August 31, 2019

Bingung Tentukan Desain untuk Company Profile?

Cari Tahu 5 Komponen Penting Pembuatan Desain Company Profile
Creative Media

Company profile merupakan salah satu bagian yang mencerminkan seperti apa rupa sebuah perusahaan. Sebagai media informasi pertama yang ditunjukkan, customer atau pelanggan dapat menilai apakah perusahaan tersebut berjalan bagus atau tidak.

Sebagai bagian dari strategi pemasaran, desain pada company profile diperlukan untuk mendukung promosi. Hal ini dilakukan guna menarik calon pelanggan dalam membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Di samping itu, company profile ini juga merupakan wadah untuk membangun komunikasi dengan pelanggan. Anda tidak perlu menjelaskan lagi, karena pelanggan akan melihatnya sendiri melalui company profile, namun hal ini sangat ditentukan oleh desain pada profil itu sendiri.

Mengenal Komponen Penting Pada Desain Company Profile

Selain dari bagian identitas perusahaan, company profile juga berguna sebagai alat marketing untuk menjual produk ataupun jasa. Oleh karena itu, agar dapat menarik perhatian calon pelanggan, desain company profile harus diperhatikan. Paling tidak harus bisa mencerminkan citra yang berkelas, profesional, dan mampu menggiring mereka produk atau jasa Anda.

Suatu company profile akan terlihat menarik dan meyakinkan jika didukung oleh pembuatan desain yang dibuat oleh para ahli profesional. Desain dirancang oleh seorang yang ahli dan berpengalaman atau melalui creative agency.

Ditangan seorang desainer company profile atau creative agency, ia akan memperhatikan komponen penting agar tak menghilangkan ciri khas dan identitas perusahaan. Sebelum dicetak sebagai hasil yang akan disebarluaskan ke pasaran, seorang desainer harus mempelajari lebih lanjut agar mendapatkan ide untuk rancangan desain.

Ada beberapa komponen yang biasanya terlampir di dalam company profile. Diantara keseluruhan komponen tersebut, ada lima elemen yang paling penting untuk dicantumkan didalamnya. Simak ulasan dibawah ini :

1. Desain Cover

Sebagai sampul halaman depan, desain yang dibuat harus menarik dan tidak terlalu monoton. Buatlah desain yang sederhana namun tampak profesional dan berkelas.

Dalam membuat desain cover ini, hal yang perlu dicantumkan adalah logo perusahaan selain dari rancangan gambar sampul itu sendiri. Pencantuman logo ini adalah simbol yang penting sebagai bagian yang mencirikan perusahaan. Boleh juga menambahkan tagline di salah satu sisinya.

2. Sejarah Perusahaan

Latar belakang atau biasa disebut dengan kolom Tentang Kami (About Us) atas berdirinya sebuah perusahaan dijabarkan dalam komponen ini. Anda dapat menyisipkan gambar desain yang mencerminkan sejarah perusahaan di awal atau diantara narasinya.

Mengenai teks tentang sejarah ini, dapat dijelaskan mulai dari tahun pada awal berdiri tentang bagaimana sebuah perusahaan terbentuk dari nol hingga berkembang dan memiliki cabang di beberapa tempat (jika ada). Dalam komponen ini, boleh juga dicantumkan foto para profil pendiri dan jajaran direksi yang aktif serta berperan penting dalam perusahaan

3. Visi dan Misi Perusahaan

Visi dan Misi adalah hal wajib yang dimiliki oleh perusahaan. Keduanya menjadi tolak ukur dalam mencapai hasil serta meningkatkan kualitas dari perusahaan tersebut. Penggambaran visi dan misi dapat disesuaikan dengan desain yang mencerminkan nilai-nilai yang dipegang teguh oleh perusahaan.

4. Produk atau Jasa Perusahaan

Apa yang dijual dari suatu perusahaan adalah sumber olahan untuk mendapatkan keuntungan dan penghasilan. Produk ataupun jasa adalah dua jenis pilihan yang dapat diambil untuk kepentingan itu. Jangan lupa juga mencantumkan hal ini dalam company profile perusahaan Anda.

5. Kontak Informasi

Agar mudah dihubungi terkait produk dan jasa yang dipromosikan, kontak informasi sebuah perusahaan juga tidak kalah penting untuk dicantumkan. Kontak informasi biasanya berupa nomor telepon, alamat dan cabang perusahaan, email, hingga hotline customer care.

Bingung Tentukan Desain untuk Company Profile?

Komponen-komponen tersebut tidak bisa dilupakan begitu saja demi hasil desain yang maksimal dan memuaskan. Desain yang bagus dan rapi serta tidak kaku akan membuat calon pelanggan tertarik untuk membacanya. Dan akhirnya perusahaan Anda akan memiliki citra yang profesional dan berkelas. Namun, dalam pembuatan company profile hendaknya Anda bekerjasama dengan creative agency professional seperti Hanindo. Karena Hanindo dipercaya oleh banyak perusahaan untuk membuat company profile.