June 23, 2020

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Webinar

Ingin tahu apa saja lebih dan kurangnya webinar. Silahkan baca artikel berikut.
Event Organizer

Di era teknologi, hampir semua hal yang nampak mustahil dapat dilakukan. Mulai dari terbang, belanja tanpa pergi ke pasar, hingga berkumpul dan berdiskusi dari rumah masing-masing. Webinar adalah salah satu perwujudan ketidakmungkinan yang jadi nyata itu. Memindahkan seminar dari sebuah lokasi fisik, menjadi digital. Sehingga semua orang dapat mengaksesnya dari manapun, selama ada koneksi internet. Tapi tentu tidak ada hal yang sempurna. Sebaik-baik teknologi melaksanakan tugasnya, masih ada kelemahan dan hal-hal yang tak dapat diberikan. Di artikel ini kita akan bedah dan pelajari bersama, apa saja lebih dan kurangnya webinar itu. Mari kita mulai.

Kelebihannya

Beragam kelebihan dan kemudahan ditawarkan pada anda. Manfaat utama yang didapatkan adalah kemudahan. Sebagaimana manfaat yang semua teknologi janjikan. Menjadikan hidup manusia menjadi lebih mudah. Anda bisa menemukan manfaat-manfaat beragam manfaat berikut ketika melaksanakan webinar dengan maksimal melalui kerjasama dengan EO professional.

1. Peluang memanen Leads secara lebih luas. Apabila dilaksanakan dengan profesional, kamu bisa memaksimalkan penetrasi informasi yang ingin kamu promosikan pada publik. Dan kamu dapat mengetahui seberapa banyak orang-orang yang tertarik dengan informasi yang kamu promosikan terlepas dari dimensi jarak.

2. Jangkauan luas. Tentu saja karena dilaksanakan di internet akan membuat jangkauan acaramu menjadi jauh lebih luas. Acaramu bisa diakses dari manapun, lintas kota, lintas negara. Selama masih ada akses internet.

3. Flekibel dan hemat. Jika dibandingkan dengan mengadakan seminar biasa, melaksanakan webinar jauh lebih murah. Anda tak perlu keluar uang sewa tempat, atur dekorasi, atau bayar akomodasi dan transport pemateri.

4. Pelaksanaan acara dapat direkam, sehingga peserta dapat memutar ulang rekaman tersebut apabila membutuhkan informasi darinya.

Namun untuk mendapatkan manfaatnya anda harus memastikan acara anda digelar dengan profesional. Bekerjasama dengan EO untuk menyelenggarakan webinar juga akan membuat acara anda menjadi semakin luas pemirsanya, karena mereka memiliki jejaring luas dan pemirsa setia yang bermanfaat untuk anda.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Webinar

Kekurangannya

Tentu saja tak ada gading yang tak retak. Begitu juga webinar, meskipun memberikan kemudahan, keluasan jangkauan fleksibilitas dan penghematan. Ada saja hal-hal yang tak bisa diberikan oleh teknologi ini. Kelemahan itu antara lain.

1. Sangat bergantung pada koneksi internet. Sedangkan kecepatan internet di setiap daerah dan tiap negara itu berbeda.

2. Boros penggunaan data internet. Untuk satu kali webinar dengan durasi dua sampai tiga jam dibutuhkan data hingga 2 GB.

3. Sangat bergantung pada kualitas gawai yang kita gunakan. Tentu sangat tidak nyaman bila menghadirinya menggunakan ponsel. Minimalnya, peserta perlu menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi tertentu agar lancar mengikuti jalannya acara.

4. Tidak optimal menyerap informasi. Pengalaman penyerapan informasi hanya mengandalkan indera pengelihatan dan pendengaran saja. Tentu tidak seoptimal apabila kita menghadiri langsung seminar dan melakukan praktik.

5. Interaksi dan membangun relasi terbatas. Peserta tidak bisa saling bersalaman atau berkenalan dengan sesamanya.

6. Keterikatan antara peserta dan penyelenggara tak sekuat acara “di darat”. Mungkin karena harganya yang kebanyakan murah menjadikan keterikatan peserta dengan penyelenggara menjadi terkikis.

Perlu benar-benar dipersiapkan dan diselenggarakan dengan EO profesional untuk Webinar seperti Hanindo agar digelar dapat memberikan dampak yang sesuai harapan anda. Oleh karenanya jangan sampai anda menawar-nawar kualitas dan profesionalitas eksekusi acara anda.