May 21, 2020

Company Profile Digital - Ini Tips Membuat Yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa hal penting dalam membuat company profile digital akan dibahas pada artikel ini.
Event Organizer

Jika diibaratkan seperti rumah, maka company profile ini bisa diibaratkan seperti sebuah halaman depannya. Ia berfungsi sebagai penerima tamu yang datang, dan bertugas untuk membuat mereka tertarik untuk masuk lebih dalam dan berkeliling. Maka dari itu membuat sebuah company profile digital membutuhkan kreatifitas dan juga kecakapan. Hal ini karena company profile merupakan representasi dari sebuah perusahaan. Jika company profilenya tidak menarik, maka bisa jadi audiens tak akan tertarik untuk merapat.

Tips Membuat Company Profile yang Baik

Lalu bagaimana cara membuat company profile yang baik? Berikut ini adalah ulasan mengenai langkah-langkah merumuskan company profile yang menarik.

Kenali perusahaan lebih dalam

Langkah awal untuk membuat company profile yang tepat adalah tengan mengenal objek dengan baik, yang tak lain adalah perusahaan yang bersangkutan. Hal ini bertujuan agar nantinya company profile yang dibuat bisa merepresentasikan perusahaan dengan tepat. Kesalahan umum yang sering dilakukan adalah melewatkan proses riset terhadap nilai-nilai perusahaan, sehingga menyebabkan company profile digital yang dihasilkan menjadi kurang bernyawa. Banyak poin yang belum tersampaikan, dan akhirnya membuat audiens tidak bisa mengenal perusahaan dengan baik. Biasanya pada bagian ini harus memenuhi beberapa aspek perusahaan, layaknya visi-misi, kelebihan, jenis produk, perbedaan dengan kompetitor, dan apa saja hal menarik yang dimiliki oleh perusahaan terhadap konsumen.

Tentukan siapa yang akan dituju

Langkah kedua adalah dengan mengetahui siapa yang akan dijadikan sasaran. Biasanya hal ini meliputi latar belakang pendidikan, pekerjaan, status ekonomi, bahkan hobi dan kesukaan. Setiap perusahaan bisa menentukan targetnya berdasarkan kepentingan dan jenis produk yang akan diperkenalkan. Sangat penting untuk menentukan sasaran company profile, sebab dengan begini akan lebih mudah untuk memilih media yang akan digunakan. Juga akan lebih gampang untuk memilah mana konten yang cocok untuk disampaikan. Kesalahan dalam menentukan target dan sasaran ini bisa berakibat fatal, salah satunya adalah pesan dari company profile yang disampaikan ternyata tak diterima dengan baik.

Company Profile Digital - Ini Tips Membuat Yang Perlu Kamu Ketahui

Cari referensi company profile terkini

Mencari referensi company profile terkini merupakan sebuah keharusan. Hal ini bertujuan untuk mendefinisikan tren yang saat ini tengah berkembang. Hal ini penting, dalam rangka melihat keadaan pasar yang ada. Biasanya riset bisa dilakukan dengan melihat bentuk company prolile yang tengah hits, bisa dengan mengambil contoh perusahaan kompetitor, maupun dari perusahaan yang bergerak di bidang berbeda. Nantinya ini akan menjadi referensi yang baik dalam menyusun tema dan konten yang ada dalam company profile.

Pikirkan konten sesederhana mungkin

Pernah mendengar pepatah yang mengatakan jika kamu bisa menyampaikan sesuatu yang rumit dengan cara yang sederhana, maka kamu sudah benar-benar memahaminya? Yap, inilah yang akan berlaku dalam company profile juga. Banyak yang menganggap bahwa company profle haruslah heboh, kompleks, dan serba ribet. Padahal sebenarnya hal seperti ini harus diminalisir. Company profile haruslah bisa menyampaikan poin-poin yang sangat banyak, menjadi beberapa bagian penting saja. Karena itulah company profile harus bisa dibuat dalam bentuk yang sederhana dan mudah diterima. Bayangkan saja jika sasaran harus menerima ledakan informasi dalam bentuk yang susah dipahami, bisa dijamin mereka bukannya mengerti, melainkan akan jadi bingung sendiri.

Itulah beberapa tips yang bisa dijadikan acuan dalam membuat company profile digital, baik itu bagi industri yang bergerak dalam creative media service, maupun industri lainnya. Jangan lupa untuk selalu mengedepankan sudut pandang audiens, agar company profile lebih mudah untuk diproyeksikan. Anda bisa berkonsultasi dengan Hanindo selaku penyedia creative media service untuk membuat company profile digital yang pastinya akan membantu perusahaan Anda,