August 31, 2020

Mengapa Social Media Marketing Penting Bagi Bisnis Anda?

Setidaknya ada 5 alasan mengapa pemasaran digital penting untuk Anda.
Digital Marketing

Dalam memasarkan  produk, tentunya dibutuhkan strategi yang matang. Terutama bagi bisnis dengan modal kecil, sehingga tidak banyak alokasi dana untuk pemasaran. Solusi cerdasnya adalah memaksimalkan teknik social media marketing. Bisa dikatakan, teknik pemasaran digital seperti itu sangat ampuh untuk usaha kecil dan menengah.

Pentingnya Social Media Marketing

Peran pemasaran dengan basis media sosial sangat banyak untuk perusahaan, apa pun skalanya. Berikut adalah penjabaran dari Handisetyadi.com tentang betapa pentingnya digital marketing untuk Anda:

1.  Promosi

Karena masih dalam ranah marketing alias pemasaran, maka promosi menjadi hal utama yang menjadi alasan pentingnya pemasaran di sosial media. Di media sosial, Anda sebagai pelaku usaha bisa mempromosikan produk Anda bahkan tanpa biaya sama sekali. Bisa dikatakan, yang menjadi modal dalam model pemasaran digital adalah konsistensi ketimbang uang semata. Anda lebih dituntut untuk membangun sebuah citra yang komunikatif, sehingga memiliki interaksi yang cukup baik dengan konsumen. Karena berbasis media sosial, cakupannya pun bisa sangat luas. Kita tahu, model marketing mulut ke mulut adalah yang paling ampuh untuk bisnis. Di media sosial pun, para penggunanya dapat membagikan tautan atau konten Anda, dengan catatan konten tersebut menarik untuk mereka. Jika kredibilitas digital Anda sudah cukup kokoh, maka produk Anda akan lebih berpeluang diminati pasar.

2. Visibilitas Brand

Media sosial saat ini bukan hanya menjadi sarana hiburan, tetapi menjadi wadah konsumen dalam mencari informasi. Bisa dikatakan, konsumen menghabiskan lebih banyak waktunya di sosial media dibandingkan media lainnya. Itu sebabnya, dengan menjalankan strategi pemasaran digital, brand Anda akan memiliki peluang visibilitas yang baik. Apalagi jika Anda memiliki strategi jitu dalam hal manajemen konten iklan Anda. Sebagai contoh, jika Anda sedang mencari tentang sesuatu, media sosial bukan tak mungkin menjadi tempat pencarian pertama, bukan? Agar memiliki visibilitas yang baik, setidaknya Anda memiliki 3 cara menerbitkan konten. Pertama adalah membuat konten edukasi, di mana Anda menjabarkan keunggulan produk untuk konsumen. Kedua adalah konten tutorial tentang cara menggunakan produk Anda. Terakhir, buatlah konten dengan nuansa tanya jawab, sehingga Anda mengetahui nilai produk dari sisi konsumen.

Mengapa Social Media Marketing Penting Bagi Bisnis Anda?

3. Target dan Retargeting

Dalam berbisnis pastinya ada target yang Anda miliki. Dengan memanfaatkan social media marketing, Anda bisa melakukan penyesuaian antara isi konten dengan calon konsumen Anda. Platform media sosial sudah memiliki sistem targeting yang sangat canggih. Dengan demikian, Anda bisa memiliki target konsumen yang dipilih berdasarkan domisili, catatan pembelian online, hingga halaman media sosial yang mereka ikuti. Hal itu dapat menjadi data Anda dalam menentukan target konsumen yang bisa dikonversi menjadi pembeli.

4. Brand Awareness

Brand Anda akan dikenal oleh masyarakat jika Anda menerapkan strategi pemasaran digital yang benar. Dari kacamata konsumen, mereka akan senang jika sebuah brand memiliki pembaruan yang cukup aktif di sosial media. Itu sebabnya, menjaga konsistensi konten dapat sekaligus meningkatkan brand awareness produk Anda.

5. Pengembangan Produk

Kita tahu interaksi di media sosial sangatlah dinamis. Itu sebabnya, halaman sosial untuk produk Anda bisa juga dijadikan semacam wadah layanan pelanggan. Melalui kolom komentar, Anda bisa mengetahui baik buruk produk Anda. Anda pun bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk memantau dinamika komentar para followers. Sebab, dari sana Anda juga bisa menentukan arah pengembangan produk. Anda akan tahu produk seperti apa yang dibutuhkan konsumen.

Melihat banyaknya hal penting dan manfaat menerapkan strategi pemasaran digital, tentu sudah saatnya bagi Anda untuk segera memulai social media marketing. Dengan biaya yang terjangkau, bahkan gratis, Anda bisa menjangkau publik lebih luas dengan peluang pengembangan bisnis yang tak terbatas. Semoga bermanfaat!