July 17, 2021

5 tips yang Perlu Diperhatikan untuk Launching Produk via Webinar

Anda bisa memenangkan persaingan dengan strategi marketing yang tepat, simak pada artikel berikut.
Event Organizer

Tak bisa dipungkiri, dunia online itu gampang-gampang susah. Apalagi persaingan kian hari semakin ketat, begitu pun dengan hal-hal penting yang harus diurus. Mulai dari strategi marketing, launching produk, kualitas produk, harga produk bahkan hingga menyentuh webinar dan customer service.  Meski begitu, Anda bisa memenangkan persaingan dengan strategi marketing yang tepat. Inilah yang melatarbelakangi sebuah bisnis online untuk mencari strategi marketing yang relevan dengan zaman dan stand out dari kompetitor.  Kalau Anda sedang mencari strategi marketing yang tepat di tahun 2021 ini, maka Anda harus mempelajari yang namanya webinar. Jadi, apa itu webinar?

Apa Itu Webinar Marketing?

Webinar adalah sebuah konsep acara yang diadakan secara online. Webinar bisa dilakukan dengan berbagai format untuk kepentingan tertentu, seperti workshop, seminar, talkshow, dan masih banyak lagi. Adapun peralatan yang dibutuhkan tidaklah sulit, cukup sediakan kamera dan koneksi internet yang stabil. Kini webinar menjadi salah satu strategi pemasaran paling efektif dan efisien. Dimana Anda tetap bisa membangun engagement dengan calon konsumen secara personal dan interaktif. Acara ini pun dilakukan secara bersamaan, dengan audiens yang cukup banyak. Melalui webinar, tentunya strategi pemasaran yang Anda lakukan lebih berkualitas pun mencakup kuantitas secara bersamaan.

5 tips yang Perlu Diperhatikan untuk Launching Produk via Webinar

Berikut 5 Tips Melakukan Pemasaran Melalui Strategi Marketing

  • Angkat Tema yang Bisa Jadi Solusi

Sebelum menyelenggarakan webinar untuk promosi bisnis, tentukan terlebih dahulu tema yang pas dan menarik. Pilih tema yang bisa menjawab segala permasalahan saat ini. Dengan begitu, audiens pun dapat menemukan solusi untuk setiap permasalahan yang dihadapi dari mengikuti webinar Anda.

  • Interaktif Dengan Audiens

Di hari webinar berlangsung, jangan lupa libatkan para audiens didalamnya. Karenanya, hindari sesi webinar yang terlalu panjang, cukup 50-60 menit untuk kategori standar. Dimana didalamnya, sudah mencangkup sesi tanya jawab. Untuk itu, jangan lupa sediakan kotak khusus obrolan terkait komentar, pertanyaan dan masalah yang mereka hadapi. 

  • Promosikan Secara Maksimal

Jangan lupa gunakan seluruh media sosial mu agar informasinya tersebar luas. Ajak pula relasimu untuk ikut mempromosikan acara tersebut dan mintalah mereka untuk mengajak teman-temannya. Dengan strategi cara promosi webinar, pastinya akan ada orang-orang baru yang tertarik dan mengikuti event yang Anda selenggarakan. 

  • Lakukan Pengujian Streaming

Sebelum memulai sesi webinar dengan banyak audiens, sebaiknya lakukan pelatihan streaming dengan tim Anda terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan agar seminar online Anda berjalan lancar, mulai dari koneksi yang stabil, audio yang jelas, materi yang dibagikan melalui screen dan kepentingan lainnya. Persipkan pula fitur tertentu agar webinar Anda berjalan khusyu dan tak membosankan. Misalnya di webinar Zoom dan Youtube yang menyediakan kolom chatting untuk membuka sesi tanya jawab, komentar dan lain sebagainya. Tetap waspada pada hal-hal yang tak terduga seperti koneksi yang mungkin saja terputus, hingga pemilihan kamera yang tepat agar kualitas visualnya tetap bagus, sehingga audiens pun merasa nyaman. 

  • Buat Penawaran yang Tidak Dapat Ditolak

Pahami apa yang menjadi kebutuhan konsumen dan lakukan penawaran khusus yang tak bisa mereka tolak. Ubahlah mindset mereka bahwa penawaran Anda memanglah yang terbaik. Entah itu dari segi keuntungannya, hingga solusi-solusi yang dapat memecahkan permasalahan mereka. Misalnya jika Anda memasarkan jasa kursus online, maka Anda bisa menawarkan sebuah topik yang sulit dipahami oleh konsumen. Nah dengan solusi sederhana, pastinya Anda bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. Cara lainnya dalam meningkatkan leads atau penjualan adalah dengan menawarkan teaser/part webinar gratis namun terbatas kuotanya. Anda bisa mengirim info ini melalui email, namun pastikan ada tautan replay video yang berlaku hingga 48 jam. 

Nah, itulah beberapa informasi yang harus Anda pahami sebelum melangsungkan webinar untuk kepentingan bisnis, seperti launching produk, branding, promosi dan masih banyak lagi. Pastikan pula memilih portal webinar yang tepat atau sekedar memilih jasa event organizer terbaik seperti Hanindo. Sekian, semoga bermanfaat!