August 25, 2022

Kelebihan Kegiatan Webinar Dibandingkan Seminar Luring

Tidak bisa kita pungkiri, pelaksanaan webinar telah membantu banyak perusahaan atau organisasi untuk tetap terhubung dengan konsumen atau target pasarnya di masa pandemi covid-19.
Apa itu pengertian webinar? Webinar adalah penyelenggaraan event seminar yang dilakukan secara online melalui aplikasi atau situs web tertentu tanpa dibatasi oleh jarak.
Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan oleh pihak penyelenggara maupun peserta dari pelaksanaan webinar daripada seminar luring atau offline saja. Berikut ini beberapa keuntungan webinar daripada seminar luring atau offline.

Keuntungan Mengikuti Webinar bagi Peserta

Bagi peserta, mengikuti event webinar memberikan banyak kemudahan terutama saat pertemuan tatap muka masih dibatasi.
Pada prinsipnya, baik webinar maupun seminar, kegiatannya akan sama saja bagi peserta karena hanya berbeda cara pertemuannya saja. Maka apabila dibandingkan webinar vs seminar maka tidak akan jauh berbeda keuntungan yang didapatkan oleh peserta.
Berikut ini beberapa keuntungan mengikuti webinar yang tidak didapatkan dari kegiatan seminar.

1. Bisa Merekam atau Meminta Materi

Hal yang sulit didapatkan oleh peserta selesai mengikuti seminar adalah catatan atau materi yang dimiliki oleh narasumber. Dengan webinar, narasumber mau tidak mau akan membuat catatan baik dari bentuk dokumen maupun slide presentation.
Anda bisa meminta langsung kepada pemateri saat acara berlangsung maupun kepada panitia. Tidak jarang panitia juga merekam kegiatan webinar tersebut untuk nantinya di-upload secara terbuka melalui aplikasi YouTube. Mudah bukan mengikuti webinar?

2. Fleksibel dan Bisa Diakses dari Mana saja

Salah satu alasan peserta mengikuti webinar lebih banyak daripada seminar karena kegiatannya yang bersifat lebih fleksibel dan dapat diakses dari mana saja.
Peserta tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara menuju lokasi seminar karena semua hanya perlu dilakukan dengan internet yang stabil.
Selain itu, peserta dapat mencari webinar gratis yang relevan dengan latar belakang atau topik yang sedang Anda geluti saat ini. Tidak hanya yang digelar di Indonesia saja, banyak kampus atau organisasi dunia yang menggelar event webinar secara terbuka.

3. Membangun Networking tanpa Batasan Ruang

Manfaat selanjutnya ketika Anda mengikuti webinar berikutnya adalah membangun networking dengan peserta maupun panitia acara secara daring.
Tanpa batasan ruang dan jarak, Anda bisa berkenalan dan membangun jaringan dengan peserta lain dari berbagai wilayah yang berbeda. Itulah kelebihan mengikuti webinar bagi peserta.

Kelebihan Menjalankan Webinar bagi Panitia

Tidak hanya untuk peserta, panitia juga mendapatkan keuntungan dari penyelenggaraan acara berbasis webinar.
Meski pada awalnya dianggap merepotkan, namun belakangan banyak event organizer yang sudah terbiasa dan memilih konsep webinar sebagai pilihan kegiatan acaranya.
Berikut ini beberapa kelebihan dan alasan kegiatan webinar lebih menguntungkan bagi panitia daripada seminar offline.

1. Menjaring Peserta dari Berbagai Wilayah

Apabila dalam kegiatan seminar luring, Anda hanya bisa menjangkau peserta dari latar belakang organisasi yang sama atau lokasi terdekat. Namun dengan webinar, Anda bisa menjangkau peserta dari berbagai wilayah asalkan memiliki jaringan internet yang stabil.
Namun untuk menjaring peserta dari berbagai wilayah, promosi yang harus Anda lakukan harus gencar agar kegiatan Anda bisa diketahui oleh banyak orang. Lakukan promosi di media sosial agar lebih banyak warganet yang tahu tentang acara Anda.

2. Menekan Biaya Acara

Panitia bisa menekan budget acara seperti biaya konsumsi, akomodasi pemateri hingga sewa tempat yang nilainya tidak sedikit. Bukankah hal itu yang diinginkan oleh banyak penyelenggara event?

3. Membangun Leads Magnet Lebih Mudah

Setelah acara webinar selesai, panitia bisa membangun leads magnet yang lebih mudah daripada seminar. Panitia hanya perlu meminta para peserta untuk mendaftarkan diri ke website milik perusahaan.
Namun kegiatan webinar tetap perlu menyiapkan persiapan yang tidak mudah seperti setting kamera hingga pemasangan background.
Jika Anda kesulitan, cobalah event organizer webinar berpengalaman seperti Hanindo Communication yang siap membantu Anda dalam menyukseskan kegiatan webinar.