May 31, 2020

5 Ide Aktivitas Indoor untuk Team Building Kantor Kamu

Buat kegiatan team building kantormu lebih menarik, dengan 5 ide aktivitas berikut ini.
Event Organizer

Aktivitas team building untuk meningkatkan hubungan kerja sama yang baik antar sesama rekan kerja, merupakan hal yang penting dilakukan guna mencapai kesuksesan suatu perusahaan. Dengan aktivitas ini pula tiap pekerja dapat saling mengenal satu sama lain. Sehingga, akan tercipta rasa saling menghargai dan saling percaya, serta timbul semangat untuk saling memotivasi satu sama lain. Agar berhasil efektif, perusahaan sebaiknya mengadakan kegiatan ini rutin setiap tahunnya.

Ide Aktivitas Indoor Untuk Team Building Kantor

Aktivitas penyelenggaraan team building perusahaan biasanya berupa permainan beregu yang dilakukan di outdoor (luar ruangan). Namun, dengan pertimbangan tertentu seperti tempat atau cuaca yang kurang mendukung, aktivitas  ini juga dapat dilakukan di indoor (dalam ruangan). Agar tak membosankan, tak jarang penyelenggara menyediakan reward atau hadiah bagi tim pemenang. Untuk ide aktivitasnya sendiri, bisa melakukan 5 aktivitas menarik berikut ini :

1. Menuntun Si Buta

Untuk melalukan aktivitas ini, bentuk tim yang terdiri dari 2 sampai 3 orang. Semua anggota tim ditutup matanya kecuali satu orang yang berperan sebagai pemberi instruksi. Instruksi berupa tuntunan arah  untuk mencari objek tertentu di dalam kantor dengan mata tertutup. Tim yang paling banyak menemukan objek tersembunyi, itulah yang menjadi pemenang. Aktivitas ini sangat bermanfaat untuk membangun hubungan kerja sama tim yang baik dan bagaimana tampil percaya diri sebagai pemimpin, serta kesiapam mendengarkan dan mengikuti instruksi yang diperintahkan.

2. Menggolongkan Benda

Aktivitas ini  sangat simpel dan mampu meningkatkan kerja sama tim serta bagaimana mengasah pola pikir untuk menyelesaikan suatu masalah secara cepat dan kreatif. Yang kamu perlu lakukan, bentuk tim terdiri dari 3 sampai 4 anggota. Seluruh tim diberi tugas untuk mengumpulkan berbagai macam benda yang ada di dalam kantor sebanyak 20 hingga 30 macam. Kemudian, setiap tim harus menggolongkan benda-benda yang dikumpulkan berdasarkan kemiripan warna, kesamaan bentuk dan lain sebagainya. Tim yang paling cepat menggolongkan benda, itulah yang menjadi pemenang.

5 Ide Aktivitas Indoor untuk Team Building Kantor Kamu

3. Tebak Si Aktor

Untuk melakukan aktivitas ini, bentuk tim yang terdiri dari 4 sampai 5 orang. Satu orang berperan sebagai aktor. Aktor akan diberikan sebuah kata yang harus ditebak oleh anggota lainnya. Si aktor hanya boleh memperagakan kata yang diberi, tanpa mengeluarkan suara. Tim yang paling banyak menebak kata yang diperagakan aktor, itulah yang akan menjadi pemenang. Meski simpel, aktivitas ini berguna mengasah kerja sama tim, serta pola kreativitas dalam menyelesaikan suatu masalah.

4. Membangun Bangunan

Jika kamu punya mainan lego di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk aktivitas ini. Caranya bentuk tim yang terdiri dari 2 hingga 3 orang. Tiap tim berupaya membangun sebuah bangunan dari lego berdasarkan contoh bentuk yang sudah diberikan dengan rentang waktu tertentu. Tapi contoh bentuk ini hanya boleh dilihat selama 5 detik. Tim yang dapat membangun lego dengan bentuk sesuai contoh dan tepat waktu adalah pemenangnya. Aktivitas ini melatih kerja sama tim, serta daya ingat yang baik antar tim.

5. Membuat Pesawat Kertas

Aktivitas terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membuat pesawat kertas. Bentuk tim yang terdiri dari 2 orang. Tugaskan tim untuk membuat pesawat dari kertas dengan bentuk apapun. Kemudian, terbangkan pesawat dari suatu ketinggian. Tim dengan pesawat yang paling jauh terbangnya, itulah yang menjadi pemenang. Aktivitas ini dapat membangun kerja sama dan kolaborasi tim yang baik.

Itulah 5 ide aktivitas indoor yang menarik untuk team building kantor. Jika kamu kesulitan menerapkan ide-ide tersebut, sangat disarankan agar kamu menggunakan jasa event organizer jakarta. Pilih jasa event organizer yang profesional seperti Hanindo ya, agar acara berjalan lancar tanpa kendala. Untuk quotation dan pertanyaan seputar EO team building, klik tombol WhatsApp di bawah kiri ↘