brantas Abiparya)

Tips agar Acara Ulang Tahun Perusahaan Berkesan  Elegan

Sebagai orang yang bertanggung jawab pada acara ulang tahun perusahaan, tentu kita harus menyusun siasat agar acara bisa terlaksana dengan baik. Ada beberapa tips yang bisa digunakan, diantaranya:

1. Lakukan Brainstorming dengan Rekan & Direksi

Brainstorming merupakan salah satu cara agar diskusi lebih mendalam dengan cakupan ide yang lebih meluas. Hasil brainstorming sendiri akan berisi banyak ide yang memiliki konsep berbeda, dari situ kita bisa menyaring ide yang sesuai dengan visi acara yang yang diinginkan. Sebaiknya lakukan kegiatan ini jauh sebelum acara ulang tahun dilakukan, hal ini dilakukan agar konsep yang dipilh dapat dieksekusi dengan baik.

2. Menentukan Beberapa Konsep

Setelah proses brainstrorming telah dilakukan bersama direksi, maka kita bisa memilih beberapa konsep. Acara ulang tahun perusahaan yang elegan bisa kita amati dari tata ruangan, penerangan, dress code, susunan acara, dan pengisi acara.

Pilihlah satu hingga tiga konsep yang kira-kira bisa diaplikasikan dengan baik pada komponen acara tadi. Hal ini agar acara ulang tahun perusahaan tetap elegan namun konsep yang diusung tidak terkesan memaksa.

Beberapa contoh acara yang memaksa itu seperti orang yang hadir adalah orang sudah berusia tua, namun konsep dan isi acara cenderung untuk anak muda. Hal ini tentu membuat sebagian besar tamu tidak bisa menikmati.

3. Mengelaborasi Ide Bersama Event Organizer

Jika sudah menentukan beberapa ide yang sudah disetujui oleh direksi, kita juga harus melakukan diskusi dengan pihak EO. Diskusi dengan mereka mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, di mana keinginan kita sebagai klien harus dibicarakan dengan EO yang sudah berpengalaman.

Jangan lupa juga untuk memberitahukan kepada mereka siapa saja para tamu yang hadri, waktu pelaksanaan acara, pengisi acara yang diundang secara khusus, dan hal-hal lain yang sekiranya diatur oleh perusahaan. Hal ini dilakukan agar EO memliki wawasan lebih mendalam mengenai konsep acara yang diinginkan.

4. Makanan dan Minuman yang Sesuai

Perhatikan konsep makanan dan minuman yang akan dihidangkan. Jangan sampai untuk acara ulang tahun yang elegan kita malah menghidangkan makanan atau minuman yang terlalu berwarna-warni, terasa manis, dan tidak cocok sama konsep acara. Konsep elegan sering dianggap dengan kosep yang simpel namun tetap ada sentuhan mewah. Oleh karena itu pilihlah makanan yang mampu mempresentasikan hal tersebut.

5. Pengisi Acara yang Sesuai

Acara yang elegan banyak diisi oleh artis atau penyanyi yang memiliki pertunjukkan yang khas. Kita bisa mengundang artis yang biasa membawakan lagu pop, jazz, blues, atau RnB. Bahkan, mengundang seni pertunjukkan tradisional dapat menjadi pilihan Anda untuk pengisi acara.

Siasat Membuat Konsep Ulang Tahun Perusahaan Agar Tampil Elegan (PT. Brantas Abiparya)

Demikianlah siasat untuk menyusun konsep acara ulang tahun perusahaan agar tampil secara elegan. Namun yang harus diperhatikan adalah konsep yang diusung sesuai dengan filosofi serta visi misi perusahaan.