December 31, 2019

Peran Creative Media dalam Membangun Citra Bisnis Perusahaan di Tahun 2020

Dalam membangun citra bisnis, tidak hanya PR yang berperan aktif namun juga Creative Media.
Creative Media

Menjelang 2020, tidak bisa dipungkiri peran sentral Creative Media dalam suatu industri. Pemilihan dan penggunaan jasa perusahaan kreatif memiliki banyak manfaat terutama jika tidak memiliki tim kreatif. Tidak hanya bisa membantu untuk meningkatkan awareness pasar namun juga citra dari bisnis perusahaan tersebut. Sebelum Anda menggunakan jasa perusahaan kreatif, ada baiknya Anda tahu apa itu agensi kreatif.

Apa itu Creative Media?

Perusahaan Creative Media merupakan perusahaan yang memberikan layanan jasa untuk membuat iklan bagi konsumen yang membutuhkan. Dalam agensi kreatif, setidaknya memiliki creative director, designer, copywriter dan art director. Bagian dari agency tersebutlah yang membuat iklan sesuai dengan permintaan perusahaan. Masing-masing iklan memiliki tujuan yang berbeda, misalnya untuk awareness, citra atau branding atau bahkan meningkatkan penjualan.

Sebelum bekerja sama dengan pihak ketiga, perusahaan harus tahu lebih dahulu akan bekerja sama untuk apa. Tujuannya agar dalam kedua belah pihak dapat mengerti permintaan yang diinginkan. Perusahaan digital agency juga akan menawarkan pelayanan jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Misalnya untuk branding akan lebih cocok menggunakan video yang tidak hanya mengemas perusahaan tersebut dalam durasi yang terbatas namun tetap terselip pesan khusus.

Peran Creative Media Terhadap Video Company Profile

Salah satu layanan yang ditawarkan agensi kreatif adalah pembuatan video company profile. dalam pembuatannya, agensi kreatif tidak bisa sembarangan membuat karena itu berpengaruh terhadap citra perusahaan. Video tersebut harus memuat rincian tentang apa perusahaan tersebut. Perlu riset dan konsep, pengambilan gambar dan editing yang berbeda agar video lebih menarik namun tidak meninggalkan tujuannya misalnya untuk branding.

Harus ada komunikasi dua arah yang dilakukan baik dari agensi ataupun perusahaan. Walaupun perusahaan Anda menggunakan agensi kreatif handal namun dalam pelaksanaan membuat video tidak ada komunikasi, hasilnya akan kurang. Disamping itu, agensi kreatif juga harus memaparkan apa saja konsep atau video yang pas untuk pembangunan citra perusahaan. Harus ada feedback yang membangun dan disesuaikan dengan kondisi perusahaan atau tidak membohongi publik.

Jika tidak, video untuk company profile tersebut  tidak bisa dimengerti dan branding akan susah untuk dilakukan. Bahkan untuk perusahaan yang memiliki kondisi yang stabil sekali pun.  Jadi, dapat dikatakan peranan agensi kreatif sangat vital untuk pembuatan video misalnya untuk iklan.

Peran Creative Media dalam Membangun Citra Bisnis Perusahaan di Tahun 2020

Tips Memilih Creative Media

Untuk membuat video seperti company profile, Anda perlu Creative Media Jakarta yang tepat. Pertimbangan untuk memilih agensi kreatif yaitu:

1. Memiliki alamat dan kantor yang jelas yang bisa dikunjungi.

2. Mempunyai portfolio yang menjanjikan dan kalau bisa, agensi tersebut sudah bekerja sama dengan perusahaan lain.

3. Memiliki layanan khusus misalnya dalam hal riset.

4. Memiliki harga yang sebanding dengan kualitas produk yang ditawarkan dan waktu pengerjaannya.

5. Garansi atau hal apa saja yang menjadi tanggung jawab agensi kreatif. Dengan begitu, ketika terjadi hal yang kurang diinginkan, tidak akan berpengaruh pada citra perusahaan.

Karena itu, penggunaan agensi kreatif menjadi kebutuhan tersendiri untuk perusahaan. Salah satu agensi kreatif di Jakarta adalah Hanindo. Mengapa Hanindo? Karena Hanindo terpercaya dalam membuat company profile baik cetak maupun video. Selain company profile, Creative Media Service dari Hanindo juga menyedikana pembuatan prospektus, annual report, dan sebainya.