February 9, 2019

4 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Desain Annual Report Cover (PT Budi Starch & Sweetener)

Dalam mendesain annual report cover yang menarik, Anda harus memperhatikan tema, kesesuaian desain, komposisi warna, serta layout
Creative Media

Sebuah perusahaan atau bisnis pasti membutuhkan laporan tahunan atau yang sering disebut sebagai Annual Report.

Annual Report merupakan buku tahunan yang ditujukan untuk para pemegang saham perusahaaan. Dengan laporan tahunan ini perusahaan bisa mengukur seberapa jauh kemajuan finansialnya sehingga dapat menyusun strategi bisnis ke depan untuk perkembangan usaha.

Annual Report menjadi sebuah laporan yang wajib dimiliki oleh perusahaan terbuka. Laporan ini berisi informasi umum, review keuangan dan operasional, laporan auditor, laporan direktur, pernyataan keuangan, dsb. Semua hal ini dimuat dalam satu buku yang didesain rapi dan mudah dipahami.

Hal yang Perlu diperhatikan dalam Desain Annual Report Cover

Lantas bagaimana dengan desain covernya agar menarik perhatian bagi parapembaca? Tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam desaincover laporan keuangan.Beberapa hal tersebut meliputi:

1.      Tema

Tema adalah hal yang paling utama yang perlu diperhatikan dalam mendesain cover Annual Report. Sebelum proses desain dimulai, perusahaan harus mempersiapkan tema untuk laporan tahunannya.

Tema tersebut yang kemudian akan dituangkan didalam desain cover dan isi laporan. Jangan sampai desain cover yang diciptakan tidak cocok dengan isi laporannya.

Tema juga mencerminkan dinamika perusahaan selama periode tertentu. Misalnya untuk laporan tahunan 2018, maka isinya melaporkan dinamika perusahaan selama tahun 2018.

2.      Kesesuaian Desain

Setelah menentukan tema, Anda juga perlu memperhatikan kesesuaian desain. Desain yang kreatif dapat menjadikan annual report lebih menarik dan enak dibaca.

Anda harus memperhatikan kesesuaian desain kreatif dengan tipe perusahaan yang bersangkutan, sehingga apabila ada ketidaksesuaian, Anda bisa langsung memperbaikinya. Hal ini juga termasuk tugas para designer.

Jangan sampai karena ingin terlihat menarik, laporan tahunan perusahaan Anda justru terlihat seperti sampul buku gambar yang banyak memiliki warna yang mencolok dan tidak menampakkan ciri khas perusahaan.

Annual Report PT BSSW

3.      Komposisi Warna

Seperti ulasan yang telah disinggung sebelumnya, jangan sampai desain cover annual report mirip seperti cover buku gambar. Pihak perusahaan maupun orang lain yang membaca pasti akan menertawakannya dan menganggap aneh.

Meskipun sebagian besar cover laporan tahunan berwarna dominan hitam putih, namun tak ada salahnya jika Anda memberikan warna yang sesuai dengan tema masa kini.

Siapa yang tidak tertarik dengan warna desain cover laporan tahunan yang bagus dan menggoda untuk dibuka? Hal ini akan membuat buku laporan tersebut semakin bermanfaat.

Karena perlu diakui, di era sekarang ini tak semua orang suka dengan membaca dalam bentuk hard file. Dengan tampilan cover yang menarik, maka kami jamin banyak orang yang penasaran dengan isinya.

4.      Posisi danTata Letak

Posisi dan tata letak sangat berhubungan dengan gambar dan tulisan yangtermuat di dalam sebuah cover annual report. Tata letak tulisan harus diselingi dengan desain sekreatif mungkin agar tampilannya menjadi segar.

Meski banyak sekali ketetapan/aturan yang harus dipatuhi dalam desain cover. Namun tak ada salahnya jika kita membuat tata letak terbaru yang menarikperhatian pembaca.

Demikian halnya untuk posisi gambar dan tulisan. Posisikan kedua hal inisecara seimbang agar tidak terkesan gambar/tulisan yang terlalu mendominasicover.

Empat hal ini perlu Anda perhatikan dalam mendesain annual report cover yang baik dan menarik. Walaupun dalam mendesain cover laporan tahunan agak rumit, bukan berarti Anda tidak memperhatikan unsur estetikanya untuk menarik perhatian umum. Anda bisa menggunakan jasa designer laporan tahunan yang profesional untuk memudahkan dalam pembukuan keuangan sebuah perusahaan

5.      Isi Laporan Tahunan

Perusahaan yang telah go publik diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuat Laporan Tahunan dalam setiap tahunnya. Bagi yang ingin tahu isi Annual Report dapat melihat panduan  Annual Report Award yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan dan Komite Nasional Kebijakan Governanve.

PT Budi Acid Jaya Tbk dikenal dengan PT Budi Starch & Sweetener Tbk (BSSW) telah bertahun tahun mempercayakan hanindo untuk pembuatan Annual Report. Tidak hanya kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakan, Hanindo juga memberikan kualitas cetak terbaik dengan tetap mengedepankan desain annual report yang menarik sesuai dengan tema perusahaan.