April 30, 2021

5 Jenis Permainan Outdoor Cocok untuk Gathering 2021

Ingin mengadakan gathering 2021 tapi bingung menentukan permainan outdoor? Berikut adalah rekomendasi 5 permainan yang bisa Anda coba.
Event Organizer

Untuk mempererat kerja sama dan keharmonisan antar tim divisi, biasanya perusahaan akan merancang aktivitas team building melalui kegiatan gathering. Umumnya gathering pun tidak lepas dari yang namanya outbond dan jasa event organizer. Perusahaan memilih menggunakan jasa EO untuk gathering karena dinilai lebih praktis dari segi waktu dan tenaga. Kemudian, pihak EO lah yang akan menyiapkan segala keperluan, termasuk jenis permainan yang akan dilakukan.

Jenis Permainan Outdoor Cocok untuk Gathering

Lantas jenis permainan outdoor apa saja yang cocok untuk gathering agar tujuan dari team building dapat tercapai? Berikut 5 permainan yang bisa dicoba.

Adu Yel-yel

Outbond dapat dimulai dengan kegiatan yang ringan terlebih dahulu, seperti adu yel-yel. Meski terlihat simpel, menyusun yel-yel dapat membuat bonding antar tim berjalan baik, karena meraka akan saling komunikasi. Selain itu, tiap anggota tim bisa lebih saling mengenal serta bercanda ria. Yel-yel yang telah disusun kemudian harus ditampilkan di depan semua peserta. Dari penyusunan yel-yel ini, akan ada di antara peserta yang menyisipkan kalimat lucu atau guyonan, bahkan hal kreatif lainnya yang tidak kita duga. Jelas, suasanan akan lebih hidup.

Arum Jeram

Arum jeram merupakan kegiatan yang kerap digunakan para event organizer atau teambuilding. Tujuan permainan ini adalah untuk memperkuat ikatan batin antar anggota tim. Arum jeram melibatkan kemampuan hard skill. Kegiatan ini biasanya dilakukan di sungai dengan arus sangat deras dengan medan yang cukup ekstrem. Satu tim arum jeram terdiri hingga 5 orang. Mereka akan ditempatkan pada satu perahu boat. Setiap anggota wajib memakai perangkat keselamatan, seperti helm, pelampung, tas kedap air, dan perlengkapan lainnya. Di tengah medan berbahaya dan arus yang deras, mereka akan dibekali sebuah kotak P3K, pompa baot, dayung, dan tali lempar. Tiap tim harus bersaing untuk sampai tujuan. Siapa yang paling cepat, maka tim tersebutlah pemenangnya.

5 Jenis Permainan Outdoor Cocok untuk Gathering 2021

Lifting Water

Permainan ini adalah memindahkan air hingga ke garis finish. Bahan yang dibutuhkan untuk menjalankan permainan ini adalah ember, air, dan tongkat pramuka atau sejenisnya. Perminan ini dilakukan secara berkelompok. Setiap tim setidaknya memiliki minimal 6 anggota. Cara memainkannya adalah instruktur akan memberi ember berisi air di garis start kepada setiap kelompok. Ketika aba-aba telah dimulai, seluruh peserta harus mengangkat ember berisi air tersebut hingga ke garis finish. Adapun aturan mainnya adalah peserta hanya boleh mengangkat ember tersebut menggunakan tongkat, tidak dengan alat bantu lainnya. Cara mengangkatnya adalah dengan menyentuhkan ujung tongkat pada bibir ember. Bagi tim yang menjatuhkan embernya, maka harus mengulang dari garis start. Pemenang permainan ini adalah kelompok yang berhasil mencapai garis finish tanpa menjatuhkan ember tersebut.

Estafet Tepung dalam Piring

Permainan ini tidak membutuhkan banyak tenaga untuk memainkannya. Bahan yang dibutuhkan pun tidak ribet, yakni piring plastik sejumlah anggota dan tepung secukupnya. Pemenang dari permainan ini adalah tim yang bisa mengumpulkan tepung dengan jumlah paling banyak. Cara memainkan estafet tepung ini cukup  mudah. Bagi tim dengan jumlah anggota sama rata. Minta mereka duduk membentuk satu baris di atas rumput, menghadap ke depan. Berikan satu piring plastik kepada anggota, di mulai dari baris kedua hingga terakhir. Minta setiap anggota untuk menempatkan piring di atas kepala. Sedangkan anggota pertama akan menerima sebuah piring berisi tepung. Anggota pertama akan melakukan estafet dengan cara melewatkan piring berisi tepung tersebut melalui kepala, kemudian menuangkannya ke arah piring anggota kedua. Tidak boleh ada komunikasi suara, ya! Sudah bisa membayangkan? Karena setiap anggota yang melakukan estafet tepung tidak saling melihat, kemungkinan tepung akan tumpah mengenai muka anggota di belakangnya adalah besar. Suasana lucu dan seru tersebut akan membuat suasana permainan menjadi hidup.

Lomba Bakiak

Bakiak adalah salah satu jenis permainan tradisional Indonesia yang memiliki penggemar cukup banyak. Permainan yang terbuat dari sandal kayu panjang ini dapat dipakai lebih dari satu orang, atau jumlah umumnya adalah 5 orang untuk satu sandal. Lomba bakiak bisa menjadi pilihan untuk permainan outbond saat gathering. Selain karena tidak membutuhkan banyak tenaga, lomba bakiak dinilai cukup seru dan membuat suasana hidup. Cara menjalankan permainan ini sangat mudah. Bentuk tim dengan anggota sebanyak muat bakiak. Buatlah jarak dari garis start hingga finish minimal 5 – 8 meter. Setiap tim harus berlomba melangkah bersama agar bisa mencapai garis finish. Walau terlihat sederhana, permainan bakiak ini membutuhkan hard skill, soft skill, yakni kerja sama tim, leadership, dan kekompakan.

5 permainan outbond di atas merupakan kegiatan yang cocok untuk gathering 2021. Meski sederhana, namun memiliki dampak yang cukup besar, antara lain terciptanya kedekatan antar anggota, memperkuat ikatan batin, komunikasi, leadership, kerja sama tim, dan solidaritas.