May 30, 2020

5 Tips Agar Launching Produk Baru Berjalan Sukses

Supaya acara product launching yang digelar perusahaan sukses besar, ada baiknya memperhatikan beberapa tips penting berikut ini.
Event Organizer

Ketika sebuah perusahaan akan merilis produk baru ke pasaran, maka perusahaan ini biasanya akan mengadakan acara pengenalan produk tersebut terlebih dahulu. Acara yang lebih familiar disebut dengan istilah product launching ini bertujuan agar produk tersebut dapat dikenal baik oleh masyarakat. Sehingga banyak yang kemudian tertarik untuk mencoba atau membelinya.

Tips Sukses Menggelar New Product Launch

Agar acara launching produk baru berjalan lancar, ternyata tidak bisa asal menggelar acara. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, yakni :

1. Menyesuaikan Kondisi Budget

Semakin unik dan kreatif acara launching produk baru digelar maka biasanya akan semakin mudah menarik minat publik. Untuk membuatnya unik dan kreatif, tidak melulu harus menganggarkan budget fantastis. Sebab, efektifitas dari acara launching ini pada dasarnya dipengaruhi oleh kualitas dan manfaat dari produk itu sendiri. Oleh sebab, itu tidak ada salahnya Anda mencoba realistis dengan kondisi budget yang ada. Jika memang budget terbatas, lebih baik membuat acara skala kecil agar pengeluaran lebih hemat. Apabila ditata dengan baik, acara skala kecilpun tetap dapat berjalan lancar dan diminati publik.

2. Memberi Briefing Pada Tim

Sebuah acara launching produk baru tentu akan melibatkan banyak pihak, baik internal perusahaan maupun eksternal. Nah, untuk bisa sukses dalam menggelar acara ini sebaiknya tidak asal percaya pada keahlian tim. Berikan briefing untuk memastikan semua tim berada dalam satu frekuensi, sehingga bisa saling membantu satu sama lain demi suksesnya acara.

3. Merumuskan Konsep Acara

Kesuksesan acara launching produk baru juga dipengaruhi oleh konsep dari acara itu sendiri. Semakin menarik konsepnya sekaligus semakin sesuai dengan kondisi konsumen maka ketertarikan untuk membeli produknya akan tinggi. Maka penting sekali untuk menentukan konsep acara yang tepat dari awal, supaya tujuan tersebut bisa tercapai.

5 Tips Agar Launching Produk Baru Berjalan Sukses

4. Menyebarkan Undangan

Suksesnya acara launching prodyk baru pastinya dipengaruhi oleh seberapa besar antusiasme masyarakat untuk datang. Maka kebanyakan perusahaan menyiapkan anggaran untuk mengirimkan undangan. Supaya minat untuk datang semakin tinggi, sebaiknya mengirimkan undangan dengan cara yang unik dan menarik, contohnya dengan memanfaatkan media sosial atau mengirimkan undangan personal yang dilengkapi sampel produk.

5. Menentukan Lokasi Acara

Demi kesuksesan acara product launching perusahaan dapat bekerjasama dengan EO, tentunya pemilihan lokasi yang tepat menjadi salah satu pertimbangan utama. Jika ruang gedung maupun halaman perusahaan Anda tidak mendukung, artinya Anda perlu menyewa lokasi lain. Pastikan memilih lokasi yang memang bagus, yakni tidak terlalu besar karena menyebabkan pemborosan dana. Namun, tidak juga terlalu sempit sehingga membuat undangan tidak nyaman berada di lokasi. Jangan lupa pertimbangkan soal strategis tidaknya lokasi launching digelar, semakin strategis maka semakin baik. Supaya para undangan tidak merasa harus berjuang keras untuk sampai di lokasi karena lokasi tersebut terkenal macet misalnya yang membuat mereka malas untuk datang.

Bijak Memilih Event Organizer

Jika Anda memiliki kererbatasan dalam ide rancangan maupun pelaksanaan acara launching produk baru, maka tidak ada salahnya untuk menyewa jasa Event Organizer atau EO. EO dapat membantu Anda untuk memilih lokasi, mendekor ruangan dengan menarik, membuat rundown acara, menyediakan sound system, dan lain sebagainya. Carilah jasa EO yang memang profesional sekaligus sesuai dengan anggaran yang tersedia agar acara berjalan dengan sukses. Anda bisa mempercayakan Hanindo pastinya untuk melaksanakan launching produk baru.

Besarnya efek yang ditimbulkan oleh acara product launching membuatnya perlu dipersiapkan dengan matang. Dengan memperhatikan berbagai tips yang dijelaskan di atas, semoga Anda bisa menggelar acara launching produk baru yang sukses besar dan membawa keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.