September 19, 2021

5 Jenis Virtual Event yang Bisa Diselenggarakan Oleh Perusahaan Untuk Promosikan Bisnis

5 Jenis Virtual Event yang Bisa Diselenggarakan Oleh Perusahaan Untuk Promosikan Bisnis
Event Organizer

Pada masa pandemi saat ini berbagai kegiatan atau event beralih ke ranah digital atau virtual. Karena tujuannya adalah menghindari kontak fisik dan penyebaran virus. Oleh karena itu, virtual event menjadi semakin marak saat ini,termasuk untuk kepentingan promosi bisnis. Keberadaan event tersebut ternyata memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Contohnya saja peserta bisa diperoleh dari berbagai belahan dunia. Namun, masalah utamanya terdapat pada jaringan internetnya. Jika jaringan bermasalah maka kegiatan tersebut akan terhambat. Walaupun demikian, keberadaan virtual event Indonesia sangat penting karena memungkinkan Anda untuk membuat berbagai acara promosi dengan baik. Jenis event secara digital ini ternyata bermacam-macam, seperti:

1. Virtual Conference

Konferensi merupakan kegiatan pertemuan yang sifatnya formal dengan tujuan dari pertemuan tersebut adalah mencari solusi dari suatu masalah, mendiskusikan trend tertentu dan lainnya. Virtual conference ini bisa juga untuk kepentingan promosi. Konferensi bisnis merupakan bentuk pertemuan yang biasanya dihadiri para pebisnis dan pihak umum. Sesuai dengan namanya, konferensi ini fokus pada mencari solusi terkait bisnis, membahas trend terkini, ide yang inovatif dan lainnya. Konferensi tersebut bisa dibuka secara umum ataupun pada komunitas tertentu. Biasanya konferensi dilakukan untuk membuka komunikasi dua arah namun ada juga konferensi yang tidak memperbolehkan diskusi. Namun, hal tersebut bergantung pada masing-masing penyelenggara. Kemudian, konferensi ini juga bisa menjadi ajang mempromosikan bisnis. Karena pada konferensi tersebut Anda bisa memperkenalkan perusahaan, produk dan perjalanannya sebagai bahan pembicaraan dengan sesama pebisnis. Konferensi baik virtual ataupun langsung sifatnya formal dan memiliki timeline yang harus diikuti dengan baik. Biasanya terdapat keynote speaker yang menjadi pembicara utama pada konferensi tersebut.

2. Webinar

Bentuk lain acara virtual adalah webinar ataupun web seminar. Jadi, kegiatan ini merupakan seminar online yang bisa diikuti oleh pihak tertentu ataupun masyarakat umum. Kegiatan seminar biasanya identik dengan kegiatan akademis yang tujuannya berbagai informasi dan memberikan pengetahuan. Namun, kegiatan ini juga bisa dipakai untuk promosi bisnis terutama ketika Anda menjadi keynote speaker pada seminar tersebut. Pastinya identitas narasumber akan diberitahukan beserta posisinya di perusahaan tersebut. Jadi, menjadi pembicara pada sebuah seminar bisa sekaligus mempromosikan bisnis.

5 Jenis Virtual Event yang Bisa Diselenggarakan Oleh Perusahaan Untuk Promosikan Bisnis

3. Online Training

Contoh virtual event di Indonesia lainnya adalah pelatihan online. Pelatihan secara digital tentunya memiliki kelebihan dan keterbatasan. Oleh karena itu, pelatihan bentuk ini biasanya memakai media video dan dokumen yang dilengkapi dengan penjelasan selengkap mungkin. Pelatihan online ini akan semakin pas jika dilakukan oleh sebuah perusahaan. Pelatihan tersebut pastinya berkaitan dengan lini usahanya semisal firma hukum bisa memberikan pelatihan terkait hukum, studi kasusnya dan lainnya. Melalui pelatihan ini Anda bisa mengenalkan bisnis sekaligus memperlihatkan kualitas pelayanan dari pelatihan tersebut.

4. Virtual Expo

Selain 3 jenis di atas, virtual expo juga bisa menjadi media promosi yang baik. Expo tersebut tentu diselenggarakan oleh pihak tertentu. Bisnis Anda bisa masuk menjadi salah satu tenant di expo tersebut, khususnya untuk mempromosikan produk maupun bisnis Anda. Tentunya terdapat keuntungan virtual event tersebut, salah satunya akan memudahkan Anda dalam melakukan promosi bisnis dengan lebih menarik dan menjangkau banyak kalangan.

5. Virtual Meetup

Jenis kegiatan virtual ini mungkin yang paling sering diselenggarakan oleh banyak pihak. Karena tujuan utamanya adalah mempertemukan setiap anggota kelompok yang bisa saja dilakukan oleh alumni tertentu, organisasi, kantor dan kelompok tertentu. Virtual meetup bisa dibuat menjadi kegiatan formal yang diikuti dengan rundown acara yang tersusun dengan rapi dan membahas bisnis atau bentuknya sekedar bertemu dan saling sapa satu sama lain. Meetup tersebut bisa dilakukan dari berbagai platform bergantung kepada banyaknya peserta meetup tersebut. Anda bisa memanfaatkan virtual meetup tersebut misalnya sebagai sponsor utama, di mana nanti para peserta akan mendapatkan sampel produk Anda, sehingga bisa menjadi kesempatan untuk mempromosikan bisnis Anda.


Berbagai jenis virtual event di atas merupakan yang paling umum diselenggarakan saat ini, termasuk untuk kepentingan promosi bisnis. Jika Anda mencari Event Organizer yang cocok untuk semua event tersebut, Hanindo yang telah memiliki pengalaman dari tahun 2009 lalu siap membantu Anda.