March 11, 2019

Apa Syarat Menjadi EO Jakarta yang Terbaik?

Tertarik mengembangkan ide-ide kreatif melalui bisnis EO Jakarta, cari tahu terlebih dahulu, apa syarat membangun usaha EO terbaik.
Event Organizer

Apa Syarat Menjadi EO Jakarta yang Terbaik?

Bisnis EO Jakarta tidak pernah sepi dari peminat, karena hampir di tiap bulan ada saja orang yang melangsunkan acara di Jakarta, menikah misalnya. Peluang bisnis ini memang cukup menjanjikan sehingga mendorong banyak orang untuk membuka bisnis EO.

Untuk menjadi EO profesional dan terpercaya harus dimulai dari nol, perintis harus memahami definisi tentang EO dan seluk beluk pekerjaan sebagai EO agar bisa memberikan yang kepuasan bagi client.

Syarat Menjadi EO Jakarta yang Sukses dan Terbaik

Ingin merintis sebagai pihak yang memberikan layanan event organizer? Berikut beberapa persyaratan yang harus Anda ketahui.

1. Mengetahui Target Pasar

Karena yang ditawarkan adalah jasa atau produk, maka Anda perlu mengetahui target marketing terlebih dahulu sebelum ketuk palu lalu membuat EO. Dengan adanya target pasar setidaknya Anda bisa membuat konsep EO sendiri.

Target Market

Sebagai permulaan bisnis, disarankan untuk menentukan target pasar dalam skala kecil yang lebih spesifik sehingga Anda dan tim bisa memusatkan perhatian benar-benar hanya pada satu klien saja nantinya.

2. Membuat Planning Bisnis

Coba bayangkan, sesukses apa bisnis EO Jakarta Anda setelah 1 tahun ke depan?

Planning Bisnis / Rencana Bisnis

Membuat planning bisnis sangatlah penting, setidaknya ketika Anda punya tujuan maka bisnis akan tetap berjalan meskipun sedang mengalami masa sulit.

Alasan lain perlu membuat planning bisnis adalah untuk membandingkan pencapaian-pencapaian yang telah didapatkan oleh EO selama berjalan satu tahun ke belakang dengan konsep ide bisnis di satu tahun mendatang, sehingga Anda bisa memangkas detail yang bersifat merugikan dan mengembangkan detail yang menguntungkan.

3. Menyiapkan Modal

Tidak ada yang bilang menjalankan EO Jakarta itu mudah, semua yang pernah merintis bisnis ini pasti sepakat jika bisnis ini termasuk sulit untuk dikembangkan apalagi jika modal yang dimiliki terbatas.

Modal Bisnis

Sebelum membangun usaha EO kecil-kecilan, disarankan untuk menabung banyak uang sebagai modal karena anggaran bisnis ini tidak sedikit terlebih jika Anda memiliki impian untuk turut menawarkan jasa WO dan catering.

4. Membentuk Tim Solid

Bekerja di bidang EO memerlukan kepiawaian mengaplikasikan konsep dan berbicara, percuma saja memiliki konsep bagus tapi tidak mampu mengutarakannya dengan lugas dan jelas di hadapan klien.

Sebelum membuat bisnis EO di Jakarta, hendaknya Anda telah membentuk tim solid, untuk melatih keterampilan anggota tim, bisa melakukan pelatihan terlebih dahulu.

Kerja sama tim dalam mensukseskan acara EO itu sangat penting, karena tidak mungkin seseorang mampu mengerjakan semuanya seorang diri, banyak detail yang perlu diurus, banyak vendor yang perlu dihubungi dan detail persiapan lainnya.

5. Memiliki Ide Kreatif

EO tidak akan bergerak maju jika tidak didukung dengan ide-ide segar yang kreatif, karena hampir semua klien ingin membuat acara unik yang berbeda.

Anda bersama anggota tim harus memiliki kepiawaian dalam menawarkan konsep pada klien sehingga bisa menarik perhatian klien untuk menggunakan jasa Anda.

Ide dan Kreatifitas

Semakin banyak orang menggunakan jasa EO milik Anda, maka reputasi EO akan semakin bagus dan dikenal.

6. Disiplin

Jam kerja di kantor biasa mungkin lebih bersahabat daripada jam kerja di EO, tapi Anda dituntut untuk selalu siap melayani klien, terlebih Jakarta gudangnya pekerja keras yang hanya memiliki waktu luang di malam hari atau weekend.

Disiplin waktu

Berusaha untuk tetap bekerja secara disiplin meskipun klien menghubungi Anda untuk bertanya tentang detail acara di malam hari.

Seiring pertumbuhan permintaan client, pada 2004 Kami memulai jasa EO jakarta untuk perusahaan publik dan corporate. Dengan jasa EO, nama Hanindo semakin dikenal karena kualitas jasa yang diberikan tidak kalah dengan pemain lama.

Itulah syarat yang perlu dimiliki untuk membangun bisnis EO Jakarta sukses yang tidak hanya memiliki putasi baik namun juga dicintai oleh para klien.