October 1, 2020

Webinar Vs Seminar Offline - Ketahui Kelebihan dan Kekurangnya

Webinar dan seminar offline sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.
Event Organizer

Salah satu cara untuk membagi pengetahuan, promosi, dan pelatihan adalah dengan melakukan seminar. Apalagi, beberapa seminar biasanya memberikan sertifikat di akhir acara, yang mungkin saja berguna untuk pesertanya. Dewasa ini, ada istilah baru yang disebut dengan webinar. Apa bedanya dengan seminar biasa? Mari kita membahasnya.

Webinar Atau Seminar Offline, Mana Lebih Baik?

Sejatinya, baik seminar offline maupun online memiliki dua sisi positif dan negatif. Agar lebih mudah memahaminya, Hanindo akan membantu Anda untuk mengurai satu persatu kekurangan dan kelebihan dua jenis seminar tersebut:

1. Seminar Offline

Berikut kelebihan dan kekurangan dari seminar yang diselenggarakan secara offline,

a. Kelebihan

Seminar offline memiliki beberapa keuntungan. Yang pertama adalah sangat intim. Dalam arti, peserta dan pemateri berada di satu tempat yang sama, berbagi mood yang sama, dan tentu saja lebih akrab. Keintiman semacam itu tentu bermanfaat untuk informasi yang lebih cepat diserap oleh para peserta seminar. Kelebihan lainnya adalah seminar offline tidak seperti webinar yang membutuhkan banyak perlengkapan elektronik. Untuk seminar offline, yang paling dibutuhkan hanya mic dan pengeras suara serta layar untuk proyeksi presentasi. Dalam keadaan yang paling sulit pun, katakanlah ada kendala listrik, pemateri tetap bisa menyampaikan materi dengan baik. Karena para peserta umumnya diberikan salinan materi saat registrasi.

b. Kekurangan

Namun, seminar offline juga memiliki kekurangan. Yang paling utama adalah soal biaya. Untuk menyelenggarakan seminar, pihak penyelenggara akan mengeluarkan biaya untuk sewa tempat, akomodasi para pembicara, hingga konsumsi saat acara berlangsung. Pada akhirnya, semua biaya tersebut akan dibebankan pada peserta. Selain itu, seminar tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Penyelenggara harus memutuskan untuk memilih tempat yang paling mudah aksesnya. Namun, bagi peserta hal itu akan menjadi beban biaya kedua. Sudah keluar uang untuk tiket, masih juga mengeluarkan biaya transportasi menuju tempat seminar.

Webinar Vs Seminar Offline - Ketahui Kelebihan dan Kekurangnya

2. Webinar

Seperti halnya seminar offline, seminar yang bersifat digital pun memiliki dua sisi, baik dan buruk.

a. Kelebihan

Kita bahas kelebihannya terlebih dahulu. Seminar online jauh lebih mudah untuk diakses para peserta, bahkan di mana pun mereka berada. Karena, peserta dan pembicara akan berjumpa di platform digital. Jarak dan waktu tak jadi soal. Fleksibilitas menjadi keunggulan berikutnya yang dimiliki oleh seminar online. Para peserta memiliki kebebasan untuk memutar ulang video presentasi, para pembicara pun fleksibel menentukan tempat melakukan seminar digitalnya. Para peserta tidak perlu melakukan banyak pertimbangan untuk menghadiri seminar. Tak membutuhkan biaya besar untuk penyelenggaraan pun membuat seminar online kebanyakan tidak mengharuskan peserta untuk membayar biaya pendaftaran. Kalaupun ada biaya, umumnya tidak akan terlalu mahal.

b. Kekurangan

Sayangnya, seminar online memiliki keterbatasan yang juga cukup besar. Masalah utama yang menjadi kendala seminar online ini adalah koneksi internet. Kita tahu, Indonesia belum memiliki kualitas internet yang baik. Bahkan, tidak semua orang memiliki jaringan internet pribadi di rumahnya. Kalaupun ada, kadang terkendala ketika cuaca sedang ekstrim. Ada kasus lain di mana sebuah seminar online diisi oleh beberapa belas orang dengan kecepatan internet yang berbeda. Peserta dengan koneksi internet mumpuni akan lebih menikmati jalannya seminar. Namun, tidak demikian dengan pemilik internet lamban, yang terkadang membuat alur pembicaraan terputus-putus. Ketergantungan seminar online terhadap listrik pun menjadi faktor penghambat lainnya. Tak perlu dijelaskan panjang lebar bahwa seminar online yang menggunakan banyak perangkat elektronik, tidak akan berjalan jika listrik terputus karena satu dan lain hal.

Itulah tadi komparasi antara seminar online dan offline. Silakan Anda menilai sendiri, apakah Anda lebih condong ke seminar offline dengan segala tantangannya, atau webinar yang juga memiliki keterbatasan. Tentunya, semua hal negatif tersebut akan sepadan dengan materi bermanfaat yang bisa Anda dapatkan.