June 21, 2020

Apa Itu Digital Marketing? Pengertian, Jenis, Dan Manfaat

Kenali pengertian, jenis dan manfaat digital marketing untuk melakukan pemasaran lebih efektif dengan hasil yang lebih besar.
Digital Marketing

Semakin berkembang dan maraknya media digital telah melahirkan media baru sebagai wahana menjalankan strategi pemasaran. Media digital yang semakin hari semakin banyak diakses oleh masyarakat, membuat potensi pemasaran digital semakin besar. Didukung oleh sifat media digital yang tidak mengenal batasan ruang dan waktu serta biaya yang cukup terjangkau, membuat media ini semakin digemari oleh pemasar. Berikut penjelasan terkait pengertian, jenis, dan manfaat digital marketing untuk bisnis.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan sebuah serangkaian usaha memasarkan produk dan atau jasa melalui media online (digital) atau internet. Serangkaian usaha tersebut bertujuan untuk mencapai target pasar yang diinginkan, dan membanjiri mereka dengan berbagai informasi dan promosi. Para pemasar mempergunakan berbagai fitur yang ditawarkan oleh internet untuk menyampaikan pesan kepada konsumen dan calon konsumen. Pesan yang disampaikan dapat berupa teks, gambar, video maupun audio yang diproduksi dalam format digital dan diunggah ke laman dunia digital. Laman tersebut dapat berupa website, media sosial, marketplace, dan bentuk yang lainnya.

Apa Itu Digital Marketing? Pengertian, Jenis, Dan Manfaat

Jenis Digital Marketing

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut beberapa jenis digital marketing yang ditawarkan oleh agency dan secara umum dijalankan oleh para pemasar:

• Website – Situs Online

Untuk memulai aktivitas pemasaran digital, sebuah usaha harus memiliki website atau situs resmi sendiri. Website berfungsi sebagai sarana komunikasi antara perusahaan dan konsumen. Selain itu website berisi berbagai informasi terkait produk dan promosi. Kehadiran website juga berfungsi sebagai rumah atau halaman rujukan untuk semua aktivitas pemasaran yang dijalankan. Selain itu, calon konsumen pada umumnya menilai keabsahan sebuah perusahaan dengan melihat website resmi perusahaan tersebut.

• Search Engine Optimization (SEO)

Setiap aktivitas dalam dunia digital, dimulai dari halaman serach engine seperti Google. Salah satu jenis digital marketing yang bisa dijalankan adalah mengoptimalkan mesin pencari ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah berupaya untuk meningkatkan kemungkinan agar website atau situs resmi perusahaan muncul pada halaman utama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Sehingga kesadaran masyarakt terhadap perusahaan semakin tinggi.

• Media Sosial

Merupakan jenis pemasaran digital yang akhir-akhir ini sangat diminati pemasar karena media sosial diakses oleh jutaan orang setiap menitnya. Media sosial seperti Facebook atau Instagram bahkan memberikan fitur bagi pemasar untuk melakukan pemasaran dengan cara yang mudah dan harga yang terjangkau. Misalnya pada Instagram, mulai dengan Rp 10.000,- pemasar sudah bisa menikmati fitur promosi dengan memilih suatu target konsumen tertentu.

• Video

Semakin berkembangnya media internet, membuat fitur yang ditawarkan menjadi sangat beragam. Salah satu fitur yang tengah naik daun saat ini adalah situs untuk menonton. Situs menonton online seperti Youtube atau sejenisnya dapat menjadi ladang subur untuk melakukan digital marketing. Pasalnya situs penyedia video online semacam ini diakses oleh jutaan orang setiap harinya, dan jutaan video dapat diputar setiap harinya.

Apa Itu Digital Marketing? Pengertian, Jenis, Dan Manfaat

Manfaat Digital Marketing

Dari berbagai jenis digital marketing yang telah dijelaskan di atas, mampu menawarkan manfaat bagi perkembangan bisnis. Berikut manfaat pemasaran digital secara umum :

• Sifat dari media digital yang tidak mengenal batasan ruang membuat pesan yang disampaikan mampu menjangkau masyarakat global.

• Salah satu keistimewaan pemasaran digital adalah mudahnya melakukan pengukuran. Artinya, hasil atau dampak yang diperoleh dari proses pemasaran digital dapat dihitung dan diukur. Sehingga lebih mudah untuk melakukan evaluasi dan menemukan strategi pemasaran yang lebih baik.

• Pembaruan informasi terkait produk dan promosi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan.

• Biaya pemasaran yang dikeluarkan relative lebih kecil.

Itulah penjelasan terkait apa yang dimaksud dengan digital marketing, apa saja jenisnya, dan apa manfaat yang ditawarkan bagi pemasar. Sehingga anda sebagai pemasar dapat mulai merencanakan strategi pemasaran yang lebih baik untuk mengembangkan bisnis anda dan memilih digital marketing agency terbaik seperti Handisetyadi.com untuk membantu proses pemasaran digital bisnis anda.