July 31, 2020

5 Aplikasi yang Mendukung Kegiatan Webinar untuk Perusahaan

Perusahaan Anda ingin menggelar webinar secara online?
Event Organizer

Pernahkah mendengar atau bahkan mengikuti webinar? Sesuai dengan namanya istilah ini menunjukan pada aktivitas seminar secara online. Sehingga menjadi alternatif untuk berbagi ilmu dari satu atau banyak sumber kepada orang-orang. Seminar yang dilakukan secara online ini biasanya membutuhkan tools khusus, sehingga terdapat sejumlah fitur yang mendukung jalannya kegiatan tersebut. Semakin kesini jenis tools untuk seminar berbasis internet tersebut semakin banyak. Sebagian sangat populer dan digunakan banyak orang maupun perusahaan, sementara yang lain masih tergolong pemain baru.

Aplikasi Webinar yang Banyak Direkomendasikan

Berikut adalah beberapa tools webinar yang bisa Anda gunakan untuk menunjang kegiatan seminar online perusahaan:

1. ezTalks

Aplikasi pertama yang biasa digunakan banyak orang untuk keperluan seminar online adalah ezTalks. Aplikasi ini sifatnya gratis dan tersedia pula versi premium yang tentu menghadirkan sejumlah kelebihan dibanding versi gratisnya. ezTalks kemudian semakin populer dan jamak digunakan karena kaya akan fitur yang mempermudah kegiatan seminar online. Fiturnya sendiri antara lain file sharing, chat, berbagi layar, dan juga fitur multi perangkat. Jika Anda merasa fitur-fitur umum ini terasa kurang demi kelancaran seminar online yang diadakan. Maka bisa menggunakan versi berbayar yang kabarnya memiliki fitur yang lebih kompleks. Misalnya saja dari durasi seminar bisa dilakukan, versi gratis terbatas sekitar 40 menit satu kali seminar. Sedangkan untuk versi yang berbayar tidak memiliki batas atau limit waktu sehingga cocok untuk seminar skala besar.

2. Zoom

Aplikasi seminar maupun meeting online populer berikutnya adalah Zoom yang memang tengah naik daun. Apalagi sejak pandemi menyerang, aplikasai satu ini banyak digunakan untuk kegiatan apapun. Baik itu seminar, talk show, kelas online, dan lain sebagainya. Zoom juga ditunjang dengan fitur berbagi layar, file sharing, chat, dan lain sebagainya. Versi gratis dibatasi durasi penggunaanya hanya 40 menit, jika butuh durasi lebih lama dianjurkan memakai versi berbayar. Namun versi gratis tetap mampu digunakan hingga 100 peserta.

5 Aplikasi yang Mendukung Kegiatan Webinar untuk Perusahaan

3. Demio

Kegiatan webinar juga bisa menggunakan tools Demio yang menyuguhkan berbagai fitur untuk melancarkan kegiatan tersebut. Demio dihadirkan dalam versi demo yang sifatnya gratis. Apabila ingin memakainya dalam jangka panjang maka bisa diupgrade ke versi berbayar.

4. Google Meet

Google juga menghadirkan aplikasi untuk mendukung kegiatan meeting maupun seminar online. Yakni Google Meet yang di Play Store bisa ditemukan dengan nama Google Hangout. Aplikasi ini menawarkan fitur yang lengkap untuk menunjang kegiatan meeting dan seminar, tidak salah jika banyak EO webinar memakainya saat meeting dengan klien.

5. LiveStorm

LiveStorm juga bisa Anda pilih untuk mendukung kegiatan seminar, meeting, maupun kursus online. Sama seperti aplikasi seminar online lainnya, LiveStorm juga menyediakan fitur yang mendukung kegiatan seminar. Hanya saja untuk pake terendah, LiveStorm hanya bisa digunakan oleh 8 peserta saja. Meskipun begitu, LiveStorm juga memiliki sejumlah kelebihan seperti adanya enkripsi yang menjamin keamanan data host maupun peserta.

5 Aplikasi yang Mendukung Kegiatan Webinar untuk Perusahaan

Tips Memilih Aplikasi untuk Kebutuhan Webinar

Melihat lima rekomendasi aplikasi untuk seminar dan meeting online di atas, kira-kira mana yang akan Anda pilih? Apabila bingung, simak tips berikut saat menentukan pilihan:

● Pilih aplikasi yang mudah untuk digunakan, sehingga tidak perlu mempelajarinya dulu sampai berhari-hari.

● Aplikasi yang ringan sehingga mudah dijalankan di perangkat manapun.  

● Utamakan yang gratis jika penggunaannya tidak intens.

● Fitur sesuai dengan kebutuhan.

Setelah memilih aplikasi dengan benar, maka bisa langsung menjadwalkan kegiatan seminar online. Bagi Anda yang ingin lebih lancar dan praktis bisa menggunakan jasa event organizer Jakarta berpengalaman seperti Hanindo, sehingga bisa dibantu untuk pemilihan tools terbaik untuk seminar online.