May 20, 2020

5 Ide Fun Games yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Kegiatan Team Building

Sedang mencari referensi ide games untuk tingkatkan team building karyawan Anda?
Event Organizer

Meningkatkan kerjasama dan kekompakan tim dengan memainkan fun games bisa jadi solusi yang menyenangkan. Setidaknya karyawan yang kurang luwes pun bisa menikmati acara permainan bahkan ikut berpartisipasi di dalamnya. Kamu yang kebetulan berencana mengadakan company gathering, baiknya mulai menyeleksi fun games yang ditawarkan oleh jasa event organizer untuk team building.

5 Ide Fun Games Untuk Kegiatan Team Building

Sebelum memilih fun games yang ditawarkan dari jasa EO yang sudah perusahaan tunjuk. Simak selengkapnya contoh fun games unik dan menyenangkan untuk membangun tim yang solid.

1. Zombie Escape

Dalam kehidupan nyata, kita tidak mengenal adanya zombie. Karakter ini hanya dipopulerkan oleh film atau serial televisi luar negeri. Namun untuk acara company gathering dengan tujuan membangun tim, Kamu bisa mengusulkan zombie escape sebagai salah satu ide permainan menyenangkan. Buatlah misi menyelamatkan diri dari sergapan zombie. Bentuklah 1-2 tim yang masing-masing terdiri dari 5 orang. Kurung mereka di sebuah ruangan terkunci bersama seorang zombie. Untuk menghindari sergapan zombie yang bergerak 5 menit sekali, para sandera harus melepaskan diri dari ruangan dengan memecahkan kode kunci tersebut. Selain memiliki unsur menegangkan, permainan ini memaksa para karyawan untuk bekerja sebagai tim. Karena tidak mudah menebak kode pintu keluar bila hanya dipikirkan oleh satu kepala.

2. Marshmallow Challenge

Fun games team building dengan EO Jakarta ini tidak kalah serunya dari permainan di atas. Bedanya, konsep permainan ini jauh lebih sederhana dan menggunakan marshmallow sebagai peralatan utama. Marshmallow challenge merupakan games ketangkasan, ketelitian dan kerjasama tim yang mengharuskan satu kelompok untuk membangun sesuatu dengan marshmallow. Di bagian akhir, akan terlihat mana kelompok yang solid dan mampu bekerjasama dengan baik dan mana yang tidak melakukannya dengan baik.

5 Ide Fun Games yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Kegiatan Team Building

3. Mencari “10 Kemiripan”

Permainan yang satu ini memang sangat cocok bila dimainkan oleh banyak orang,  bisa membagi seluruh karyawan menjadi beberapa tim. Usahakan agar setiap peserta dipilih secara acak dari divisi yang berbeda-beda. Tugas utama para pemain adalah menemukan 10 kemiripan yang dimiliki dari peserta di kelompoknya masing-masing. Karena tidak saling mengenal, otomatis para peserta akan mulai mendekatkan diri mereka dan menjalin komunikasi.

4. The Mine Field

Bicara tentang games team building yang bekerjasama dengan Hanindo, secara otomatis akan mengingatkanmu dengan konsep permainan memecahkan botol pada saat acara perayaan 17 Agustus. Kemiripan utama dari kedua permainan ini terletak pada peraturannya, di mana pemain harus menggunakan penutup mata sebelum bermain. Dalam satu tim yang terdiri  dari 4-10 orang akan dipilih secara acak seorang pemain . Sementara yang tidak ikut bermain berperan sebagai pemandu. Pemandu harus mengarahkan pemain untuk menghindari benda-benda rintangan yang sengaja diletakkan regu lainnya. Sementara, pemain yang ditutup matanya hanya bisa mengikuti arahan sang pemandu tidak diizinkan untuk berbicara sama sekali. Menariknya, rute atau jalur yang harus dilalui pemain sengaja dibuat berkelok.

5. Tebak Judul Film

Referensi fun games sebenarnya bisa ditemukan dengan mudah terutama dari variety show di televisi. Salah satu fun games yang menjadi andalan permainan membangun tim pada acara company gathering adalah game tebak judul film. Game ini memiliki konsep yang sangat menarik, karena seorang pemain akan dipilih untuk mendemonstrasikan judul film dengan bahasa tubuhnya. Sedangkan anggota tim yang lain harus menebak judul film berdasarkan gerakan tersebut. Pemain yang terpilih tidak boleh berbicara sama sekali. Selain tebak judul film, konsep game demonstrasi juga cocok untuk tebak benda.

Itulah lima contoh fun games team building yang sangat menyenangkan. Kamu bisa mencoba referensi games yang telah disebutkan dan jelaskan di atas. Atau memilih games lainnya yang ditawarkan oleh EO.  Apa pun permainannya, pastikan jika games tersebut benar-benar efektif untuk membangun tim yang solid. Anda bisa berdiskusi dengan Hanindo selaku EO professional untuk melakukan team building perusahaan Anda. Hanindo akan membantu Anda untuk menemukan lokasi sampai menyusun susunan acara team building agar tujuan team building perusahaan Anda dapat tercapai.