August 30, 2019

Apa Perbedaan Prospektus Ringkas dengan Prospektus? (Adira)

Sudah tahukah Anda perbedaan lain dari prospektus ringkas atau ringkasan prospektus dengan prospektus? Simak artikel berikut
Advertising

Prospektus berarti dokumen tertulis final yang dipersiapkan oleh perseroan bersama sama dengan penjamin pelaksana emisi efek yang memuat seluruh informasi maupun fakta-fakta penting yang relevan mengenai perseroan dan saham yang ditawarkan dalam bentuk dan substansi sesuai dengan lampiran keputusan ketua BAPEPAM No. Kep-51/PM/1996 Tanggal 17 Januari 1996 tentang pedoman mengenai bentuk dan isi prospektus dalam rangka penawaran umum.

biro iklan prospektus ringkas dari Hanindo
Prospektus Ringkas

Perbedaan Prospektus Ringkas dengan Prospektus

Lalu sudah tahukah Anda perbedaan lain dari prospektus ringkas atau ringkasan prospektus dengan prospektus? Simak artikel berikut agar Anda lebih memahaminya.  

Prospektus Ringkas, merupakan ringkasan penting dari Buku Prospektus yang dilayout dalam bentuk iklan yang wajib dipublikasikan di media cetak berperedaran nasional sesuai dengan ketentuan OJK. Sesuai dengan ketentuan OJK bahwa prospektus ringkas wajib dipublikasikan ke media cetak berperedaran nasional paling lambat 2 hari kerja setelah mendapat surat ijin dari OJK.

Publikasi prospektus ringkas bertujuan untuk memberikan informasi awal kepada publik/calon investor untuk mendapatkan informasi awal baik mengenai profil maupun kinerja perusahaan yang akan melakukan penawaran umum saham atau penawaran umum obligasi. Selanjutnya calon investor dapat menghadiri acara Public Expose/Investor Gathering untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap melalui buku prospektus maupun materi presentasi.

Buku Prospektus

Setelah mengetahui ringkasan prospektus, kini saatnya Anda menyimak seluk beluk buku prospektus. Buku prospektus  terdiri dari prospektus awal dan prospektus final.  

jasa prospektus cetak dari Hanindo
Buku Prospektus

Prospektus awal dibuat untuk memberikan informasi lengkap kepada calon investor, yang dibagikan pada saat acara Public Expose/Investor Gathering perusahaan yang akan melakukan penawaran umum Saham/Obligasi. Tujuannya untuk memberikan informasi lebih detil kepada calon investor sebelum masa book building. Dengan informasi yang lengkap diharapkan pada saat masa book building, calon investor sudah dapat menentukan seberapa besar alokasi dana yang akan diinvestasikan memalui saham/obligasi tersebut.

Dalam Prospektus Awal belum menyertakan informasi tingkat suku bunga obligasi, nilai nominal, penjaminan emisi efek, jumlah dan harga penawaran efek, dan informasi lain yang berhubungan dengan syarat penawaran yang belum ditentukan.

Sedangkan prospektus final merupakan prospektus yang siap dipublikasikan setelah Pernyataan Pendaftaran dinyatakan efektif. Prospektus Final harus berisi beberapa informasi sebagai berikut:

  1. Penawaran Umum
  2. Rencana Penggunaan Dana
  3. Pernyataan Hutang
  4. Ikhtisar Data Keuangan Penting
  5. Analisis dan Pembahasan oleh Manajemen
  6. Resiko Usaha
  7. Kejadian Penting
  8. Keterangan Tentang Perseroan dan Entitas Anak
  9. Kegiatan dan Prospek Usaha Perseroan dan Entitas Anak
  10. Peraturan Mengenai Industri
  11. Ekuitas
  12. Kebijakan Deviden
  13. Perpajakan
  14. Penjamin emisi efek
  15. Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal
  16. Pendapat dari segi hukum
  17. Laporan Auditor Independen dan Laporan Keuangan Konsolidasian
  18. Anggaran dasar
  19. Persyaratan pemesanan pembelian saham / Obligasi
  20. Penyebarluasan prospektus dan formulir pemesanan pembelian saham / Obligasi

Hanindo sebagai agency advertising di jakarta maupun percetakan telah dipercayakan ratusan perusahaan terbuka untuk mengerjakan prospektus ringkas maupun buku prospektus. Salah satunya adalah perusahaan Adira, yang juga mempercayakan kami untuk membuat buku prospektus maupun prospektus ringkas . Berbagai media cetak pun kami handle dari Kompas hingga Bisnis Indonesia.