December 21, 2019

Apa Itu Initial Public Offering (IPO)?

Sebelum terjun ke dunia saham, cari tahu dulu apa itu IPO lewat artikel ini.
Event Organizer

Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar IPO atau yang lebih dikenal dengan Initial Public Offering. Istilah yang satu ini banyak ditemukan di dunia saham. Memahami hal yang public offering dalam pasar modal adalah hal yang sangat mendasar. Saat Anda  sudah memahami tentang IPO ini, maka Anda bisa saja mulai mendapatkan keuntungan.

Anda bisa saja mencapai apa yang disebut dengan kebebasan finansial. Memahami mekanisme IPO suatu perusahaan juga diperlukan, terutama bagi pihak yang terkait dengan saham tersebut.  Selain dari IPO ada juga istilah lain yang harus dipahami dan ada di dunia saham yaitu public Expose. Keduanya memiliki definisi yang berbeda.

Definisi Initial Public Offering (IPO)

Anda pasti sudah paham bahwa hampir setiap perusahaan yang besar selalu dikaitkan dengan saham. Initial Public Offering (IPO) adalah saham dari suatu perusahaan yang dilepaskan untuk dijual ke masyarakat maupun khalayak publik. Pelepasan dari saham tersebut disebabkan oleh mencegah terjadinya penguasaan saham secara sepihak.

Perusahaan yang melakukan IPO ini dijuluki dengan perusahaan yang Go Publik. Ada keuntungan lain yang dapat diperoleh perusahaan dengan melakukan Go Public ini. Keuntungan yang pertama adalah mudah menaikkan modal di masa depan. Perusahaan apapun pasti memerlukan pendanaan yang kuat bila ingin berkembang dengan cepat.

Saat suatu perusahaan tidak Go Public, biasanya akan mengalami kesulitan dalam mencari investor. Hal tersebut disebabkan oleh ketidak terbukaan dari segi informasi keuangan antara pemilik perusahaan dengan investor. Hal ini berkebalikan dengan perusahaan yang Go Public, sehingga informasi keuangan harus dilaporkan secara regular kepada akuntan publik.

Definisi Public Expose

Anda sudah memahami tentang IPO, sehingga Anda sekarang perlu paham definisi dari Public Expose. Pengertian dari Public Expose ini adalah pembagian informasi kepada public tentang kinerja perusahaan dalam waktu setidaknya sekali dalam setahun. Salah satu badan yang menangani proses pencatatan ini adalah BEI dengan cara LIVE.

Apa Itu Initial Public Offering (IPO)?

Tujuan IPO dalam Suatu Perusahaan

Perusahaan yang melakukan IPO memiliki tujuan tertentu. Tujuan Initial Public Offering paling tidak ada lima macam. SUdah pasti ini akan menentukan tingkat perkembangan dari perusahaan tersebut dengan menjalankan IPO.

1. Mudah Mencari Dana

IPO yang berkaitan dengan pelepasan saham ke public akan mempermudah perusahaan dalam mencari investor. Cara ini dianggap lebih baik daripada harus mengeluarkan obligasi maupun pinjam ke bank yang notabene dengan beban bunga yang tinggi.

2. Kinerja Perusahaan Menjadi Lebih Baik

Perolehan dana yang mudah akan membuat perusahaan lebih mudah dalam membayar hutang. Proses ini secara tidak langsung akan membuat perusahaan lebih rajin dalam membuat laporan keuangan dan melakukan update secara rutin.

3. Berpotensi untuk Tumbuh dengan Cepat

Saat perusahaan ingin membuka suatu cabang, biasanya memerlukan dana tambahan dalam jumlah besar. Sumber dana bisa lebih leluasa saat tidak hanya berasal dari internal, melainkan dari investor juga. Proses ekspansi bisa diberlangsungkan dengan lebih cepat menggunakan metode ini.

4. Mengangkat Citra Perusahaan

Setiap perusahaan public akan cenderung lebih disorot oleh masyarakat. Hal ini membuat perusahaan harus mampu mengelola diri dengan baik, karena langsung disorot oleh masyarakat. Citra perusahaan dalam hal ini tidak lagi berkaitan dengan marketing dan murni berkat kinerjanya.

5. Mampu Mengangkat Nilai Perusahaan secara Menyeluruh

Saat citra suatu perusahaan baik berarti mencerminkan kinerjanya yang baik. Hal ini akan berdampak langsung pada nilai sahamnya, sehingga dapat terjadi peningkatan. Hal ini mampu mempermudah perusahaan kembali dalam mencari para investor tambahan.

Apa Itu Initial Public Offering (IPO)?

Apabila Anda juga tergabung dalam komunitas saham, maka Anda bisa membagikan hal ini melalui media sosial Anda. Artikel ini sangat cocok saat ada teman Anda yang juga berminat untuk terjun ke dunia saham. Pastinya ada ilmu lain yang harus dipelajari sebelum bermain saham, selain IPO dan Public Expose ini. Itulah mengapa Anda harus terus belajar mengenai istilah Initial Public Offer

Adapun dalam menyelenggarakan IPO, banyak perusahaan akan membutuhkan bantuan Event Organizer di Jakarta. Hanindo sebagai Event Organizer professional yang telah bergerak lama akan membantu Anda dalam menyelenggarakan IPO. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Hanindo.