October 1, 2020

5 Poin Penting Penyelenggaraan Webinar Agar Sukses

Ada 5 poin yang bisa membantu Anda menjalankan seminar online Anda sendiri.
Event Organizer

Seminar online atau yang lebih umum dikenal dengan sebutan webinar memiliki banyak manfaat. Selain untuk melakukan presentasi dan bertukar pengetahuan, seminar digital juga bisa menjadi sarana promosi yang ampuh.

Tips Agar Sukses Menggelar Webinar

Seminar secara online biasanya memang digelar oleh penyelenggaraan yang professional, seperti yang biasa dilakukan oleh banyak event organizer di Jakarta. Namun demikian, menggelar seminar online yang sukses juga bisa Anda lakukan sendiri, asalkan menerapkan beberap poin berikut ini:

1. Tarif yang bersaing

Bukan rahasia lagi jika seminar offline kurang diminati karena membutuhkan biaya yang besar, sehingga berujung pada harga tiket yang cukup mahal. Nah, seminar online tentunya mengeliminasi banyak elemen yang membuat cost menjadi tinggi. Meski demikian, tetap ada faktor-faktor biaya yang membuat seminar online tetap mewajibkan pesertanya membayar biaya registrasi. Terapkan tarif yang bersaing untuk seminar online yang Anda lakukan. Bila perlu, buat sistem khusus seperti buy one get one free, atau system tiket bundling.  Dengan demikian, peserta lebih melihat kepada benefit yang mereka dapatkan setelah membayar sejumlah uang, selain pengetahuan dari seminar online itu sendiri tentunya.

2. Materi matang

Materi adalah kunci keberhasilan utama dalam sebuah seminar online. Anda harus meracik materi yang sesuai dengan target audiensnya. Diusahakan agar Anda menyiapkan materi tunggal untuk setiap seminar, agar fokus peserta tidak terlalu terpecah jika terlalu banyak materi yang disampaikan. Ada tiga hal yang menentukan seberapa menarik materi Anda. Pertama adalah seberapa besar hubungan materi Anda dengan kehidupan peserta Anda. Kedua adalah seberapa besar manfaat materi tersebut untuk para peserta. Terakhir, materi harus disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami.

5 Poin Penting Penyelenggaraan Webinar Agar Sukses

3. Promosi gencar

Sehebat apa pun materi yang Anda siapkan, tetapi jika tidak melakukan promosi yang benar, maka tak ada orang yang tahu bahwa Anda menggelar seminar berkualitas. Untuk berpromosi, Anda pun tak bisa sembarangan mengiklankan seminar online Anda. Anda terlebih dahulu harus melakukan penelitian kecil untuk menentukan judul seminar Anda dan ke mana mempromosikannya. Contohnya, jika Anda membuat seminar tentang parenting, tentu tak akan memasang promosi di forum game online bukan? Jika materi seminar tentang pendidikan, maka civitas akademika layak menjadi sasaran. Jika berbau hobi, undanglah para komunitas untuk menjadi pesertanya. Dalam promosi tersebut, ungkap dengan jelas rangkuman materi yang akan dibahas, siapa pembicaranya, dan tentu saja waktu siaran seminar online akan diadakan.

4. Kolaborator menarik

Dalam sebuah seminar, tentunya pembicara adalah hal yang tak kalah penting. Usahakan Anda memilih pembicara yang relevan dengan topik seminar online. Kalau perlu, undang mereka yang memang professional di bidangnya. Tujuannya adalah supaya para peserta benar-benar mendapatkan pengetahuan dari ahlinya. Kredibilitas informasinya pun bisa dipertanggungjawabkan.

5. Platform kredibel

Saat ini, sangat banyak aplikasi atau platform digital yang bisa digunakan untuk melakukan seminar digital. Namun demikian, Anda tak bisa sembarangan memilih platform tersebut. Usahakan agar Anda memilih platform yang kredibel dan tidak memiliki catatan negatif di dunia digital. Apalagi jika seminar online Anda mensyaratkan pesertanya untuk membayar biaya pendaftaran, sebaiknya Anda memilih platform yang premium. Karena, selain kualitasnya bagus, platform premium biasanya menyediakan banyak fitur bermanfaat untuk para peserta. Biaya pendaftaran pun bisa Anda alokasikan untuk menyewa jasa event organizer Jakarta, agar pelaksanaan seminar digital Anda lebih sukses. Karena, dengan menyewa jasa professional, Anda hanya akan fokus pada materi. Urusan teknis, semua sudah ditangani oleh event organizer.

Demikian tadi 5 poin penting yang bisa menentukan seberapa sukses webinar yang Anda selenggarakan. Terapkan semuanya, dan bersiaplah menjadi langganan seminar online para netizen. Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo untuk menyelenggarakan webinar. Salam sukses!