March 31, 2021

5 Rahasia Sukses Webinar Perusahaan untuk Publik

Tak boleh disepelekan, webinar harus dipersiapkan dengan baik.
Event Organizer

Di masa pandemi seperti ini, semua perusahaan harus memutar otak untuk melakukan kegiatanpemasaran yang minim interaksi secara langsung. Namun, ternyata tidak semudah yang dibayangkan, karena jika salah langkah maka hasinya juga nihil. Nah, cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pemasaran adalah dengan webinar atau seminar online. Ya, benar, salah satu cara untuk bisa mempertahankan bisnis di era pandemi ini adalah denganmemanfaatkan teknologi berbasis digital. Lantas, bagaimana cara membuat webinar yang sukses? Anda bisa menyimak informasi seputar cara menyelenggarakan webinar agar hasilnyamemuaskan berikut ini:

Daftar Cara Membuat Webinar Perusahaan

Membuat webinar memang susah-susah gampang, yang mana gampangnya adalah tidak begitubanyak biaya dan susahnya adalah kesulitan menarik audiens untuk mengikuti webinar. Namun, tidak ada yang tidak mungkin, begitu juga dalam menyelenggarakan webinar yang sukses, sehingga Anda perlu menyimak cara membuat webinar di bawah ini:

1. Ketahui Tujuan Anda

Apalah arti webinar jika Anda tidak memiliki tujuan, pastinya hasilnya tidak akan sesuaidengan bayangan. Nah, untuk membuat webinar yang sukses, Anda perlu mengetahui apatujuan diadakannya webinar ini untuk perusahaan. Contohnya saja webinar diadakan untuk memperkenalkan produk dalam rangka launching, memperkuat branding, ataupun tujuan lainnya. Mengapa harus menentukan tujuan? Karena tujuan ini akan menjadi pedoman Anda untuk menyiapkan semua hal untuk webinar, mulaidari tema, materi, dan lain sebagainya.  

2. Kenali Audiens

Cara membuat webinar selanjutnya adalah dengan mengenali audiens, karena jika adaaudiens percuma saja Anda mengadakan acara ini. Mengenali audiens dapat membantuAnda untuk menentukan langkah selanjutnya, agar webinar bisa sesuai dengan calonaudiensa Anda. Nah, misalnya audiens Anda datang dari golongan anak-anak remaja, maka kemaslahwebinar dengan konsep yang menyenangkan agar bisa memuaskan audiens. Dengan begitu, audiens akan banyak yang mengikuti seminar online perusahaan Anda, atau bahkan akanmencintai apa yang perusahaan persembahkan.

3. Perencanaan dan Persiapan yang Matang

Esekusi memang hal yang penting, namun perencanaan dan persiapan juga menjadi halpenting yang perlu diperhatikan dalam webinar. Buatlah daftar apa saja yang ingin Anda persembahkan kepada audiens agar tidak terlewat satupun. Tentukan dan mantapkan topik maupun materi yang akan disampaikan, kemudian tentukanwaktu webinar, hingga platform apa yang akan digunakan dalam penyelenggaraan nanti. Pastikan Anda mempertimbangkan hal-hal yang telah disebutkan sebelumya dengan baikdan matang.

4. Publikasikan Seminar Online (Webinar)

Untuk mendapatkan audiens yang sesuai dengan target Anda, maka hal yang perlu dilakukansebelum pelaksanaan seminar online adalah mempublikasikan webinar. Anda bisamemanfaatkan semua platform yang berpotensi dalam menjangkau audiens dalam jumlah banyak. Misalnya saja Anda bisa menggunakan aneka macam social media, website, blog, maupunpesan broadcast, dan lain sebagainya. Semakin banyak tempat yang dijadikan publikasi, maka akan semakin berpeluang pula webinar perusahaan Anda akan mendapatkan audisensdalam jumlah besar.

5. Persiapkan Mental

Tak hanya persiapan dalam bentuk fisik saja yang harus Anda lakukan, karena dalammenyelenggarakan seminar online, mental juga perlu dipersiapkan. Ada banyak hal yang bisa memperkuat mental, yakni dengan banyak melakukan latihan, baik dalammempresentasikan materi maupun berbicara dan menjawab pertanyaan dari audiens. Denganmental yang siap, maka webinar juga akan lebih siap diselenggarakan pada waktunya.

Dengan melakukan satu per satu cara membuat webinar di atas, maka event digital perusahaanpasti bisa berjalan lancar. Tak hanya pemasaran saja yang bisa dilaksanakan dengan webinar ini, karena masih banyak event-event lainnya yang bisa dilakukan untuk mengembangkanperusahaan.