June 24, 2020

Keunggulan Pemasaran Lewat Digital Marketing VS Konvensional

Digital marketing memiliki beberapa kelebihan yang tidak dapat ditemukan pada pemasaran konvensional, cari tahu lewat artikel ini.
Digital Marketing

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi membawa perubahan besar pada dunia bisnis. Hadirnya media digital, telah melahirkan cara pemasaran yang baru bagi pemasar. Pemasaran melalui media digital ini sering dikenal dengan istilah digital marketing. Digital marketing atau pemasaran digital merupakan serangkaian usaha untuk memasarkan produk dan atau jasa melalui media digital atau disebut juga internet. Usaha tersebut bertujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas untuk mengembangkan bisnisnya. Banyak fitur dari internet yang bisa dimanfaatkan oleh pemasar untuk melakukan pemasaran digital, mulai dari penggunaan website, media sosial, video online, Google Ads, dan lain sebagainya. Lewat artikel ini, Handisetyadi.com akan membagikan informasi seputar keunggulan pemasaran digital bagi pelaku bisnis yang masih menggunakan pemasaran konvensional.

Keunggulan Pemasaran Lewat Digital Marketing

Pemasaran melalui media digital memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan pemasaran melalui media konvensional seperti iklan pada media cetak, TV, atau bahkan radio. Berikut beberapa kelebihan digital marketing lewat agency jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

1. Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Media digital atau internet tidak mengenal batasan ruang, bahkan internet menembus batas-batas suatu negara yang artinya suatu pesan yang telah diunggah ke internet dapat dikonsumsi oleh khalayak dari seluruh dunia. Jika anda menyampaikan pesan informasi terkait produk dan promosi yang anda berikan, pesan tersebut dapat menjangkau khalayak yang lebih luas, tidak hanya lokal, tetapi juga nasional bahkan global. Berbeda dengan pemasaran atau iklan yang ditenpatkan pada billboard, surat kabar, atau radio. Media-media tersebut hanya mampu menjangkau suatu wilayah tertentu.

2. Hasil Terukur

Salah satu keistimewaan dari digital marketing lewat jasa agency adalah hasilnya lebih mudah untuk diukur. Pemasaran digital melalui media digital yang berbasis data memudahkan pemasar untuk melakukan monitoring proses pemasaran. Selama proses pemasaran, pemasar dapat mengumpulkan data hasil pemasaran mulai dari berapa banyak orang yang terpapar iklan, berapa banyak yang melakukan kunjungan, atau berapa banyak yang melakukan pembelian. Dari data tersebut dapat dihitung ROI (Return Of Invesment) yang diperoleh. Artinya pemasar dapat menghitung pendapatan yang diperoleh melalui pemasaran digital dengan suatu biaya tertentu. Sehingga proses evaluasi lebih mudah untuk dilakukan untuk menilai apakah aktivitas pemasaran tersebut efektif dan layak dipertahankan, ataukah harus mencari jenis kegiatan yang lain.

Keunggulan Pemasaran Lewat Digital Marketing VS Konvensional

3. Penyampaian Informasi Lebih Cepat

Data digital lebih mudah diganti dan diperbarui. Oleh karena itu pesan atau iklan yang disampaikan melalui media digital lebih mudah untuk diperbarui. Selain lebih mudah, pembaruan atau penggantian informasi bisa lebih cepat dilakukan. Misalnya informasi terkait produk atau promosi yang anda sampaikan melalui website resmi ingin diubah, anda bisa melakukan perubahan saat itu juga. Berbeda dengan marketing konvensional, pembaruan informasi lebih sulit dilakukan karena media tersebut bukan milik perusahaan. Sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu perusahaan juga harus mengikuti jadwal sang pemilik media untuk melakukan update informasi.

4. Biaya Yang Dikeluarkan Lebih Murah

Seiring dengan kelebihan menggunakan digital marketing melalui jasa agency yang disampaikan pada poin pertama, bahwa jenis pemasaran ini memiliki jangkauan yang lebih luas, kegiatan pemasaran melalui media digital terbilang relatif lebih murah dibandingkan dengan metode marketing konvensional. Misalnya, pemasaran melalui media TV, Billboard, atau koran, dibutuhkan biaya ratusan hingga milyaran rupiah. Sedangkan pemasaran melalui media digital bisa dimulai dari angka puluhan ribu rupiah. Terlebih pemasar dapat memilih kelompok atau target tertentu.

Itulah beberapa kelebihan digital marketing jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Sebagai pemasar anda harus mengetahui hal-hal di atas agar dapat memaksimalkan kegiatan pemasaran yang akan anda jalankan. Jika anda akan menjalankan kegiatan pemasaran melalui media digital, lebih baik untuk bekerja sama dengan sebuah digital marketing agency seperti Handisetyadi.com agar kegiatan pemasaran yang dijalankan lebih baik, efektif, dan tearah.