August 27, 2019

5 Alasan Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Sebuah Bisnis (Panin Bank)

Mengapa laporan keuangan penting bagi perusahaan? Bila Anda tak ingin bisnis yang Anda kelola berumur jagung, simak ulasan berikut.
Advertising

Mengapa laporan keuangan penting untuk sebuah bisnis? Bisnis merupakan aktivitas yang melibatkan uang sebagai salah satu modal yang dikelola. Adanya laporan keuangan yang baik dapat membantu evaluasi dan pengambilan strategi bisnis yang lebih baik. Bisnis yang amatir seringkali mengabaikan perihal laporan. Penilaian hanya ada di akhir proses saja, apakah untung atau rugi. Padahal dengan memperhatikan transaksi keluar masuknya uang dalam sebuah laporan, akan dapat membantu evaluasi yang lebih baik bagi perusahaan. Sekecil apapun bisnis yang dikelola, Iklan laporan keuangan menjadi hal yang penting.

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang terencana, dan catatan keuangan menjadi bagian dari perencanaan tersebut. Apakah Anda ingin bisnis Anda berumur panjang? Maka perencanaan yang baik harus dimulai dari sekarang.

Inilah Alasan Mengapa Laporan Keuangan Sangat Penting untuk Bisnis Anda

Mempelajari teknik laporan keuangan yang baik bagi perusahaan merupakan keniscayaan bagi seorang pebisnis. Jikalau pun tidak bisa mengerjakannya sendiri, sudah saatnya Anda mencari seorang yang ahli dalam hal ini. Mungkin saja Anda harus sedikit mengeluarkan anggaran, tetapi hal ini sangat penting bagi perencanaan bisnis jangka panjang. Sebab inilah manfaat utama laporan dan catatan keuangan:

  1. Melihat Kondisi Keuangan Perusahaan  

Adanya catatan keuangan yang jelas hingga angka akhir jumlah keuangan yang dimiliki akan membantu sebuah perusahaan melihat kondisi terkini keuangan perusahaan. Apakah keuangan dalam kondisi yang baik atau sebaliknya. Catatan akan menjadi bukti yang jelas. Sebuah bisnis yang dikelola para pemula umumnya mengabaikan hal ini. Sehingga di akhir bulan pebisnis bahkan tidak tahu apakah ia untung atau rugi. Sekecil apapun bisnis yang Anda kelola saat ini, sudah saatnya Anda membuat laporanmengenai arus kas keuangan yang akuntable dan dapat dipertanggung jawabkan.

  1. Laporan Jumlah Aset Terkini

Keuangan perusahaan selalu berubah seiring dengan dinamika penjualan yang ada di lapangan. Oleh karena itu, laporan keuangan bisa dijadikan sebagai bukti konkrit tentang asset terkini yang dimiliki sebuah perusahaan. Pada periode tertentu, sebuah perusahaan biasanya mengalami perubahan aset, dan laporan inilah yang akan menjelaskannya.

  1. Evaluasi Hutang

Bisnis selalu menyisakan hutang produktif yang digunakan untuk pengembangan. Catatan keuangan yang baik akan bisa melihat berapa jumlah hutang terkini dari perusahaan. Kebijakan dan perencanaan jangka panjang bisa Anda lakukan setelah melihat jumlah hutang terkini, apakah semakin berkurang atau justru bertambah.  

  1. Apakah Perusahaan Untung?

Untung atau ruginya perusahaan pada satu periode tertentu juga bisa dilihat dari catatan keuangan yang dihasilkan. Saldo akhir apakah minus atau surplus, hal ini akan menjadi evaluasi dan penilaian para penentu kebijakan di perusahaan. Bisnis jangan hanya dikira-kira, tetapi ditunjukkan secara konkrit melalui bukti laporan keuangan perusahaan.  

  1. Penentu Kebijakan Jangka Panjang

Bisnis pada akhirnya akan berbicara soal untung rugi yang dihasilkan perusahaan pada satu periode tertentu. Melalui catatan keuangan yang ada, akan terlihat apakah perusahaan mengalami perkembangan yang baik atau buruk. Dari sinilah evaluasi muncul, kebijakan yang baru harus dibuat serta adanya inovasi-inovasi di segala bidang.  

iklan laporan keuangan panin bank di koran

Hanindo sebagai biro iklan telah dipercayakan ratusan perusahaan terbuka untuk mengerjakan laporan keuangan. Salah satunya adalah Bank Panin, yang juga mempercayakan kami setiap tahunnya untuk urusan Laporan Keuangan. Berbagai media cetak pun kami handle dari Kompas hingga Bisnis Indonesia.

Laporan keuangan menjadi faktor penentu kebijakan jangka panjang yang akan ditempuh oleh perusahaan. Membuat laporan dan catatan keuangan yang akuntable dan dapat dipertanggung jawabkan sangatlah penting bagi perusahaan yang ingin maju. Bila Anda masih pemula dalam bisnis, tak perlu harus rumit dalam membuat catatan keuangan. Catatan sederhana juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk perusahaan. Bila bisnis terus berkembang, saatnya Anda butuh tenaga ahli di bidang keuangan untuk membuat catatan dan laporan keuangan yang lebih professional.