June 29, 2020

7 Tahap yang Perlu Diperhatikan untuk Menyelenggarakan Webinar

Jika kamu ingin mengadakan webinar untuk mengembangkan bisnismu, ketahui beberapa tahapan yang harus diperhatikan.
Event Organizer

Mempromosikan produk bisnis tidak hanya mengacu pada berbagai kegiatan secara offline. Apalagi banyak aktivitas saat ini yang terhambat dikarenakan imbauan yang mengharuskan untuk lebih banyak stay di rumah. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat, maka basis online menjadi pilihan terbaik. Webinar menjadi salah satu opsi yang terbaik saat ini. Berasal dari dua kata, yakni web dan seminar yang mengandung arti seminar ataupun sebuah pertemuan yang dilakukan secara online melalui media teknologi internet dan dihadiri oleh banyak orang dari berbagai kalangan di lokasi yang berbeda-beda. Tujuannya dalam bisnismu, yakni kamu bisa memperkenalkan produkmu secara detail serta menjangkau banyak orang yang tidak bisa kamu jangkau jika dengan pertemuan fisik. Selain itu, kamu juga bisa mendemonstrasikan kelebihan produk dan bisnismu, sehingga dapat membangun kepercayaan di mata para pelanggan.

Tahapan ketika Menyelenggarakan Webinar

Jika kamu ingin mengembangkan bisnismu lewat webinar, menurut Hanindo perlu beberapa tahapan yang dijalankan, diantaranya adalah:

1. Menentukan Topik

Ini merupakan langkah awal yang paling penting yang harus kamu lakukan. Menentukan topik pembahasan bisa kamu ambil dari berbagai pertanyaan yang kerap ditanyakan audien mengenai bisnis yang sedang kamu jalani saat ini. Hal ini bertujuan agar menarik banyak audien untuk berpartisipasi serta menumbuhkan rasa kepercayaan pada perusahaanmu.  

2. Memilih Perangkat Penunjang

Ketika ingin mengadakan webinar, media penunjang sangat penting, seperti koneksi internet, komputer yang mendukung hingga berbagai perangkat yang tepat. Ada banyak perangkat yang menunjang. Namun, semua itu perlu adanya pertimbangan mengenai baya tampung audien, biaya yang diperlukan, hingga kemudahan dalam mengakses perangkat tersebut. semua itu direncanakan secara matang, agar acara dapat berjalan efektif dan maksimal.

3. Merancang Materi yang Akan Disampaikan

Jika kamu sudah menentukan topik yang akan dibahas, saatnya kamu menentukan bagaimana topik tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada para audien. Ada banyak tipe yang bisa kamu lakukan, seperti presentasi menggunakan slide power point, diskusi, ataukah menggunakan sistem tanya jawab. Masing-masing tipe tentunya harus disiapkan secara matang. Contohnya jika kamu memilih tipe diskusi, tentunya hal yang harus disiapkan adalah menyiapkan pembicara yang tepat, menyiapkan MC yang tepat, serta menyiapkan notulen yang tepat agar event terlaksana secara efektif. Kamu bisa menggunakan event organizer webinar yang sudah berpengalaman untuk membantu acara kamu.

7 Tahap yang Perlu Diperhatikan untuk Menyelenggarakan Webinar

4. Menentukan Waktu Pelaksanaan

Waktu merupakan hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan. Sekiranya kamu bisa menentukan waktu event dimana para audienmu mempunyai waktu senggang, agar semakin banyak yang berpartisipasi dalam acaramu.

5. Mempromosikan Webinar

Jika semuanya sudah direncanakan dengan baik, saatnya mulai mempromosikan eventmu ke banyak orang. Kamu bisa membuat iklan ataupun berupa brosur yang dapat kamu promosikan ke berbagai platform, seperti website, email, hingga media sosial. Pastikan semuanya jelas dipromosikan, seperti topik yang akan dibahas, waktu pelaksanaan, hingga siapa saja yang menjadi pemateri dalam eventmu.

6. Mempersiapkan Rencana Cadangan

Kita tidak tahu bagaimana situasi dan kondisi ke depannya bagaimana. Untuk itulah, agar menghindari berbagai kejadian yang tidak diinginkan seperti baterai yang habis atau peralatan yang tiba-tiba rusak, maka sebisa mungkin menyiapkan planning cadangan.

7. Evaluasi

Jika selesai mengadakan acara ini, sebaiknya kamu tidak melepaskannya begitu saja tanpa adanya tanggapan dari para audien mengenai event yang sudah kamu laksanakan. Selesai acara, kamu bisa meminta feedback dari mereka agar event yang kamu adakan selanjutnya dapat lebih baik lagi dari sekarang.

Itulah beberapa tahapan yang perlu diketahui jika kamu ingin menyelenggarakan event promosi bisnis berbasis online. Tentunya hal ini sangat efektif dilakukan jika direncanakan secara matang dan dilaksanakan secara optimal. Kamu bisa memanfaatkan jasa EO untuk webinar seperti Hanindo dalam hal ini agar projek kamu dapat berhasil sesuai target.